Blog post

Tips Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Efektif!

22/01/2023Rahmat S

Hi Klobbers!

Sebelum melamar kerja, tentunya ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan. Mulai dari mempersiapkan dokumen awal, mempersiapkan diri untuk sesi wawancara dan tes yang disediakan, sampai menyediakan dokumen tambahan yang dibutuhkan. Sebagai informasi penting dan juga topik artikel ini, membuat CV yang efektif menjadi hal penting di awal buat kamu lakukan. Karena CV merupakan dokumen awal yang perlu kamu siapkan, sebelum melamar kerja. CV yang baik dapat menambah daya tarik recruiter untuk memilih kamu dan menjadi bahan untuk recruiter menilai apakah keahlian yang kamu miliki sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. 

Topik ini sangat berguna buat kamu yang baru lulus kuliah atau kamu yang masih bingung cara membuat CV yang efektif. Yuk, disimak ya!

Apa itu CV

CV merupakan dokumen yang berisi garis besar yang mendetail tentang siapa kamu, karir yang kamu miliki, dan pencapaian akademismu. Dokumen ini kamu perlukan untuk melamar suatu posisi pekerjaan. CV dibutuhkan oleh recruiter untuk melihat relevansi dari pengalaman kerja yang kamu miliki dengan posisi pekerjaan dan apakah kamu adalah kandidat yang sesuai untuk mengisi posisi tersebut dibandingkan dengan kandidat lainnya. 

Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Dicantumkan Dalam CV? 

Informasi Singkat Tentang “Siapa Kamu”

pada bagian awal kamu perlu menulis secara ringkas tentang “siapa kamu”.  mencakup biografi singkat yang memperkenalkan kamu kepada pembaca. Bagian ini juga merangkum kualifikasi terbaik yang kamu miliki serta menjelaskan jalur karir yang kamu minati atau tekuni. 

Kontakmu 

Hal penting yang perlu kamu sertakan dan jangan sampai ketinggalan yaitu nomor telepon, alamat email, atau akun media sosialmu. Sehingga recruiter dapat mengetahui siapa kamu dan  bagaimana cara menghubungimu.

Riwayat Pendidikan 

Riwayat pendidikan penting untuk kamu cantumkan. karena recruiter tentunya membutuhkan kualifikasi dengan tingkat pendidikan tertentu. saran untuk kamu, penulisan riwayat pendidikan ditulis dalam urutan kronologis terbalik, dengan gelar terbaru yang kamu miliki berada diawal.

Pengalaman Kerja

Tulis detail semua pengalaman kerja yang kamu miliki, sehingga recruiter dapat melihat jalur karirmu termasuk:

  1. Pekerjaan penuh waktu dan paruh waktu
  2. Magang
  3. Proyek Penelitian
  4. Pekerjaan laboratorium
  5. Pekerjaan sukarela
  6. Pengalaman lapangan

Sertakan judul posisi, nama dan lokasi tempat kamu pernah bekerja, serta tanggal mulai dan akhir kerja. selain itu kamu perlu menambahkan dua hingga tiga poin yang menjelaskan tugas pekerjaan untuk setiap pengalaman.

Skill yang Relevan 

Kamu perlu mencantumkan kemampuan yang kamu miliki, seperti kemampuan bahasa asing atau jenis perangkat lunak. Cobalah untuk memasukkan keterampilan yang berhubungan dengan deskripsi pekerjaan untuk menjadikan dirimu kandidat yang memiliki peluang lebih besar. 

Minat (Opsional)

Kamu dapat menambahkan deskripsi singkat tentang hobi dan minatmu. Menyertakan beberapa hobi dapat membantu kamu membentuk hubungan pribadi dengan manajer perekrutan dan tentunya rekan kerjamu nantinya.

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.