Blog post

Cara Menjaga Postur Tubuh Saat Wawancara Virtual

22/01/2023Sandy Patricia

Hai Klobbers!

Wawancara virtual atau online interview merupakan keuntungan bagi para calon pencari kerja, dikarenakan dapat menghemat biaya transportasi dan juga mengurangi tenaga untuk bepergian ke suatu tempat. Selain biaya dan tenaga, wawancara virtual juga membantu kita untuk menunjukkan jati diri kita yang sesungguhnya. Kita dapat memilih tempat saat kita wawancara, seperti di dalam rumah atau di cafe yang sepi. Namun, tahukah kamu? Bahwa wawancara virtual juga memiliki kelemahan juga. Kelemahan dari wawancara virtual adalah, kemampuan kita menafsirkan bahasa tubuh. Nah, berikut merupakan tips untuk mengetahui bahasa tubuh secara efektif ketika wawancara secara virtual. 

Menjaga Postur Tubuh yang Baik

Klobbers mungkin merasa lebih santai duduk di kantor atau rumah dibandingkan di sekitar meja yang luas atau meja konferensi, namun kenyamanan ini juga perlu diperhatikan, jangan sampai kita terlalu nyaman sampai tidak menjaga postur tubuh kita. Ketika terlalu nyaman, tubuh kita akan otomatis membungkuk, dengan membungkuk, ini menandakan kita kurang berinvestasi pada saat wawancara atau rapat berlangsung. Sebaliknya, posisikan tubuh di tepi tempat duduk, karena ini akan menempatkan kamu dalam pandangan kamera yang lebih jelas dan menurunkan kemungkinan untuk membongkok. Fokus untuk mempertahankan tulang belakang lurus dan menjaga bahu tegap ke belakang.

Mengatur Ekspresi Netral 

Ekspresi netral saat wawancara berlangsung adalah ekspresi yang tidak menunjukkan perasaan atau sikap yang jelas. Ini dapat diartikan sebagai ekspresi wajah yang tidak menunjukkan emosi positif atau negatif. Banyak orang menganggap ekspresi netral sebagai ekspresi yang tidak menyenangkan, namun, dalam beberapa kasus tertentu, ekspresi netral dapat dianggap sebagai ekspresi yang profesional dan objektif. Beberapa contoh ekspresi netral saat wawancara adalah:

  1. Menatap lawan bicara dengan jelas tanpa senyum atau ekspresi wajah yang khusus
  2. Memberikan jawaban dengan suara yang jelas dan tegas tanpa intonasi yang menunjukkan perasaan tertentu
  3. Memberikan jawaban dengan postur yang tegak dan sikap yang tidak menunjukkan perasaan tertentu

Sangat penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara ekspresi netral dan ekspresi yang menunjukkan minat dan keinginan untuk bekerja di perusahaan, sehingga saat berada dalam wawancara, jangan terlalu banyak melihat diri di layar, karena akan menandakan ketidak fokusan. Buatlah wajah terlihat netral dengan merilekskan bagian dahi dan rahang. 

Perhatikan Posisi Tangan 

Posisi tangan saat wawancara virtual dapat memberikan informasi tambahan tentang perasaan dan sikap seseorang selama wawancara. Namun, perlu diingat bahwa posisi tangan saat wawancara virtual mungkin tidak sama dengan posisi tangan saat wawancara pribadi. Beberapa contoh posisi tangan yang dapat digunakan saat wawancara virtual adalah:

  1. Meletakkan tangan di atas meja atau di atas keyboard saat berbicara. Ini dapat menunjukkan sikap yang profesional dan fokus.
  2. Menyentuh dagu dengan jari telunjuk saat berpikir. Ini dapat menunjukkan sikap yang berpikir dan reflektif.
  3. Menyentuh dagu dengan jari telunjuk saat berpikir. Ini dapat menunjukkan sikap yang berpikir dan reflektif.
  4. Menyentuh wajah dengan tangan saat tidak yakin atau merasa tidak nyaman.

Jika kamu sedang tidak berbicara, lipat tangan di pangkuan, jangan bersandar pada satu tangan, dan jangan menyentuh wajah atau memainkan rambut. Hal ini sangat penting selama wawancara virtual, maupun wawancara secara langsung. 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.