Blog post

Kenali Ciri-Ciri Orang yang Perfeksionis! (Part 2)

11/01/2023Dwi

Hi Klobbers!

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui beberapa ciri orang yang perfeksionis. Nah, sekarang kita akan membahas beberapa ciri lainnya serta tips untuk mengatasi sifat perfeksionis. Yuk, simak informasi berikut ini!

Bagaimana Ciri-Ciri Orang yang Perfeksionis?

Menghindari Melakukan Sesuatu yang Berpotensi untuk Gagal

Seorang perfeksionis akan lebih berfokus pada menunjukkan keahlian yang dimiliki saat ini dibandingkan dengan mempelajari hal baru. Mereka sangat menghindari kegagalan sehingga akan memilih aktivitas yang kurang menantang  dibandingkan melakukan tugas baru yang kemungkinan gagalnya jauh lebih besar. Selain itu, mereka juga cenderung tidak ingin mempelajari hal baru karena khawatir tidak dapat menguasainya dengan baik.

Keberhargaan Diri Bergantung pada Pencapaian

Hal yang bisa membuat seorang perfeksionis merasa baik tentang dirinya sendiri ialah saat berhasil mencapai sesuatu yang besar atau sesuatu yang baru. Sebaliknya, jika terjadi kesalahan, kemunduran, atau kegagalan, maka mereka akan cenderung merasa kurang berharga.

Tidak Dapat Mengapresiasi Kesuksesan yang Diraih

Tidak peduli bagaimanapun suksesnya, seorang perfeksionis biasanya tidak nyaman untuk mengapresiasi kesuksesan yang diraihnya. Mereka cenderung akan menganggap bahwa pencapaian tersebut merupakan sebuah keberuntungan. Selain itu, mereka akan terus mengkritik diri sendiri dengan menganggap bahwa seharusnya mereka berusaha dengan lebih baik atau lebih cepat dalam mencapai goal tersebut. Dengan demikian, akan sulit bagi seorang perfeksionis untuk merasa puas dan mengapresiasi keberhasilan yang diraih.

Merasa Tidak Puas dengan Hidup

Ketakutan terbesar seorang perfeksionis ialah kegagalan. Dengan demikian, jika terus-menerus merasa takut terhadap hal tersebut, maka akan membuat mereka kesulitan untuk benar-benar menikmati hidup. Padahal, melakukan kesalahan ataupun menemui kegagalan merupakan hal yang akan dialami oleh semua manusia.

Tidak mungkin jika terus mengharapkan situasi atau lingkungan tetap ideal sesuai dengan yang kita inginkan. Oleh karena itu, seorang perfeksionis cenderung akan sulit untuk merasa puas dengan kehidupannya, mengingat bahwa mungkin saja terjadi berbagai hal yang tidak terduga atau hal yang tidak dapat dikontrol olehnya.

Bagaimana Cara Mengatasi  Sifat Perfeksionis?

Setelah membahas tentang beberapa ciri orang yang perfeksionis, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimanakah cara untuk mengatasi sifat tersebut. Meskipun mungkin sulit untuk menghilangkan sifat perfeksionis, namun setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatifnya. Berikut ini beberapa tipsnya, yaitu:

  • Cobalah untuk menantang diri sendiri agar dapat membuat ekspektasi atau goal yang lebih realistis
  • Sadari bahwa kesalahan dan kegagalan merupakan hal yang wajar terjadi dalam hidup sehingga kamu perlu belajar untuk menerimanya dan kemudian memperbaikinya
  • Cobalah untuk lebih banyak melakukan self-talk yang positif sehingga nantinya kamu dapat mengembangkan positive thinking 
  • Pilih atau ciptakanlah lingkungan di mana kamu bisa merasa diterima oleh orang lain
  • Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan waktu suksesnya. Oleh karena itu, fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki dan apresiasi setiap pencapaian yang berhasil diraih. Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk belajar hal baru dan melakukan pengembangan diri.

Nah Klobbers, itulah beberapa ciri orang yang perfeksionis serta tips untuk mengatasinya. Pada dasarnya, kita perlu memberikan usaha terbaik dalam hal yang kita kerjakan agar mampu mencapai goal yang telah dibuat. Namun, terkadang tidak semua hal dapat berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan atau harapkan.

Hasilnya mungkin saja kurang sesuai dengan yang kita bayangkan atau bahkan yang terburuk ialah menemui kegagalan. Jika kamu memiliki sifat perfeksionis yang tidak sehat, justru dapat merugikan kamu. Hal ini dapat menghalangi kamu untuk keluar dari zona nyaman dan melakukan pengembangan diri, bahkan bisa berdampak negatif pada kesehatan mental.

Bagaimana Klobbers, apakah kamu merasa bahwa kamu termasuk orang yang perfeksionis? Jika kamu merasakan beberapa ciri tersebut sesuai dengan kondisi diri kamu dan ingin berusaha mengubahnya, maka kamu bisa mencoba beberapa tips di atas. Semoga informai ini bermanfaat, ya. Good luck,Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.