
Tips Meningkatkan Work Life Balance dalam Kehidupan
Hi, Klobbers! Pernahkah kamu merasa bahwa kehidupan pribadi dan pekerjaanmu menyatu menjadi beban yang cukup berat kamu tanggung? Kamu mungkin membutuhkan tips di bawah ini untuk meningkatkan work life balance.
Work life balance menjadi salah satu keinginan banyak pekerja. Hal ini karena keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan tidak hanya penting untuk kesehatan, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas kamu sebagai seorang karyawan. Yuk simak tips berikut ini.
Sisihkan Waktumu untuk Beristirahat atau Liburan
Beban pekerjaan terkadang membuatmu stres dan berpotensi menimbulkan suasana kacau dalam keseharianmu. Tidak ada salahnya bagi dirimu untuk meminta cuti pekerjaan dan pergi berlibur. Istirahat dari pekerjaan akan memberikanmu kesempatan untuk memulihkan diri, baik tenaga maupun pikiran.
Tahukah, kamu? Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa liburan dinilai bisa meningkatkan produktivitas dan melatih individu untuk kembali fokus, lho. Cobalah untuk mulai memikirkan akan tempat-tempat baru yang kamu ingin kunjungi.
Atur Jadwal Harian mu
Klobbers, perlu kamu ingat bahwa tubuh manusia tidak dirancang untuk terus menerus bekerja selama berjam-jam. Selain dapat mengganggu kesehatan, hal tersebut juga dapat mengganggu mental kamu. Namun, jika cuti bukanlah pilihan yang bisa diambil, kamu bisa memilih tips ini agar tetap mencapai tujuan work life balance. Mulailah membuat jadwal harian mu dengan tidak lupa memberikan ruang dan waktu untuk istirahat sesekali.
Kamu dapat sejenak pergi keluar untuk minum kopi di kedai terdekat, atau membangun komunikasi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, jika kantor memiliki fasilitas permainan, tak ada salahnya kamu mencoba ikut bermain. Jika tidak, mungkin kamu membutuhkan jasa aplikasi meditasi untuk membantumu menghilangkan stres.
Evaluasi Diri
Salah satu usaha untuk mewujudkan work life balance adalah dengan mengevaluasi diri. Kegiatan ini akan membantumu mencari inovasi dalam meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja. Terkadang, dalam menilai diri sendiri, kamu juga memerlukan orang lain. Jadi, jangan sungkan berdiskusi dengan rekan kerjamu untuk sekadar meminta saran atau masukan terhadap dirimu. Hal ini akan menambah wawasan yang lebih luas dari sudut pandang yang berbeda, dengan demikian, kamu dapat bekerja dan menyusun strategi yang efektif di masa yang akan datang.
Disiplin
Setelah menetapkan aturan yang telah kamu buat terhadap dirimu, baik pengaturan jadwal harian mu, atau hal-hal yang harus kamu kerjakan, kamu harus menanamkan sikap disiplin. Ini bertujuan untuk memberikan keseimbangan antara kehidupan pribadimu dengan kehidupan pekerjaanmu. Beberapa orang terkadang melupakan kebutuhan dirinya hanya demi pekerjaan, seperti telat makan atau menganggap pekerjaan yang harus dilakukan sangat mudah dan sepele, namun berakhir dengan menumpuk-numpuk pekerjaan. Sikap seperti ini akan mengacaukan keseimbanganmu. Tidak sedikit yang pada akhirnya harus mengorbankan jam libur untuk dipakai menyelesaikan pekerjaan. Tegaslah pada dirimu untuk mencapai keseimbanagn tersebut.
Itulah serangkaian tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan keseimbangan antara kehidupan pribadimu dengan kehidupan pekerjaanmu. Ingatlah, Klobbers! Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, termasuk bekerja terlalu keras. Sisihkan waktumu dan jaga kesehatanmu. Selamat mencoba.