Blog post

Tips Tetap Produktif Buat Kamu yang Kerja Remote

01/01/2023Rahmat S

Hi, Klobbers! Apa kalian pernah mendengar tentang tren remote working? Ya, tren kerja remote ini tengah menjadi alternatif bagi para perusahaan dalam menghadapi situasi masa-masa pandemi selama dua tahun terakhir. Remote working memberikan kemudahan bagi para pekerja untuk bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mereka tanpa harus ke kantor. 

Tahukah kamu? Konsep bekerja seperti ini, dinilai bisa meningkatkan produktivitas karyawan, lho. Hal ini karena para pekerja bisa menyeimbangkan antara kehidupan profesional dengan kehidupan pribadi masing-masing individu. Saat ini, tak heran, banyak perusahaan yang menawarkan kerja secara remote, Klobbers. 

 

Nah,bagi kamu yang sedang atau akan bekerja dengan konsep remote working, coba tips berikut ini agar tetap produktif. 

Buat Jadwal Kegiatan 

Salah satu hal yang menyenangkan dari remote working adalah kamu dapat mengatur sendiri jadwal kerjamu. Pilihlah waktu produktifmu untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebagian orang memiliki waktu produktif di malam hari atau pagi hari, kamu dapat menyesuaikannya tanpa harus bekerja hingga larut malam dengan membuat to do list

Bangun Komunikasi yang Baik dengan Sesama Tim

Sebagai individu yang bekerja secara jarak jauh, kamu perlu membangun kebiasaan berkomunikasi, terutama pada pekerjaan yang dilakukan secara kelompok. Penting untukmu selalu berkomunikasi terkait perkembangan pekerjaan yang sudah dilakukan. Kamu juga dapat melakukan pertemuan online maupun offline setiap seminggu sekali untuk sama-sama melihat perkembangan proyek yang sedang dijalankan oleh tim. 

Persiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan 

Klobbers, salah satu tantangan dari bekerja secara remote adalah kamu harus mempersiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Tidak hanya akses internet yang memadai dan koneksi yang tinggi, tetapi juga perlengkapan pendukung lainnya, seperti aplikasi Zoom atau Google untuk pertemuan online. Kamu juga mungkin membutuhkan aplikasi Trello atau Asana untuk mengatur perencanaan proyek. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan aplikasi Slack dan Troop messenger untuk mengirim pesan secara kelompok, dan lain sebagainya. Semua kelengkapan tersebut dapat membantumu dalam mengoptimalkan perencanaan proyek dan membangun komunikasi yang aktif. 

Siapkan tempat ternyamanmu 

Klobbers, kerja jarak jauh atau juga biasa disebut work from home tidak lantas membuatmu mengurung diri terus-menerus di dalam rumah. Kamu bisa menciptakan ruang ternyaman kamu untuk memberikan suasana yang berbeda agar tidak bosan. Kamu dapat memilih bekerja di perpustakaan terdekat, kedai kopi, atau bahkan menata ruangan kecil di rumah sebagai co-working space yang nyaman dan menyenangkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengaktifkan mode “jangan ganggu” untuk menghindari distorsi dari luar saat kamu sedang fokus bekerja. 

Dedikasikan diri untuk pencapaian tujuan  

Klobbers, tahukah kamu? Dedikasi merupakan hal yang sangat penting dalam dunia profesional. Hal ini karena sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu tujuan. Kamu perlu mendedikasikan dirimu dengan sungguh-sungguh untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab meski bekerja secara remote. Hal ini dapat dilihat dari pengorbanan yang kamu berikan seperti, tenaga, pikiran, dan waktu. 

Setiap kebijakan memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan, termasuk kebijakan sistem bekerja secara remote. Namun, tak perlu khawatir, tips di atas dapat kamu coba selama bekerja jarak jauh. Selamat mencoba, Klobbers!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.