Blog post

Cara Meningkatkan Daya Ingat (Pt. 2)

27/12/2022Nadine K

Memiliki ingatan yang buruk dapat mengganggu perjalanan kariermu. Banyak aspek dari semua pekerjaan tergantung pada mengingat sejumlah fakta dan informasi. Sebelumnya, kami sudah pernah membahas semua jenis memori yang berbeda dan bagaimana mereka berkontribusi pada kehidupan kerja. Kali ini kita akan mengeksplorasi semua cara untuk meningkatkan daya ingat kamu dan dengan demikian bekerja lebih baik. Metode-metode ini juga berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif dalam kehidupan sehari-hari yang pada gilirannya akan memiliki manfaat jangka panjang untuk masa depanmu.

1. Pelajari Mindfulness

Selama hari kerja, pikiran kamu sering dipenuhi dengan informasi tentang berbagai hal dari semua tugas yang perlu kamu lakukan, makan siang apa, dan berbagai kekhawatiran pribadi lainnya. Mindfulness mengacu pada kondisi mental di mana kamu fokus pada situasi kamu dan perasaanmu saat ini. Kondisi ini membantu menurunkan stres, meminimalisir risiko penurunan kognitif dari waktu ke waktu, dan tentu saja meningkatkan daya ingat. Untuk mendapatkan kondisi mindfulness yang lebih baik, kamu dapat mencoba menambahkan meditasi ke dalam rutinitas harian kamu, atau meluangkan waktu untuk lebih memperhatikan lingkungan sekitarmu dan semua hal yang kamu lakukan.

2. Latihan/Rehearse

Pernahkah kamu sedang berpresentasi atau berada dalam meeting penting dan tiba-tiba kamu lupa poin-poin pembicaraan yang ingin kamu sampaikan? Cara terbaik untuk mengingat semua yang ingin kamu katakan serta mengatur aliran pikiran kamu adalah melalui latihan. Proses mengulangi apa yang ingin kamu katakan atau lakukan beberapa kali sangat membantu menyegel informasi ke dalam ingatan kamu.

3. Suarakan Pikiranmu

Cara praktis untuk memastikan mengingat sesuatu adalah dengan mengucapkannya. Kamu dapat memberitahu rekan kerja, teman, atau keluargamu tentang hal-hal penting, ini berguna dengan dua cara: membantu memperkuat informasi untuk diri kamu sendiri, dan juga berarti ada orang lain yang dapat membantu mengingatkan kamu. Jika tidak ada orang di sekitar untuk memberi tahu, berbicara dengan lantang juga bisa sangat membantu.

Ingatan sangat penting untuk pekerjaan tetapi juga untuk kehidupan pribadi dan kepribadianmu. Oleh karena itu, selalu penting untuk menjaga kemampuan kognitifmu supaya tetap tajam. Apakah kamu cukup puas dengan dayai ingatmu, Klobbers?

Untuk mengetahui lebih lanjut  metode-metode lain untuk meningkatkan daya ingat, kamu dapat membaca bagian pertama dari blog ini di link ini.

 

sumber

sumber

 

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.