Blog post

Bekerja di Open Office? Yuk, Ketahui 5 Etiket Ini!

21/12/2022Dwi

Hi Klobbers!

Mungkin kamu sering mendengar tentang tren tata kantor dengan konsep open office yang menjadi salah satu ciri khas dari perusahaan modern. Ada berbagai kelebihan dari penerapan tata ruang ini, namun juga dibarengi dengan berbagai kontra atau tantangan dalam pengelolaannya. Salah satunya ialah distraksi suara dari rekan kerja atau lingkungan sekitar.

Berbagai kontra dari konsep open office dapat memengaruhi produktivitas kamu jika tidak segera ditangani dengan baik. Selain mengatasi distraksi yang dirasakan, sebenarnya akan lebih mudah jika dampaknya dapat diminimalisir oleh semua pegawai yang bekerja di open office. Bagaimana caranya? Salah satu solusinya ialah memahami dan menerapkan etiket bekerja di open office. Nah, apakah Klobbers bekerja di open office? Yuk, ketahui beberapa etiketnya dalam ulasan berikut ini!

Menghormati Privasi

Konsep open office memungkinkan kamu untuk bekerja secara berdekatan dengan rekan kerja lainnya tanpa ada pembatas. Nah, konsekuensinya ialah kamu bisa melihat apa yang sedang dikerjakan oleh rekan kerja di samping dan begitu juga sebaliknya. Hal ini akan membuat kamu maupun rekan kerja merasa tidak nyaman atau was-was karena merasa diawasi. Lama-kelamaan, ketidaknyamanan dalam bekerja dapat memengaruhi konsentrasi dan produktivitas. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga privasi.

Sebaiknya, hindari gesture yang dapat membuat rekan kerja merasa bahwa kamu sedang memperhatikan apa yang mereka kerjakan. Kemudian, hindari juga berdiri di belakang mereka apabila tidak diperlukan, terlebih lagi dalam waktu yang lama. Meskipun kamu sedang tidak memperhatikan apa yang mereka kerjakan, namun hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan.

Selain itu, hindari juga mendengarkan pembicaraan rekan kerja, baik melalui panggilan telepon atau percakapan secara langsung dengan rekan kerja lain. Harap diingat bahwa saling menghormati privasi antara pegawai merupakan salah satu kunci penting agar bisa bekerja dengan nyaman sehingga meningkatkan produktivitas.

Menjaga Space Kerja Tetap Rapi dan Bersih

Dengan tidak adanya pembatas di meja kerja, berarti kamu juga akan berbagi ruang kerja dengan orang lain. Jika area (space) kerja kamu berantakan, maka akan memengaruhi rekan kerja lainnya. Sementara itu, kerapian dan kebersihan dari area kerja dapat mencerminkan bagaimana diri dan bahkan tim kamu. Jika ingin terlihat profesional, maka kebersihan dan kerapian area kerja menjadi hal yang penting diperhatikan.

Jagalah area kerja kamu agar tetap bersih dan terorganisir. Kemudian, jangan sampai ada barang yang masuk ke space kerja rekan di sekitar kamu. Hal ini dapat membuat rekan kerja kamu merasa tidak nyaman karena kamu mengambil space kerja mereka.

Meminimalisir Distraksi

Bekerja di ruangan dengan konsep open office akan membuat suara yang dikeluarkan dapat terdengar ke seluruh ruangan. Harap diingat bahwa mungkin ada sebagian orang yang gampang terdistraksi oleh suara sehingga dapat menghambat mereka dalam bekerja. Oleh karena itu, hindari berbagai aktivitas yang menghasilkan volume suara besar sehingga mengganggu orang lain.

Beberapa hal yang dapat dilakukan ialah melakukan panggilan telepon di area lain yang sepi serta tidak berbicara dengan volume yang cukup besar di area terbuka. Selain itu, kamu dapat menggunakan earplugs atau headsets jika ingin mendengarkan musik, menonton video, atau ketika menghadiri online meeting.

Hindari Aroma yang Berlebihan

Apakah kamu suka memakai wewangian? Menggunakan wewangian memang dapat menunjang penampilan, namun ada beberapa orang yang sensitif terhadap berbagai macam aroma. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan wewangian yang terlalu menyengat.

Tidak hanya wewangian dari parfum atau lotion, namun hindari juga aroma kuat yang bisa berasal dari makanan. Jika kamu ingin mengonsumsi buah atau makanan dengan aroma yang cukup kuat, sebaiknya makanlah di tempat yang terpisah sehingga aromanya tidak sampai mengganggu orang lain.

Menghormati dan Memperhatikan Rekan Kerja

Menghormati rekan kerja menjadi salah satu hal penting dalam etika kerja. Sebenarnya, hal ini tidak hanya berlaku saat kamu bekerja di kantor dengan konsep open office, namun juga menjadi etika kerja yang umum. Menghormati sesama rekan kerja menjadi kunci penting dalam mencapai kesuksesan kerja sama tim. Akan tetapi, karena konsep open office mendorong kamu untuk lebih sering berinteraksi secara langsung dengan rekan kerja, maka kamu perlu lebih memperhatikan kondisi maupun isyarat yang diberikan oleh mereka.

Misalnya, jika rekan kerja terlihat terganggu dengan aktivitas yang kamu lakukan, maka cobalah untuk memahami dan menyesuaikannya. Kemudian, jika rekan kerja kamu sedang terlihat sangat fokus dalam mengerjakan suatu tugas, maka berusahalah untuk tidak menginterupsinya.  

Begitu juga jika ada masalah yang terjadi. Sampaikanlah isu tersebut kepada orang yang bersangkutan dengan tenang dan sopan. Nah, hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Apabila ada rekan kerja yang menyampaikan keluhan, bersikaplah tenang dan dengarkan keluhan mereka. Kemudian, carilah solusi terbaik dari permasalahan tersebut.

Nah Klobbers, demikian informasi mengenai beberapa etiket saat kamu bekerja di open office. Hal ini akan menjadi lebih efektif jika dapat dipahami dan diterapkan oleh seluruh pegawai yang bekerja. Dengan demikian, dapat mendorong kolaborasi dan produktivitas dengan optimal. Semoga informasi ini bermanfaat. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.