
Keterampilan Digital yang Berguna dalam Dunia Kerja
Hi, Klobbers!
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memaksa semua orang mengerjakan tugas dengan lebih efisien lewat keterampilan digital. Nah, bagi Klobbers yang memiliki minat untuk bekerja di industri pada era digitalisasi ini, perlu memahami keterampilan digital apa saja yang harus dikuasai.
Berikut Klobbers rangkum beberapa keterampilan digital yang berguna bagi para profesional industri, termasuk pengetahuan tentang sistem perangkat lunak tertentu dan alat online selengkapnya.
Pengoperasian Perangkat Lunak
Salah satu keterampilan digital yang perlu Klobbers pahami adalah mampu mengoperasikan perangkat lunak. Tahukah kamu? Hadirnya industri 4.0 di Indonesia membuat beberapa perusahaan bertransformasi ke digital. Mereka (perusahaan) kini menyediakan alat dan perangkat lunak bagi karyawan untuk dapat berkomunikasi dan melaksanakan pekerjaan secara efektif. Hal ini juga ditujukan untuk memenuhi faktor pendukung bagi karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Pengoperasian perangkat lunak menjadi kemahiran dasar yang paling penting dalam banyak profesi pekerjaan.
Search Engine Marketing (SEM)
Search engine marketing merupakan strategi digital marketing yang perlu kamu miliki apabila kamu bekerja di bidang pemasaran produk atau layanan digital. SEM melibatkan penggunaan kata kunci pencarian dari pengguna internet untuk mendapatkan lebih banyak eksposur terhadap suatu merek dengan metode berbayar. Strategi SEM sangat membantu meningkatkan visibilitas situs web perusahaan, menyorot produk tertentu, atau menarik audiens pelanggan potensial yang lebih besar. Hal ini dapat terjadi karena kata kunci suatu produk yang Klobbers iklankan memengaruhi tingkat Click Through Rate (CTR). Arti kata lain, banyaknya orang mengklik iklan tersebut. Jadi, semakin tinggi posisi iklan kamu di kolom hasil pencarian, maka semakin tinggi pula CTR-nya.
Search Engine Optimization (SEO)
SEO memiliki kemiripan dengan SEM yaitu bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website, dengan harapan jumlah penjualan produk atau layanan bertambah. Meskipun memiliki tujuan yang sama, SEO lebih berfokus pada pembuatan konten yang dapat dicari oleh pengguna internet melalui metode organik atau tidak berbayar. SEO menggunakan kata kunci untuk mengoptimalkan konten sehingga pengguna dapat menemukan halaman web perusahaan sebagai hasil pencarian teratas. Mendapatkan peringkat tinggi juga melibatkan strategi seperti sering menyegarkan konten, memposting informasi berkualitas tinggi, dan menggunakan backlink dari halaman web ahli lainnya.
Pemasaran Media Sosial
Tahukah kamu? Penggunaan media sosial kini menjadi salah satu platform besar dalam menjaring banyak pelanggan. Media sosial digunakan dalam berbisnis agar mudah menjangkau konsumen dan menyediakan platform untuk berinteraksi. Banyak konsumen menggunakan media sosial untuk mengomunikasikan kebutuhan mereka dengan perusahaan, termasuk membaca ulasan, mengajukan pertanyaan tentang suatu produk, dan menemukan nilai serta proses operasional untuk bisnis. Dengan mengunggah konten dan beriklan di platform media sosial, Klobbers dapat meningkatkan interaksi bisnis dengan konsumen agar mendapatkan hasil peningkatan keterlibatan, lebih banyak prospek, dan memiliki basis pelanggan yang lebih luas.
Analisis Data
Analisis data merupakan keterampilan digital dalam mengolah dan menginterpretasikan data dari sumber yang tersedia. Analisis ini mempelajari metrik yang digunakan oleh industri kamu. Hal ini merupakan pertimbangan penting lainnya untuk keterampilan digital tersebut. Bagi para seller mungkin akan berfokus pada interpretasi data dari sistem titik penjualan atau insentif seperti kupon atau program hadiah, perusahaan yang menawarkan layanan mungkin lebih berfokus pada volume prospek dan pencarian situs web. Industri yang membutuhkan tenaga ahli analisis data dalam membuat strategi untuk area bisnis mereka, seperti layanan pelanggan atau periklanan, dan kompetensi dalam keterampilan ini dapat meningkatkan peluang untuk pekerjaan menggunakan ilmu data.
Tahukah kamu? Data juga dapat membantu menceritakan kisah konsumen kamu, dan kebiasaan mereka, lho. Memahami dan menjelaskan cerita tersebut dengan mengatur dan menganalisis kumpulan data adalah kemampuan yang berharga di tempat kerjamu, Klobbers.
Pemasaran konten digital
Keterampilan pemasaran konten digital meliputi bahan atau materi konten yang akan diiklankan guna mendukung strategi digital seperti SEO agar menarik pelanggan potensial dan meningkatkan pencarian online untuk bisnis kamu. Strategi pemasaran konten dapat membantu kamu memahami cara memasarkan merek dengan menggunakan video atau artikel blog sebagai konten bisnis kamu, Klobbers. Tidak hanya itu, kamu juga dapat berkreasi melalui komunikasi tertulis untuk menghasilkan konten yang efektif dan menarik bagi konsumen.
Klobbers, kamu juga bisa menggunakan jenis konten lain, seperti podcast, postingan media sosial, grafik, dan E-book.
Pemasaran Email
Pemasaran email dalam bisnis di berbagai industri merupakan keterampilan digital yang perlu kamu pahami. Posisi layanan pelanggan, pemasaran, dan kepemimpinan semuanya dapat menggunakan keterampilan komunikasi yang kuat untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan menggunakan buletin digital, penawaran, dan pembaruan produk yang dikirim melalui surat elektronik. Keterampilan komunikasi ini merupakan teknik untuk berbagi penawaran kepada konsumen agar mendapatkan perhatian mereka terhadap suatu produk yang ditawarkan.