Blog post

Memahami Manfaat dan Tipe-Tipe Surat Kerja

13/12/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Membuat surat kerja merupakan salah satu hal penting dan wajib dilakukan sebagai bagian dari tugas kita saat bekerja. Mengapa penting? Surat kerja dapat membantu komunikasi bisnis menjadi lebih lancar. Dengan adanya surat, kita memiliki bukti nyata dalam menyampaikan pesan dan atau perjanjian. Selain sebagai komunikasi dan perjanjian, surat juga membantu kita memberi bukti nyata dalam berkomunikasi, agar pihak lain dapat membaca dan melihat ketentuan tertulis yang ada pada surat tersebut. 

Umumnya, surat dibagi menjadi dua tipe, yaitu surat yang formal dan informal. Dalam penulisan yang formal, bahasanya pun formal, dan terstruktur. Biasanya surat ini merupakan surat resmi yang digunakan dalam perusahaan. Orang-orang menyampaikan surat resmi biasanya dibagikan kepada pihak yang berwenang, pejabat, kolega, dan senior. Sebaliknya, kamu dapat menulis surat informal sebagai cara untuk menjelaskan minat kamu kepada teman, keluarga, dan individu yang tidak memiliki ikatan profesional apapun. 

Berikut merupakan beberapa contoh dari surat yang biasanya digunakan dalam perusahaan: 

Surat Kerja

Surat kerja adalah sebuah dokumen yang dibuat oleh perusahaan atau instansi yang menunjukkan bahwa seseorang telah diterima bekerja di perusahaan tersebut dengan posisi dan tanggung jawab yang telah ditentukan. Surat kerja biasanya diberikan kepada karyawan baru setelah mereka menandatangani kontrak kerja dan mengikuti proses rekrutmen yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Surat kerja juga biasanya berisi informasi tentang tanggal mulai bekerja, jenis pekerjaan yang akan dilakukan, gaji dan benefit yang diberikan, serta peraturan-peraturan lain yang berlaku di perusahaan tersebut.

Surat Perjanjian

Surat perjanjian adalah dokumen yang menjadi bukti adanya kesepakatan antara dua pihak atau lebih. Surat perjanjian biasanya mencakup hal-hal seperti hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pihak, serta tanggung jawab yang harus ditanggung jika salah satu pihak tidak memenuhi kewajibannya. Surat perjanjian juga biasanya mencakup tanggal mulai dan berakhirnya perjanjian, serta jangka waktu yang ditentukan untuk setiap kewajiban yang harus dipenuhi.

Surat Pengunduran 

Surat pengunduran diri adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang ingin mengundurkan diri dari suatu jabatan atau pekerjaan. Surat ini biasanya ditujukan kepada atasan atau pihak yang berwenang, dan berisi informasi tentang alasan mengundurkan diri serta tanggal efektifnya. Surat pengunduran diri juga biasanya mencakup informasi tentang apa yang akan dilakukan oleh orang yang mengundurkan diri untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang dikerjakannya sebelum tanggal efektif pengunduran diri tersebut.

Menulis surat sangat penting, baik untuk berkomunikasi dengan jelas maupun untuk membuat kesan yang baik. Kamu dapat membedakan surat berdasarkan konten, formalitas, atau tujuan yang ingin kamu capai. 

Sebagai contoh, surat kerja penting karena merupakan bukti adanya hubungan kerja antara seorang pekerja dengan perusahaan tempat ia bekerja. Surat kerja juga berguna sebagai bukti hukum dalam hal terjadi perselisihan antara pekerja dan perusahaan.

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.