Blog post

Yuk Belajar! Apa itu User Interface (UI) Design?

08/12/2022Rahmat S

Hi Klobbers! 

Tahukah kamu saat ini bekerja sebagai UI designer menjadi salah satu peluang besar bagi kamu yang sedang mencari kerja loh! Terlebih bekerja di bidang ini sangat dibutuhkan melihat perkembangan era digitalisasi di bidang industri, yang memfokuskan diri untuk membuat produk atau layanan berbasis perangkat lunak atau aplikasi untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Apabila kamu tertarik untuk mencobanya, yuk cari tahu lebih jauh apa itu user interface (UI) design, disini!

Apa itu UI Design?

UI desain atau bisa disebut desain antarmuka pengguna adalah istilah yang menjelaskan tata letak grafis aplikasi. Sederhananya, ini mengacu pada elemen apa pun yang memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas dan menavigasi berbagai fitur berdasarkan informasi yang disimpan di perangkat. Beberapa contoh elemen yang termasuk dalam UI desain, yaitu tombol, teks, warna, tampilan, tata letak setiap elemen, animasi, transisi setiap elemen, dll. 

Jika kamu tertarik bekerja dibidang ini, kamu dapat disebut sebagai UI designer atau desainer grafis yang berspesialisasi dalam pengembangan antarmuka pengguna. Dalam prosesnya, individu yang bergerak di bidang ini, membuat dan menentukan elemen yang  digunakan berpatokan pada informasi keseluruhan. Termasuk estetika, tampilan dan nuansa dari produk yang diinginkan.   Lebih dari sekadar membuat desain yang terlihat menarik dan merangsang secara visual, kamu harus memastikan bahwa tema tersebut mewakili maksud aplikasi dengan tepat. 

Mengapa UI Design Penting?

Desain antarmuka pengguna adalah bagian penting dalam membangun pengalaman pengguna yang positif dengan produk atau layanan. Sebagian besar pengguna tertarik akan produk atau layanan berdasarkan tampilan dan aksesibilitas desain. Tanggung jawab utama seorang desainer adalah mengembangkan desain antarmuka yang menurut pengguna sangat efisien dan dapat digunakan. Itulah mengapa desainer harus melakukan penelitian dalam upaya untuk memahami sepenuhnya kebutuhan pengguna dan konteks di mana mereka akan berinteraksi dengan produk. Pengguna harus dapat merasakan kenyamanan, melakukan aktivitas dan dapat mencapai tujuan mereka semudah mungkin saat menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. 

Nah, bagaimana Klobbers apakah kamu tertarik bekerja sebagai UI Designer? 

Sumber 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.