Blog post

Menyambut Tahun Baru dengan Digital Decluttering

08/12/2022Sandy Patricia

Hai Klobbers!

Tahukah kamu bahwa sampah tidak hanya berupa fisik saja, namun dapat berupa digital. Apakah itu sampah digital? Sampah digital bersumber dari kegiatan sehari-hari kita saat bekerja. Sampah ini bisa didapatkan dari internet atau dokumen-dokumen yang ada di laptop kita. Lalu, bagaimana caranya mengurangi sampah tersebut? Artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengurangi sampah digital dengan perilaku digital decluttering. 

Mengenal Digital Decluttering

Digital decluttering adalah proses mengurangi jumlah informasi digital yang kamu miliki. Ini termasuk menghapus file yang tidak diperlukan, mengatur folder, dan menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan. Digital decluttering dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres.

Mengapa Digital Decluttering Penting?

Digital decluttering penting karena dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres. Dengan mengurangi jumlah informasi digital yang kamu miliki, kamu dapat menghindari kebingungan dan menemukan informasi yang kamu butuhkan dengan lebih cepat. Ini juga dapat membantu kamu menghindari penyimpanan yang berlebihan, yang dapat menyebabkan komputer kamu menjadi lambat.

Nah, untuk kamu yang ingin melakukan digital decluttering, namun masih bingung untuk memulainya. Yuk simak informasi mengenai detil perilaku digital decluttering dibawah ini.

Membersihkan Folder

Ada beberapa cara untuk melakukan digital decluttering. Pertama-tama, kamu harus menghapus file yang sudah tidak digunakan. Namun, jangan sampai kamu menghapus file yang masih berguna di kemudian hari ya. Pilihlah file tersebut, dan jika ada waktu kamu harus mengecek nya satu persatu. Setelah dipilih, kamu bisa menyiapkan file untuk menaruh dokumen yang tidak terpakai. Kemudian, kamu bisa menghapusnya. 

Mengatur Kembali Folder

Kedua, mulailah dengan mengatur ulang folder kembali. Ini termasuk membuat folder baru untuk menyimpan file yang berbeda dan menghapus folder yang tidak diperlukan. Kegiatan ini penting dilakukan, agar file yang disimpan lebih terlihat rapi, dan memudahkan kamu untuk bekerja di kemudian hari. 

Backup File

Jika kamu tidak ingin menghapus hasil kinerja mu, kamu bisa menggunakan dropbox atau flashdisk untuk menaruh file yang tidak kamu perlukan. Sehingga, kamu bisa melihatnya suatu saat nanti dan berguna jika suatu saat memang diperlukan. 

Digital decluttering adalah proses mengurangi jumlah informasi digital yang kamu miliki. Ini termasuk menghapus file yang tidak diperlukan, mengatur folder, dan menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan. Digital decluttering dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres. Dengan melakukan digital decluttering, kamu dapat menghindari kebingungan dan menemukan informasi yang kamu butuhkan dengan lebih cepat.

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.