Blog post

Mengenal Konsep Frugal Living dan Tips Menerapkannya

08/12/2022Dwi

Halo Klobbers!

Akhir-akhir ini sering terdengar kabar mengenai ancaman resesi ekonomi pada tahun 2023. Namun, apakah Klobbers sudah tahu arti dari resesi? Mengutip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), resesi ekonomi dapat diartikan sebagai kondisi di mana perekonomian suatu negara sedang memburuk, yang dapat dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Meskipun kita berharap agar situasi tersebut tidak terjadi, tapi ada baiknya kita bersiap-siap dalam menghadapinya. Kemudian, bagaimana cara menyikapi ancaman resesi ekonomi yang mungkin terjadi? Hal penting yang harus diperhatikan ialah cara mengatur keuangan, baik dalam menabung dan juga mengatur pengeluaran untuk gaya hidup. Nah, salah satu gaya hidup yang bisa kamu pertimbangkan ialah gaya hidup hemat atau frugal living.

Apa itu Frugal Living?

Frugal living dapat diartikan sebagai menyadari pengeluaran dan berfokus pada beberapa prioritas keuangan. Atau, dapat diartikan juga sebagai konsep di mana individu mengalokasikan dana yang dimiliki dengan kesadaran penuh (mindful), dengan pertimbangan dan analisis yang baik disertai dengan strategi pencapaian tujuan keuangan masa depan yang jelas. Tujuannya bisa beragam, seperti ingin memiliki hunian sendiri di umur tertentu, ingin memiliki dana darurat yang cukup untuk mengantisipasi berbagai situasi yang tidak diingkan, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh penerapan frugal living ialah berbelanja barang-barang bekas dan  tidak mementingkan fashion atau gadget terbaru untuk dimiliki. Bagi sebagian orang, hal ini cenderung dinilai pelit. Namun, orang yang mengadopsi frugal living dapat menikmati hidup tanpa harus mengikuti standar atau pendapat orang lain. Hal ini dikarenakan adanya tujuan jangka panjang yang telah ditetapkan.

Meskipun sekilas terdengar mirip dengan gaya hidup minimalis, namun konsepnya berbeda. Frugal living merupakan konsep yang memprioritaskan efisiensi dalam penggunaan biaya. Oleh karena itu, akan ada pertimbangan dalam memutuskan keuntungan yang diperoleh dari setiap biaya yang dikeluarkan. Hasilnya, mungkin saja untuk memilih barang dengan harga paling murah namun memberikan keuntungan terbaik atau terbesar.

Sedangkan, gaya hidup minimalis lebih memprioritaskan kualitas dibandingkan harga dari suatu barang. Jika individu mengadopsi gaya hidup minimalis, maka akan lebih mementingkan kualitas barang dengan harga yang sedikit lebih mahal jika barang tersebut dianggap lebih awet dan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Ada banyak keuntungan jika kamu menerapkan frugal living. Beberapa di antaranya yaitu mempercepat seseorang dalam mencapai financial freedom, lebih banyak kesempatan untuk menabung, hingga dapat mengurangi stres karena tidak perlu mengikuti berbagai tren terbaru.

Tips Menerapkan Frugal Living

Menentukan Tujuan Finansial

Jika memiliki goal, maka bisa meningkatkan semangat dan membantu kamu untuk mencapainya. Tentukan tujuan finansial kamu, misalnya untuk mengumpulkan dana darurat, menikah, membeli rumah, dan lain sebagainya.

Mencatat Pengeluaran

Sebelum mulai menerapkan frugal living, kamu perlu mengetahui apa saja pengeluaran kamu. Analisis berbagai kebutuhan kamu, baik bulanan maupun harian. Kemudian, analisis juga apakah hal tersebut merupakan kebutuhan atau keinginan kamu.

Dengan melakukan analisis tersebut, kamu bisa mengetahui berapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan dan berapa besar biaya untuk memenuhi gaya hidup. Mungkin saja ada berbagai pengeluaran yang sebenarnya bukan untuk memenuhi kebutuhan, namun dapat menghabiskan sebagian besar uang yang kamu miliki.

Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan budgeting untuk berbagai keperluan. Cobalah mengikuti budget yang telah kamu buat untuk menghindari berbagai pengeluaran yang tidak perlu. Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran yang terjadi agar kamu nantinya dapat mengevaluasi apakah ada pengeluaran untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan atau tidak bermanfaat.

Membuat Rencana Menu Makanan

Jika kamu sebelumnya lebih sering atau terbiasa membeli makanan dari luar, maka salah satu hal yang bisa dipertimbangkan ialah memasak makanan sendiri. Berbelanja dan memasak sendiri akan memungkinkan kamu untuk menghemat lebih banyak uang dibandingkan terus-menerus membeli makanan.

Jika ingin memasak sendiri, maka kamu perlu membuat rencana menu. Hal ini dapat membantu kamu untuk berbelanja dengan efektif sesuai kebutuhan serta meminimalisir pemborosan. Jangan lupa untuk mengecek bahan makanan apa saja yang kamu miliki di rumah dan cobalah untuk memanfaatkannya juga dalam rencana menu yang akan dibuat.

Membandingkan Harga

Sebagian orang mungkin akan tetap setia pada satu brand tertentu jika merasa produk dari brand tersebut cocok dan nyaman digunakan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal ini, namun mungkin saja ternyata kamu mengeluarkan biaya lebih besar dari yang dibayangkan.

Jika sebelumnya kamu cenderung tidak membandingkan harga produk karena telah terbiasa pada suatu brand, maka kamu bisa mulai untuk lebih jeli melihat produk dari brand lain. Cobalah untuk membandingkan harga produk dari suatu brand dengan brand lainnya. Mungkin saja kamu bisa menemukan harga lain yang lebih murah dengan fungsi atau manfaat yang sama.

Berinvestasi

Salah satu cara untuk memperoleh keuntungan dengan modal yang kamu miliki ialah dengan berinvestasi. Saat ini ada banyak sekali macam-macam investasi. Misalnya saja investasi emas, saham, properti, dan lain sebagainya. Nah, mengingat ada berbagai bentuk investasi yang bisa dipilih, sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu masing-masing bentuk investasi tersebut. Pahami apa saja keuntungan serta risikonya.

Ingatlah bahwa investasi merupakan perencanaan keuangan jangka panjang. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Selain itu, jangan langsung menggunakan seluruh modal yang dimiliki, terlebih lagi jika kamu hanya memilih satu investasi. Sisihkan juga sebagian dari modal kamu untuk tabungan atau dana darurat, Klobbers.

Nah, demikian informasi seputar frugal living serta beberapa tips untuk menerapkannya. Selain membantu untuk menjadi lebih cepat kaya atau mencapai goal finansial kamu, menerapkan frugal living juga melatih kamu untuk hidup dengan lebih sederhana. Jika ingin mengubah gaya hidup kamu menjadi frugal living, diperlukan niat, kesabaran, dan komitmen untuk menjalaninya.

Mungkin pada awalnya akan terasa sulit, apalagi jika sebelumnya kamu lebih banyak mengeluarkan biaya untuk memenuhi gaya hidup. Namun, ingatlah kembali apa tujuan yang ingin dicapai dengan menerapkan gaya hidup ini. Semoga bisa membuat kamu tetap semangat dan konsisten menjalaninya. Bagaimana Klobbers, apakah kamu tertarik untuk mengadopsi gaya hidup ini? Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.