Blog post

Apa Saja Dampak Layoff bagi Karyawan?

07/12/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers!

Seperti yang sudah disampaikan di artikel sebelumnya mengenai hal yang perlu diperhatikan jika kamu mengalami layoff, maka sebelumnya, kamu perlu mengetahui kira-kira apa saja dampak yang bisa terjadi jika seseorang mengalami layoff, yang kemudian bisa kamu atasi dengan melakukan tips-tips yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya. 

Yuk, simak penjelasan berikut mengenai dampak apa saja yang bisa dirasakan oleh karyawan yang mengalami layoff!

Hilangnya penghasilan tetap

Salah satu hal yang paling dirasakan oleh karyawan adalah hilangnya penghasilan tetap setiap bulan. Terlebih, jika seseorang benar-benar mengandalkan pekerjaan kantoran sebagai sumber penghasilan utama untuk membiayai hidupnya. Mungkin, rasa ‘kehilangannya’ akan berbeda jika karyawan tersebut memiliki pekerjaan sampingan yang bisa digunakan sebagai penghasilan cadangan.

Mengalami stress

Kehilangan sumber penghasilan tetap bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya stress. Terlebih jika seseorang memiliki banyak tanggungan yang perlu dibiayai. Bukan hanya persoalan mengenai income saja, peristiwa layoff yang dialami karyawan juga bisa menurunkan kepercayaan dirinya terkait kemampuannya dalam bekerja. Karyawan jadi merasa tidak percaya diri dan tidak yakin sehingga berujung menyalahkan diri sendiri.

Hilangnya semangat bekerja

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa peristiwa layoff bisa berdampak menurunkan kepercayaan diri seseorang, hal ini bisa menyebabkan seseorang kehilangan semangat untuk mencari pekerjaan baru. Tak hanya karyawan yang terdampak layoff saja, karyawan yang tak terkena layoff pun bisa menjadi khawatir akan kemungkinan dirinya mengalami hal yang sama dengan rekan kerjanya. Sehingga, berujung mengalami ketidakpercayaan terhadap perusahaan dan menjadi hilang semangat untuk bekerja.

Nah Klobbers, itulah beberapa dampak yang mungkin dirasakan oleh karyawan-karyawan yang terkena layoff. Hal tersebut sangat wajar dirasakan karena tak ada satupun pekerja yang ingin mengalami pemutusan kerja secara tiba-tiba. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita mengatasi keadaan tidak menyenangkan tersebut dan menjadikannya sebagai batu loncatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semangat ya!

Jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya hanya di Blog by Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.