Blog post

Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

06/12/2022Rahmat S

Hi, Klobbers! Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang pentingnya belajar bahasa inggris untuk pengembangan karir di dunia kerja. Nah pada artikel ini, akan membahas langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk meningkatkan salah satu keterampilan bahasa inggris, yaitu menulis. Karena keterampilan menulis bahasa Inggris yang baik, dapat memberikan kesan pertama yang positif pada rekruter. Keterampilan ini juga dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan wawancara kerja. 

Yuk ikuti tips dibawah ini untuk meningkatkan keterampilan menulis, sebelum kamu melamar pekerjaan.

Buat Garis Besar Pemikiran 

Menguraikan pemikiran kedalam bentuk susunan ide merupakan langkah penting yang perlu kamu lakukan dalam proses penulisan, bahkan oleh para profesional sendiri. Dengan meluangkan waktu untuk menguraikan tulisanmu, kamu dapat memastikan bahwa tulisanmu mencakup keseluruhan topik yang ingin kamu sampaikan tanpa menyertakan detail yang tidak perlu. Selain itu dengan mencatat beberapa catatan singkat tentang topik yang ingin kamu sampaikan dapat menghemat waktumu nantinya.

Buat Tetap Sederhana

Luangkan waktu untuk memikirkan keseluruhan topik yang ingin kamu sampaikan sebelum membuatnya. Membuat kamu menjadi lebih mudah untuk mencapai kesederhanaan dalam tulisanmu. Namun, karena banyak dari kita menulis dengan cara kita berbicara, tulisan kita mudah menjadi bertele-tele. Untuk itu saat kamu menulis pastikan tanyakan pada diri sendiri apakah setiap kata atau kalimat penting untuk poin yang ingin kamu buat sudah sesuai atau belum.

Antisipasi Pertanyaan Pembaca

Saat kamu menulis, antisipasi pertanyaan yang mungkin diajukan pembaca jika mereka tidak mengenalmu atau baru pertama kali membaca tulisanmu. Untuk langkah ini, sebaiknya minta orang lain membaca draft tulisanmu untuk memastikan apakah makna yang ingin kamu sampaikan dapat mudah dipahami oleh orang lain. 

Sertakan Kata-Kata Tindakan yang Kuat

Gunakan kata kunci tertentu yang dapat kamu sertakan dalam surat lamaran dan resume untuk membantu kamu menonjol dari kandidat lainnya. Kata-kata ini membantu memberi rekruter ide yang lebih baik tentang bagaimana memberikan nilai padamu dalam peran lain, seperti tercapai, terselesaikan, aktif, dll.

Proses Tulisanmu

Biarkan dirimu untuk menulis dengan bebas sambil membuat draf pertama. Fokus pada gambaran besar yang ingin kamu sampaikan. Berikan detail yang mendukung dan berikan konteks pada ide tersebut. Kemudian, selama proses penulisan, pikirkan baik-baik apakah setiap kalimat diperlukan. Cari kata dan frasa pengisi yang bisa dihilangkan. Cobalah membaca tulisanmu keras-keras untuk mendengar bunyinya dan temukan kesalahan ketik atau kesalahan tata bahasa yang tersisa.

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.