Blog post

3 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

06/12/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Dunia kerja terus bergerak mengikuti perkembangan jaman. Dengan pergerakan tersebut, semuanya terasa cepat dan kita dituntut untuk beradaptasi. Demi memenuhi tuntutan tersebut, penting bagi kita untuk mencapai produktivitas dan juga efisiensi kerja. 

Nyatanya, banyak perusahaan yang masih kesulitan dalam memenuhi produktivitasnya. Berikut merupakan beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas kantor, agar kamu dan rekan kerja kamu tetap terorganisir walaupun sedang sibuk.

Menghilangkan Gangguan

Banyak rekan kerja memang menyenangkan, namun hal ini juga bisa menjadi salah satu penyumbang gangguan terbesar dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Bergosip, suara bising, dan lapar ditengah-tengah bekerja, seringkali dialami oleh karyawan yang bekerja di kantor. 

Berbicara dengan teman kantor dan memberi sedikit waktu untuk istirahat memang baik. Hal ini dapat meredakan stres dan juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Namun, jika hal ini dilakukan terlalu banyak dan tidak memiliki kontrol, maka hal ini menjadi penyumbang besar dalam mengganggu produktivitas kerja. 

Dalam mengatasi hal ini, kamu perlu membatasinya. Jika kamu mudah terganggu dengan suara bising dari luar, kamu dapat menggunakan headset atau headphone. Selain itu, kamu bisa mulai dengan berpindah ke ruang yang lebih kecil, dan tidak banyak orang, sehingga bisa fokus menyelesaikan tugas. 

Mengoptimalkan Ruang Kerja

Setiap orang bekerja secara berbeda. Beberapa orang membutuhkan struktur meja mereka sendiri, agar dapat fokus dan optimal dalam bekerja. Beberapa orang senang berpindah-pindah ruang bekerja, agar menemukan suasana baru, dan fokus dalam bekerja. 

Apapun tipenya, mengoptimalkan ruang kerja, merupakan hal yang baik, agar kinerja karyawan juga bertambah. Ruang kerja yang dirancang dengan baik, dapat meningkatkan produktivitas kerja hingga 20%.

Lingkungan fisik adalah faktor nomor satu dalam menentukan kemampuan karyawan untuk tetap fokus. 

Membersihkan Meja Kantor

Selama kita sibuk, tidak jarang ruang kerja menjadi lebih berantakan. Namun, membiarkan kekacauan menumpuk dapat berarti bahwa kita juga memiliki suasana kacau dan menurunkan rasa malas dalam bekerja. Hal ini tentunya dinilai kurang baik dalam produktivitas kerja.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa produktivitas dan pendapatan menurun ketika meja kerja tidak tertata dengan rapi. Meluangkan waktu untuk membereskan ruang kerja kamu, memungkinkan untuk memulai di hari berikutnya lagi, dan memastikan kamu tidak terganggu oleh serangkaian dokumen,bungkus camilan yang berserakan atau gelas kosong.

Produktivitas berperan penting bagi kinerja kita dan dengan adanya gangguan, hal ini dapat menurunkan produktivitas dan pendapatan dari perusahaan dimana kita bekerja. Ambil langkah-langkah untuk mendorong produktivitas tim kerja kamu, dengan meningkatkan moral karyawan, mendorong perilaku yang lebih sehat, mengoptimalkan ruang kerja, dan merancang alur kerja yang lebih baik.

Cobalah untuk melakukan perubahan di kantor kamu, tetapi perlu waktu untuk terbiasa dengan kondisi kerja yang baru. Jika kamu terjebak pada rutinitas yang baru, ulangi prosesnya sampai menjadi kebiasaan. 

Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menjadi lebih baik dan lebih produktivitas dalam bekerja. Good Luck, Klobbers!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.