Blog post

Ide Perubahan Kantor untuk Tahun Baru

05/12/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Pernahkah kamu memperhatikan suasana keseharian kantor mu? Apakah kantor kamu dirasa perlu perubahan? Atau sudah cukup baik? Bagaimana tata letak ornamen di kantormu? Apakah perlu penataan ulang atau bahkan renovasi? Tidak hanya ornamen saja, namun bagaimana relasi dengan rekan kerjamu? Apakah ada hal-hal yang perlu dikembangkan? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang mengundang adanya perubahan di setiap kesempatan. Apalagi, sebentar lagi kita memasuki tahun baru, sehingga ada baiknya kamu membuat list mengenai apa saja yang perlu diubah dan ditingkatkan di kantor kamu. 

Hal ini penting, dikarenakan dengan adanya perubahan, maka kantor kita dinilai tidak tertutup dan selalu mengikuti tren, serta kantor kita juga terus berkembang menjadi yang terbaik. Di artikel kali ini, kita akan membahas beberapa ide yang bisa kamu terapkan atau menjadi landasan untuk perubahan kantor kamu. 

Ruang Kerja

Apakah ruang kerja kamu memiliki tipe yang tradisional? Atau sudah modern? Ruang kerja memiliki peran penting dalam membantu produktivitas kerja. Ruang kerja yang baik, adalah ruang kerja yang dapat sesuai dengan indra penglihatan, sentuhan, penciuman, dan pendengaran kita. Ada baiknya jika ruang kerja memiliki pantry, agar jika kelelahan, kita bisa berkunjung ke pantry untuk sekedar mengambil snack dan membuat minuman. Pantry juga berfungsi untuk kegiatan makan siang bersama dengan rekan kerja.

Dengan adanya pantry, kita juga dapat membatasi kapan waktu kita untuk makan dan kapan waktu kita untuk bekerja.Selain itu, pencahayaan dan warna juga dapat mempengaruhi kinerja kita. Beberapa warna memiliki dampak yang positif pada lingkungan fisik tempat kita bekerja. Ruang kantor yang terlalu gelap atau terlalu terang juga dapat mempengaruhi kinerja kita. Sehingga, hal-hal kecil ini harus kita perhatikan, dan juga dapat diubah agar kesan dari ruang kerja kita lebih baik.

Temperatur Ruangan

Pernahkah kamu merasa ruangan kerja kamu terlalu dingin? Atau bahkan terlalu panas? Jika pernah mengalaminya, inilah saat yang tepat untuk mengatur suhu ruangan. Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, menyebabkan kita tidak fokus untuk bekerja. Jika suhu panas, tubuh akan dibanjiri oleh keringat dan kita akan terlihat gelisah dalam bekerja, sebaliknya jika suhu terlalu dingin, kita akan selalu mencari cara untuk menghangatkan badan. Tentunya, perilaku tersebut membuat kita tidak fokus untuk bekerja. Health, Safety, Environment (HSE) yang dikutip dari Sehatq.com, menyebutkan bahwa suhu ruangan kantor yang baik berkisar antara 20-25 derajat Celcius.

Budaya Perusahaan

Bekerja di kantor merupakan suatu rutinitas dan kebutuhan. Tentunya dengan bekerja, kita mendapatkan gaji dan dapat melanjutkan kelangsungan hidup. Namun, apakah hal tersebut cukup? lebih baik lagi jika kita meningkatkan pandangan kita.  Akan lebih menyenangkan jika kita bekerja karena kita menyukai pekerjaan yang kita miliki, dan juga mencintai perusahaan tempat dimana kita bekerja. Untuk mencapai hal tersebut, kita harus meningkatkan budaya perusahaan.

Untuk kantor yang memiliki sedikit pekerja, cobalah untuk menambah pekerja baru, agar tim kamu lebih semangat. Mencari pekerja untuk perusahaan, bukan hanya melihat dari kemampuan dan bakat yang ada, namun kamu juga harus mencari apakah karyawan tersebut cocok jika bekerja dengan tim yang kamu miliki. Buatlah karyawan kamu tetap semangat ketika bekerja di kantor, dan tetap membuat suasana kantor tetap produktif. 


Nah, itulah Klobbers, beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan kantor yang kamu milili mejelang tahun baru. Kamu bisa memulainya dari salah satu dari ketiga pilihan di atas. Ajukan ide ini ke pihak yang berwenang, agar ide kamu dapat berjalan dengan baik. Good Luck, Klobbers!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.