Blog post

Berbagai Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Barista

03/12/2022Dwi

Halo Klobbers!

Salah satu bisnis dari sektor makanan dan minuman dalam industri hospitality yang saat ini cukup berkembang ialah bisnis kedai kopi. Selain rasanya yang enak, kopi juga memiliki berbagai manfaat. Menikmati kopi di kedai kopi atau kafe mungkin menjadi gaya hidup atau bahkan kebutuhan bagi sebagian orang. Apakah ada Klobbers yang juga hobi mengonsumsi kopi secara rutin?

Bisnis kedai kopi atau kafe yang semakin menjamur tentunya juga membuka peluang pekerjaan, salah satunya ialah barista. Barista merupakan orang yang bertanggung jawab dalam meracik dan membuat minuman. Biasanya, jenis minuman yang disajikan oleh barista ialah kopi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa barista menjadi salah satu faktor utama dari keberhasilan sebuah kedai kopi. Nah, profesi ini pun nampaknya menjadi salah satu pilihan profesi yang diminati oleh generasi muda.

Mungkin ada sebagian orang yang menganggap bahwa menjadi seorang barista tidaklah sulit. Namun, kenyataannya tidaklah demikian. Bukan hanya meracik kopi, namun peran seorang barista bisa sangat beragam.

Mulai dari menyiapkan kafe menjelang buka, menerima pesanan dan melayani transaksi dari customer, membersihkan ruang kerja dan peralatan yang digunakan, hingga membereskan kafe atau kedai kopi menjelang tutup. Oleh karena itu, ada berbagai skill yang perlu dikuasai apabila kamu ingin menjadi seorang barista profesional. Ingin tahu apa saja skill yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi berikut ini!

Memahami Jenis-Jenis Kopi

Seorang barista tentunya harus memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis kopi. Jika kamu ingin menjadi barista karena memiliki ketertarikan atau kecintaan akan kopi, maka kamu juga akan mencari tahu keistimewaan dari biji kopi. Biji kopi memiliki karakteristiknya tersendiri. Mulai dari bagaimana biji kopi yang baik untuk sajian kopi tertentu, perbedaan karakter tingkat roasting biji kopi, cara menyimpan biji kopi agar tetap segar saat diseduh, dan lain sebagainya.

Kemampuan Mengoperasikan Mesin Pengolah Kopi

Ada berbagai alat yang digunakan dalam proses pembuatan kopi. Beberapa contohnya yaitu penggiling kopi (coffee grinder), timbangan, alat penyaring kopi (coffee filter), dan teko. Kemudian, ada pula berbagai jenis metode pembuatan kopi yang tentunya masing-masing metode tersebut akan membutuhkan alat yang berbeda juga. Beberapa metode pembuatan kopi dan alatnya antara lain yaitu V60, Vietnam Drip, French Press, dan mesin espresso atau coffee maker.

Nah, jika ingin menjadi barista, maka kamu perlu mengetahui dan memahami berbagai metode dan alat yang digunakan untuk mengolah kopi. Tidak hanya memahami, namun kamu juga harus mampu mengoperasikan berbagai alat tersebut. Namun, jika kamu masih belum familiar dengan hal ini, jangan khawatir. Kamu bisa mengikuti pelatihan untuk menjadi barista, baik secara online maupun offline.

Kemampuan Menyeduh Kopi

Mungkin ada Klobbers yang menganggap bahwa menyeduh kopi merupakan hal yang sederhana atau mudah. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak demikian. Menyeduh kopi juga memerlukan banyak pertimbangan. Seorang barista harus memiliki wawasan luas yang berkaitan dengan biji kopi dan alat seduh kopi. Perlu mempertimbangkan rasio air berbanding bubuk kopi, suhu air seduhan yang potensial, hingga bagaimana teknik menyeduh kopi dengan menggunakan alat kopi tertentu.

Komunikasi

Sebagai barista, kamu harus bisa berkomunikasi dengan customer dan juga rekan kerja. Kamu perlu berkomunikasi untuk melayani pesanan customer dan membangun hubungan yang baik dengan mereka. Hal ini menjadi penting agar customer merasa senang dan puas dengan pelayanan yang diberikan sehingga mau untuk datang kembali.

Selain itu, kemampuan komunikasi diperlukan juga saat bekerja. Jika komunikasi kamu tidak baik dengan sesama rekan kerja, maka dapat menganggu pekerjaan yang dijalani. Bukan hanya itu, bahkan bisa saja berdampak pada pelayanan dan kualitas kopi yang disajikan kepada customer.

Attention to Detail

Pada umumnya, sebuah kedai kopi sudah memiliki menu sebagai panduan bagi customer dalam memesan menu minuman. Namun, terkadang seorang barista juga akan mendapat permintaan khusus dari customer dalam menyajikan kopi.

Jika tidak teliti, maka kamu akan merasa kesulitan saat meracik kopi yang sesuai dengan permintaan khusus customer. Selain itu, seorang barista juga perlu melakukan perhitungan komposisi bahan dalam menyajikan kopi. Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang barista untuk memperhatikan detail agar dapat menyajikan kopi yang enak serta memenuhi permintaan customer.

Kerja Sama Tim (Teamwork)

Kemampuan bekerja sama dalam tim (teamwork) merupakan salah satu skill yang diperlukan dalam dunia kerja, termasuk jika kamu memilih profesi sebagai barista. Hal ini dikarenakan sebuah kedai kopi atau kafe memiliki tim kerja yang akan terlibat dalam proses membuat kopi dan berjalannya bisnis sehari-hari. Dengan demikian, kemampuan teamwork merupakan salah satu faktor yang mendukung kesuksesan kamu dalam bekerja.

Nah Klobbers, itulah informasi mengenai beberapa skill yang diperlukan apabila kamu ingin menjadi seorang barista. Meskipun tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Profesi ini dapat menjadi salah satu pilihan apabila kamu benar-benar menyukai kopi dan ingin menekuni bisnisnya.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang barista? Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber 

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.