
Positive Attitude di Dunia Kerja: Mengapa Penting?
Hi Klobbers!
Selain memiliki berbagai skill, ada satu hal yang terlihat sederhana namun dapat memberikan dampak yang cukup besar saat di dunia kerja. Nah, hal tersebut ialah sikap yang positif (positive attitude). Apakah Klobbers sudah familiar dengan hal ini?
Positive attitude dapat diartikan sebagai pikiran yang fokus dalam membayangkan hasil yang positif sehingga bisa membantu kamu untuk melihat hal baik dalam setiap situasi dan tidak terlalu memikirkan hal-hal negatif. Dalam dunia kerja, positive attitude dapat diartikan sebagai opini atau perasaan yang positif mengenai lingkungan kerja.
Nah, apa yang kamu rasakan terkait pekerjaan bisa memengaruhi perilaku dan kesuksesan dalam bekerja. Jika kamu memiliki positive attitude, maka kamu akan semangat bekerja dan memiliki keinginan untuk mencoba hal baru serta berkontribusi di bidang kamu.
Memiliki positive attitude memang bukan berarti kamu akan lebih baik dalam pekerjaan yang dilakukan, namun bisa memengaruhi bagaimana cara orang lain memandang kamu sebagai individu. Jika kamu dapat diterima dengan baik di lingkungan kerja, maka rekan kerja atau orang lain di sekeliling kamu mungkin akan membantu dan menyemangati kamu untuk mencapai kesuksesan dalam bekerja. Kemudian, apa lagi manfaatnya? Bagaimana cara mengembangkan positive attitude? Yuk, simak informasi berikut!
Manfaat Positive Attitude dalam Bekerja
1. Mengurangi Stres
Saat bekerja, pasti ada berbagai tantangan yang dihadapi. Hal ini bisa menjadi pemicu stres (stressor) yang perlu kamu hadapi dan atasi. Nah, dengan mengubah reaksi kamu terhadap stressor dan berpikir positif, kamu cenderung akan lebih relaks dalam bekerja. Hal ini dikarenakan kamu dapat melihat tantangan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang, serta menemukan hal positif dalam feedback yang mungkin diterima.
2. Meningkatkan Kemampuan Decision-Making
Saat ada tantangan atau masalah yang terjadi, mungkin anggota tim lain akan merasa khawatir dan kewalahan dalam menghadapinya. Dalam situasi ini, positive attitude menjadi sangat penting. Individu yang berpikir positif akan lebih baik dalam problem-solving dan memotivasi orang lain untuk menghadapi dan mengatasi masalah yang dihadapi.
3. Meningkatkan Relasi dengan Klien/Customer
Jika pekerjaan kamu menuntut untuk banyak bertemu dengan klien atau customer, maka positive attitude bisa membantu kamu untuk meningkatkan hubungan dengan mereka. Sikap positif yang kamu tunjukkan akan membuat mereka merasa lebih nyaman. Dengan demikian, positive attitude memungkinkan kamu untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain dan memeliharanya dalam jangka waktu yang lama.
4. Memotivasi Orang Lain
Menunjukkan positive attitude dapat menginspirasi orang lain untuk meninggalkan kebiasaan negatif dan mengikuti sikap positif yang kamu tampilkan. Selain itu, bisa juga membantu kamu untuk lebih bersabar dalam menghadapi dan membantu orang lain. Jika semakin banyak orang yang terinspirasi dan ikut menujukkan positive attitude, maka akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman.
5. Meningkatkan Produktivitas
Orang yang memiliki positive attitude cenderung lebih produktif dalam bekerja. Mereka akan bersedia mengerjakan tugas atau project yang menantang namun memberikan manfaat. Jika kamu bisa menjaga pikiran agar tetap fokus dan tidak terlalu terdistraksi oleh pikiran negatif, maka akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Nah, hal ini juga bisa memotivasi rekan kerja lain untuk bekerja dengan lebih semangat dan menyelesaikan berbagai pekerjaan yang ada.
Bagaimana Cara Mengembangkan Positive Attitude dalam Bekerja?
Menghindari Hal Negatif
Salah satu cara untuk menjaga dan mengembangkan positive attitude di lingkungan kerja ialah dengan sebisa mungkin menghindari hal negatif. Mungkin ada beberapa orang yang kamu rasakan membawa energi negatif dan cenderung pesimis dalam menghadapi hidupnya, bahkan mungkin sampai memengaruhi rekan kerja lainnya. Oleh karena itu, jika kamu terus-menerus terpapar hal ini, maka mungkin saja kamu juga akan terpengaruh.
Kemudian, sebaiknya hindari juga untuk menggosipkan rekan kerja lain. Jika kamu terus mengkritik dan fokus pada kekurangan diri seseorang, maka akan sulit untuk menjaga perasaan dan sikap yang positif terhadap orang lain.
Mengurangi Mengeluh
Apabila fokus pada hal negatif dan terus mengeluh, maka akan menghalangi kamu dari melihat potensi atau solusi positif dalam situasi yang dihadapi. Kamu bisa coba mengubah cara berpikir mengenai situasi sulit yang terjadi sebagai sebuah tantangan yang dapat diatasi.
Tersenyum
Tersenyum dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan mood kamu dan begitu juga sebaliknya. Saat kamu tersenyum pada orang lain, bisa membuat mereka meniru ekspresi wajah yang kamu perlihatkan. Dengan demikian, tidak hanya mood kamu yang semakin baik, namun bisa membuat mood orang lain menjadi lebih baik juga.
Beristirahat yang Cukup
Jika kamu merasa lelah, maka beristirahatlah sejenak. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk terus-menerus bekerja sehingga menjadi kelelahan atau burnout. Hal ini menjadi penting agar kamu memiliki energi yang cukup untuk dapat produktif dan menunjukkan positive attitude saat bekerja.
Bersyukur
Bersyukur menjadi salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan sikap yang positif. Bukan hanya dalam dunia kerja, namun hal ini juga bisa dilakukan dalam kehidupan pribadi kamu. Dengan fokus pada kebaikan atau hal-hal baik yang terjadi, akan membuat kamu lebih sabar dan positif dalam menghadapi berbagai situasi negatif.
Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk melatih rasa bersyukur ialah dengan menulis berbagai hal yang kamu syukuri. Kamu bisa merasa bersyukur terhadap orang-orang, pengalaman, atau berbagai hal baik yang kamu miliki.
–
Nah Klobbers, itulah informasi seputar positive attide di dunia kerja, mulai dari beberapa manfaat hingga tips untuk menerapkannya. Positive attitude bukan hanya tentang cara kamu berpikir, namun juga bagaimana cara kamu bersikap dengan cara yang positif.
Dalam dunia kerja, positive attitude juga bermanfaat saat kamu beradaptasi di tempat kerja baru. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengurangi stres dari berbagai tantangan atau situasi sulit yang dihadapi selama proses beradaptasi.
Memiliki positive attitude ternyata tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, namun juga bisa menginspirasi dan memengaruhi orang lain untuk bersikap positif juga. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa bersikap positif sepanjang waktu.
Diperlukan usaha untuk bisa menjaga positive attitude. Namun, mengingat berbagai manfaatnya, hal ini menjadi sangat layak untuk kamu pertimbangkan dan terapkan dalam dunia kerja. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!