Blog post

Apakah Kamu Sudah Kenal 4 Jenis Sukses Ini?

01/12/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Sukses adalah tujuan hidup sebagian besar dari kita, tapi apa sih definisinya? Konsep “sukses” adalah sesuatu yang luas dan mencakup semua aspek kehidupan kita. Setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang apa yang mereka perhitungkan sebagai sukses. Ada orang-orang dengan bayangan sukses yang mengutamakan gaji besar dan harta melimpah, demikian ada juga yang mengutamakan keluarga besar yang akur dan tentram. Jelas dari berbagai definisi berbeda ini bahwa sukses itu lebih dari sekadar satu-dua hal. Kesuksesan ada dalam berbagai bentuk dan pentingnya masing-masing bentuk ini berbeda dari orang ke orang. Di sini kita akan mengeksplorasi kesuksesan dalam segala bentuknya yang berbeda. 

1. Kesuksesan Ekonomi & Karier

Bentuk kesuksesan yang paling gampang dipahami dan disetujui secara umum dalam. Konsep ini terkait dengan hal-hal seperti: memiliki pekerjaan yang stabil, berpenghasilan tinggi, tabungan besar, dan juga harta benda. Namun ini tidak berarti kamu memerlukan harta berlimpah dan barang-barang mewah untuk menjadi sukses. Selama kamu menghasilkan cukup uang untuk menghidupi keluarga dan gaya hidup kamu, memiliki dana darurat, dan uang belanja yang cukup, kamu sudah mendekati bentuk sukses ini. 

2. Kesuksesan Keluarga & Komunitas

Manusia membutuhkan koneksi sosial untuk bertahan dan berkembang dalam kehidupan sehari-hari. Merasa terisolasi dan kesepian bisa sangat merusak kesehatan mental kita serta membuat beberapa tugas sehari-hari menjadi lebih sulit. Inilah sebabnya mengapa memiliki sistem pendukung (support system) keluarga dan teman yang stabil dan erat itu penting. Orang-orang di sekitarmu dapat mempengaruhi tindakan, pengambilan keputusan, dan kebahagiaan kamu secara keseluruhan. Mempertahankan hubungan yang sehat dengan orang-orang ini pastinya sangat penting.

3. Kesuksesan Fisik

Bentuk kesuksesan ini berfokus pada kesehatan fisik kamu. Hal-hal yang terkait termasuk: memiliki akses ke air bersih dan makanan bergizi, memiliki pola makan yang sehat, menjalani gaya hidup aktif, dan memiliki sumber daya yang cukup untuk dapat mengunjungi dokter bila diperlukan. Dari sekian banyak bentuk kesuksesan, ini seringkali dianggap paling penting untuk dimiliki. Keadaan tubuh kita mempengaruhi semua aspek lain dalam kehidupan kita termasuk pencapaian semua bentuk kesuksesan yang kita inginkan dalam hidup.

4. Kesuksesan Batin

Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting. Ini termasuk memiliki pandangan positif, growth mindset, dan keberanian untuk menjelajahi jalan baru. Spiritualitas dan agama juga bisa termasuk dalam kategori sukses ini karena berfokus pada pencarian kedamaian batin (inner peace). Inner peace dapat memberimu pencerahan yang lebih baik untuk menetapkan tujuan dan mencapai semua yang kamu inginkan dalam hidup.  

Sukses hadir dalam banyak bentuk dan definisi sukses bagi setiap orang adalah kombinasi dari berbagai bentuknya yang tercantum di atas. Tidak ada dua orang yang memiliki gambaran sukses yang sama, bahkan di antara mereka yang memprioritaskan bentuk kesuksesan yang sama. Sukses, secara keseluruhan, adalah hal yang bersifat pribadi dan cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan fokus pada dirimu sendiri tanpa membandingkan diri kamu dengan orang lain. Tetapkan standar-standar kesuksesan kamu sendiri dan bekerja keras menuju masa-depan itu. Kamu pasti dapat mencapai impian kamu selama tidak menyerah. Jadi, apa gambaran sukses bagimu, Klobbers?

 

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.