Blog post

Skill Dasar Apa yang Dibutuhkan oleh Seorang Editor?

30/11/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Tahukah kamu? editor adalah seseorang yang mengkritik dan menyempurnakan konten tertulis sesuai dengan pedoman khusus. Mereka biasanya mengoreksi kesalahan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa penulis, lalu memberikan verifikasi informasi yang disajikan dalam artikel atau cerita. Umumnya, editor memiliki gelar dalam bahasa Inggris, jurnalisme, dan bidang yang serupa. Setelah memiliki gelar tersebut, mereka dapat menemukan posisi pekerjaan di berbagai industri seperti pemasaran atau hiburan. Selain itu, editor biasanya mengerjakan blogs, halaman web, majalah, buku, dan jurnal akademis. 

Jika kamu ingin menjadi seorang editor, tentunya kamu membutuhkan skill atau bisa belajar untuk mengasah skill yang dibutuhkan seorang editor. Yuk kita simak di bawah ini!

Berorientasi pada Detail

Editor yang terampil biasanya berorientasi pada detail. Dalam hal ini, editor akan membaca keseluruhan cerita, kemudian memperbaiki kesalahan yang ada, sebagai contoh tanda baca, bahasa, dan kesalahan ejaan. 

Kreativitas

Sebagai editor, kamu harus paham cara menyusun teks yang menarik, agar pembaca tidak merasa bosan dan pesan tersampaikan. Sebagai editor, kamu juga harus memahami konsep desain, agar bisa memberikan foto, dan ilustrasi apa yang bisa masuk ke dalam teks. 

Kemampuan Meneliti

Kemampuan penelitian tidak hanya dimiliki oleh peneliti. Editor yang baik, berarti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan dapat memperoleh pengetahuan yang mendalam dari suatu subjek. Pengetahuan tersebut bisa digunakan ketika kamu ingin memberikan revisi, sehingga dapat memberikan fakta yang sudah tervalidasi. Hal ini melibatkan proses verifikasi terhadap berita atau dokumen yang dicari. 

Bekerja dengan Cepat dan Tepat

Bukan hanya menguasai software editing, namun menjadi seorang editor harus dapat bekerja dengan cepat. Biasanya, editor diminta untuk bekerja secara cepat dalam memberikan revisi konten. Selain cepat, menjadi editor juga harus teliti dan tepat, agar hasilnya baik. 

Kolaboratif

Menjadi editor, biasanya terjun dalam dunia kreatif dan memiliki peluang besar berada di industri karya visual. Tim yang dimiliki dapat terdiri dari produser, sutradara, penulis naskah, kameramen, soundman, dan lainnya. Sehingga editor juga diharapkan dapat bekerjasama dengan tim dan bisa menerima kritik atau memberi masukan kepada tim kerja. 

Nah itulah Klobbers, skill dasar yang harus dimiliki jika kamu ingin menjadi seorang editor! Mulailah dari hal kecil, dan pastikan kamu menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Good Luck, Klobbers.

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.