Blog post

Berikut Cara Meningkatkan Minat Kerja Karyawan

28/11/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Pandemi membawa dampak yang signifikan bagi kehidupan sehari-hari dan juga kehidupan di dunia kerja. Karyawan terbiasa bekerja dari rumah, namun tidak sedikit mereka yang rindu untuk bekerja di kantor. Kerinduan untuk bekerja di kantor juga disertai keraguan, karena tidak tahu gambaran bagaimana bekerja di kantor. Sehingga, ketika perusahaan mengungumkan untuk kembali bekerja di kantor, banyak karyawan yang merasa bingung. Di artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mendorong minat kerja karyawan untuk kembali ke kantor setelah pandemi. 

Peningkatan di Bidang Sosial dan Karir

Bekerja di kantor berarti juga bertatap muka dengan rekan kerja dan berdiskusi bersama. Aktivitas dengan rekan kerja dapat menambah keakraban, sehingga dapat meningkatkan kehidupan sosial karyawan. Meskipun kita dapat berbicara dan berdiskusi secara online, namun kebersamaan akan terasa lebih hangat jika kita bertemu langsung. 

Berada di kantor, juga dapat meningkatkan karir karyawan. Bimbingan secara langsung, dan peluang untuk memperluas jaringan semakin tinggi. Hal ini dapat berdampak pada karir yang kamu miliki. Semakin banyak orang yang kita temui, maka semakin besar peluang kita untuk menambah informasi dan berkembang dalam dunia kerja. 

Dalam hal ini, kantor bisa mengadakan acara pertemuan, agar meningkatkan minat kerja dan sosialisasi karyawan. Dengan adanya acara, karyawan juga dapat mengenal satu sama lain lebih dalam. Ketika karyawan akrab satu sama lain, mereka akan menemui satu makna untuk pergi ke kantor. 

Mendengarkan Karyawan

Ketika mereka merasa takut untuk kembali Work From Office(WFO), dengarkan keluhan mereka dan pahami. Berikan waktu untuk tetap Work From Home (WFH) kemudian jelaskan kepada mereka pentingnya berkolaborasi secara langsung, dan menjaga interaksi langsung untuk tujuan bisnis yang baik.

Selain itu, jelaskan kepada karyawan langkah-langkah keamanan yang diterapkan oleh perusahaan, agar ketika karyawan bekerja, mereka akan merasa lebih aman. 

Menerapkan Waktu yang Fleksibel

Setelah mendengarkan keluhan yang karyawan hadapi di masa pandemi. Perusahaan dapat menerapkan sistem hybrid, agar karyawan tidak merasa tertekan dan terpaksa untuk selalu berada di kantor. 

Dengan adanya sistem hybrid, hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan karyawan akan merasa dimengerti. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, sehingga mereka perlahan akan siap kembali untuk bekerja di kantor. 

Menyediakan “Rewards” saat berada di Kantor

Ketika karyawan memutuskan untuk pergi ke kantor, kita dapat memberikan beberapa rewards sebagai tanda terima kasih dan mendorong mereka untuk tetap semangat bekerja di kantor. Sebagai contoh, sediakan kopi gratis atau cemilan untuk dinikmati bersama.

—-

Keselamatan memang penting, namun sebagai manusia, kita tentu butuh orang lain untuk bersosialisasi, begitu juga dengan pekerjaan. Semakin akrab dan mengenal rekan kerja, maka pekerjaan kita juga semakin cepat selesai dan memberi output yang baik bagi perusahaan. Good Luck untuk mencoba, Klobbers!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.