Blog post

Apa yang Harus Dipersiapkan Saat Business Trip?

27/11/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali istilah yang muncul dalam dunia kerja. Salah satunya adalah “business trip.” Business trip merupakan kegiatan yang  liburan sambil melakukan aktivitas kerja. Aktivitas kerja yang dimaksud dapat berupa mencari ide bisnis baru, memperluas jaringan bisnis dan pangsa pasar. 

Pendapat mereka tentang Business Trip

Banyak yang beranggapan, business trip merupakan aktivitas yang menyenangkan. Nyatanya, banyak yang merasa bahwa aktivitas tersebut melelahkan. Dengan adanya business trip, maka kita tidak sempat mengerjakan pekerjaan yang menanti di kantor, dan terkadang kita akan merasa kewalahan, karena tentunya mendapat tugas baru.

Berikut tips yang harus kamu ketahui, agar dapat mempersiapkan business trip yang baik

Membuat Perencanaan yang Matang

Dengan adanya business trip, berarti kamu memiliki tugas dan tanggung jawab yang baru. Sehingga, kamu harus menyiapkan perencanaan yang baik. Perencanaan yang dimaksud dapat merupakan rundown kegiatan saat business trip atau prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan selama business trip berlangsung. Dengan adanya perencanaan, kamu tidak akan khawatir dan merasa kewalahan terhadap pekerjaan-pekerjaan yang akan kamu hadapi.

Gadget untuk Bekerja

Jika kamu melakukan perjalanan business trip, tentunya kamu akan membawa laptop atau tablet untuk bekerja. Selain itu, kamu harus mempersiapkan alat-alat untuk menunjang kamu bekerja, antara lain yaitu; earphone, powerbank, dan charger. Hal tersebut penting, karena dalam business trip, kita akan sering berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Selain teknologi, kamu juga harus menyiapkan kuota internet yang baik. Sehingga, saat tidak ada wi-fi di tempat tertentu, kamu dapat menggunakan internet yang kamu miliki. 

Menyiapkan Materi Kerja

Setelah membuat perencanaan yang matang, kamu dapat menyiapkan materi kerja kamu. Materi dapat disiapkan dalam bentuk softcopy atau hardcopy, sesuai kebutuhan. Dengan adanya business trip, kamu dituntut untuk lebih efektif dalam melakukan pekerjaan. Sesampainya di tempat tujuan, terkadang kita tidak sempat untuk melakukan hal-hal kecil, seperti membuat presentasi atau melakukan print dokumen. 

Berikut hal-hal penting yang perlu dipersiapkan saat business trip, agar kamu tidak kewalahan dalam melaksanakannya. Selain mempersiapkan pekerjaan, tentunya kamu dapat mempersiapkan akomodasi dan diri kamu selama perjalanan.

Baca juga: Apa yang Harus Dipersiapkan saat Business Trip (Bagian 2)

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.