Blog post

Tips Mengatasi Rasa Insecure dalam Bekerja

26/11/2022Dwi

Hi Klobbers!

Apakah kamu pernah merasa tidak aman atau insecure dalam bekerja? Penyebabnya bisa saja beragam, mungkin mengenai hubungan dengan rekan kerja, pencapaian atau kinerja diri, dan lain sebagainya. Bagaimanapun juga, merasa insecure saat bekerja akan membuat kamu merasa tidak nyaman sehingga bisa saja memengaruhi semangat atau produktivitas kamu.

Hal tersebut tentu sangat tidak menyenangkan, terlebih lagi jika sampai mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Apakah mungkin ada Klobbers yang sedang merasakan hal ini? Ingin tahu bagaimana cara untuk mengatasinya? Yuk, simak informasi berikut!

Menerima Insecurity yang Dirasakan

Mungkin sebagian orang ada yang menyangkal perasaan insecure atau bahkan mungkin tidak sadar bahwa dirinya sedang merasa insecure. Namun, harap diingat bahwa perasaan insecure merupakan hal yang wajar dan setiap orang bisa merasakannya. Oleh karena itu, kenali perasaan insecure yang sedang dihadapi dan terimalah. Menerima bahwa diri kamu sedang merasa insecure dapat membantu kamu untuk lebih siap menghadapinya.

Cari Tahu Apa Penyebabnya

Seperti yang sudah disebutkan di awal, rasa insecure dalam bekerja bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Dengan demikian, penting sekali untuk memahami apa yang menjadi penyebabnya sehingga kamu bisa mengidentifikasi cara yang paling efektif untuk mengatasinya. Beberapa penyebab rasa insecure di tempat kerja antara lain ialah mengenai gaji, beban kerja, pengakuan atau apresiasi, hubungan dengan rekan kerja atau klien, tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, dan lain sebagainya.

Hargai Usaha yang Telah Kamu Lakukan

Tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan direncanakan, termasuk dalam pekerjaan. Mungkin terkadang kamu membuat suatu kesalahan sehingga jadi merasa ragu terhadap kemampuan yang dimiliki. Wajar jika kamu merasa sedih atau kesal, namun jangan sampai lupa bahwa kamu juga telah berusaha dan berhasil melakukan hal lain dengan baik.

Mengingat berbagai keberhasilan atau tugas yang telah kamu selesaikan dengan baik dapat menjadi salah satu cara untuk menghadapi rasa insecure. Kamu bisa membuat daftar hal positif yang terjadi, seperti tugas-tugas yang selesai dengan tepat waktu maupun apresiasi yang kamu dapatkan. Hal ini bisa membantu kamu untuk bangkit kembali serta lebih bersemangat dalam meningkatkan kinerja.

Memelihara Hubungan dengan Orang-Orang Terdekat

Saat merasa insecure, kamu mungkin juga akan merasa kesepian, apalagi jika kamu baru masuk dalam lingkungan kerja tersebut. Jika demikian, mungkin saja kamu belum mendapatkan sosok yang tepat untuk menjadi support system di sana. Oleh karena itu, kamu juga perlu menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat di luar lingkungan kerja kamu.

Bisa saja keluarga, orang tua, sahabat, atau orang lain yang bisa kamu percaya dan memberikan support pada kamu. Mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat bisa membantu kamu untuk melepaskan stres maupun kecemasan yang dirasakan.

Membantu Rekan Kerja

Apakah kamu merasa insecure karena belum bisa membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, klien, atau atasan kamu? Jika merasa demikian, maka kamu bisa coba meningkatkan kualitas hubungan kamu dengan mereka. Bukan berarti kamu harus terlalu dekat atau menjadi teman terbaik, namun kamu perlu berusaha untuk mendapatkan apresiasi dan respect mereka sehingga bisa mengatasi insecure yang dirasakan.

Tunjukkan sikap yang positif saat berinteraksi di tempat kerja. Saat berkomunikasi, kamu bisa menerapkan active listening sehingga dapat benar-benar memahami dan menghargai apa yang mereka sampaikan. Menawarkan bantuan kepada rekan kerja yang mengalami kesulitan atau sekadar memperlakukan orang lain dengan baik dan respect bisa membuat mereka melakukan hal yang sama dengan kamu. Jika kamu bisa bersosialisasi dan membangun hubungan baik dengan rekan kerja, maka akan meningkatkan kepuasan di tempat kerja.

Berdiskusi dengan Atasan

Ada beberapa penyebab rasa insecurity yang muncul dan perlu didiskusikan dengan atasan untuk dapat mengatasinya. Misalnya mengenai gaji. Mungkin kamu ingin mendapat kenaikan gaji karena merasa beban kerja yang ada sudah tidak sesuai dengan gaji yang didapatkan. Contoh lainnya, mungkin kamu merasa insecure karena beban kerja yang diberikan sudah terlalu banyak sehingga kamu khawatir tidak akan bisa mengerjakan semuanya dengan baik. Atau, mungkin juga kamu merasa insecure mengenai career path di tempat kerja.

Jika kamu merasa terganggu karena masalah-masalah di atas, maka ada baiknya mendiskusikan hal tersebut dengan atasan kamu. Cobalah jujur terhadap kemampuan diri, harapan, atau tantangan yang kamu hadapi. Jika memungkinkan, kamu bisa menyiapkan data pendukung seperti prestasi kerja atau beban kerja yang kamu miliki beserta dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. Dengan berdiskusi, atasan kamu dapat lebih memahami kondisi yang kamu hadapi sehingga bisa membantu mencari solusi terbaiknya.

Nah Klobbers, itulah beberapa tips untuk mengatasi rasa insecure dalam bekerja. Merasa insecure di tempat kerja merupakan hal yang wajar kok, Klobbers. Hal yang penting ialah kamu dapat mengetahui apa sebenarnya yang menjadi kekhawatiran kamu sehingga bisa mencari cara untuk menghadapinya.

Jika kamu bisa mengatasi rasa insecure di tempat kerja, maka kamu bisa lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Tidak hanya itu, kamu juga bisa lebih memaknai pekerjaan yang dijalani serta lebih menikmatinya.

Akan tetapi, mungkin ada kondisi di mana kamu tidak dapat mengetahui apa sebenarnya penyebab insecurity yang dirasakan sehingga tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Lebih lanjut, jika kamu merasa bahwa rasa insecure tersebut sudah berdampak pada produktivitas dan bahkan kehidupan kamu sehari-hari, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari bantuan kepada tenaga profesional, seperti psikolog. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.