Blog post

Seberapa Penting Bahasa Inggris di Dunia Kerja?

24/11/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa banyak pekerjaan memiliki persyaratan bisa Bahasa Inggris? Di semua industri dan di berbagai posisi beda, banyak, meskipun tidak semua, mensyaratkan kandidat untuk bisa berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Ini terutama karena Bahasa Inggris merupakan bahasa bisnis internasional. Tetapi, sebenarnya seberapa penting si kemampuan Bahasa Inggris dalam dunia kerja? Berikut adalah beberapa keuntungan bisa berbahasa Inggris. 

Peluang Kerja Lebih Luas

Walaupun pasar kerja di Indonesia sudah sangat besar dan penuh peluang, masih lebih banyak peluang lagi yang bisa terbuka dengan kemampuan berbahasa Inggris. Misalnya, bekerja di Perusahaan Multinasional (MNC) pasti membutuhkan kemampuan bahasa Inggris karena mereka berurusan dengan kantor regional yang sering berlokasi di luar Indonesia. Selain itu, dengan penguasaan bahasa Inggris, kamu juga membuka peluang untuk bekerja di luar negeri.

Meningkatkan Daya Saing

Jika kamu benar-benar melatih kemampuan berbicara dan menulis Bahasa Inggris, kamu sudah memiliki kualitas calon terdepan di mata banyak rekruter. Selain itu, jika kamu ingin meningkatkan keterampilan pribadi, kamu akan menemukan bahwa sebagian besar materi pembelajaran online disampaikan dalam Bahasa Inggris. Kemampuan berbicara Bahasa Inggris memberi akses ke semua sumber pembelajaran ini yang dapat membantumu menambah atau meningkatkan keterampilan dan ilmu. 

Memudahkan Riset

Banyak pekerjaan memerlukan semacam bentuk penelitian. Jika kamu hanya dapat berbicara dalam satu bahasa, hasil pencarian kamu akan terbatas pada materi dalam satu bahasa kamu. Meskipun ini masih sangat berguna, perlu diingat bahwa jumlah materi yang jauh lebih besar dapat ditemukan ditulis dengan bahasa lain, salah satu jumlah terbesar dalam bahasa Inggris. Meskipun kamu masih dapat mendapatkan inti materi ini melalui penerjemah online, pastinya akan membutuhkan lebih banyak waktu dan juga cenderung kurang akurat. Banyak hal yang bisa hilang dalam terjemahan yang sebaliknya dapat dihindari jika sang peneliti mampu berbicara bahasa yang digunakan oleh sumber materi. 

Meningkat Percaya Diri

Ketika kamu telah menguasai Bahasa Inggris, hal itu tercerminkan dari cara kamu berbicara dan membawa diri lebih percaya diri dalam kehidupan profesional. Banyak orang Indonesia merasa minder ketika berada di lingkungan berbahasa Inggris. Mereka khawatir kemampuan mereka kurang atau mereka akan mempermalukan diri jika salah omongan. Ini bisa menjadi kendala jika kamu ingin terus memanjat tangga karier. Cara terbaik untuk melewatinya adalah terus berlatih untuk meningkatkan keterampilanmu. Bahkan jika kamu tidak fasih, tindakan berlatih di depan umum seringkali merupakan cara yang bagus untuk membangun kemampuan dan kepercayaan diri kamu secara keseluruhan.

Sebagai orang Indonesia, tentunya Bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa terpenting bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada banyak manfaat dalam kemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Jadi, apakah bahasa Inggris penting untuk karier masa depanmu? Mungkin masih ada yang mengatakan tidak, dan itu cukup benar. Sejumlah pekerjaan tidak mengharuskan kamu berbicara bahasa lain sama sekali. Namun, banyak pekerjaan dengan gaji tinggi mengharuskan kamu menguasai Bahasa Inggris. Ini penting diingat terutama bagi kalian yang menganggap karier yang sukses sangat terkait dengan gaji yang tinggi. Pastikan untuk riset dengan lengkap semua persyaratan dan kemampuan yang diperlukan oleh karier impian kamu. Tingkatkan terus skillmu, Klobbers!

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.