Blog post

Apakah Kamu Pernah Mengalami Work Fatigue?

23/11/2022Nadine K

Pernahkah kamu merasa lelah di tempat kerja tetapi merasa aktif kembali saat sudah pulang? Kemungkinan kamu sedang mengalami Work Fatigue atau Kelelahan Kerja. Work fatigue berbeda dari kelelahan normal sehari-hari karena ia hanya menimpa orang di tempat kerja atau selama jam kerja. Apa saja penyebab work fatigue? Mungkin kualitas tidurmu kurang bagus atau mungkin kamu memiliki ketidakpuasan dengan pekerjaanmu saat ini. Banyak hal bisa menyebabkan work fatigue jadi, di artikel ini kamu akan membahas beberapa cara kamu dapat mengatasi work fatigue.

1. Perbaiki Sekelilingmu di Tempat Kerja

Banyak orang tidak dapat bekerja dengan maksimal ketika kondisi kerja mereka kurang ideal. Ruang kerja yang berantakan dan tidak nyaman bisa sangat mengganggu lebih dari yang kamu sadari. Selain demotivasi dan merusak mood kerjamu, tempat kerja yang kotor dapat menjadi sarang bakteri serta penyakit lainnya. Coba rancang tempat kerjamu, baik meja kantor atau ruang kerja di rumah, supaya bisa lebih nyaman dan bersih untuk membantumu menjadi lebih produktif dan bahagia selama jam kerja.

2. Jaga Kesehatan: Makan Sehat & Istirahat Berkualitas

Work fatigue merupakan masalah fisik dan mental. Pastikan kamu memantau dan merawat kebutuhan fisik dan mentalmu sepenuhnya. Kualitas tidur yang baik serta waktu tidur yang cukup di malam hari itu penting dan jangan lupa untuk tetap beristirahat selama hari kerja. Berolahraga yang cukup dan gerakkan tubuh kamu untuk memperkuatnya dan juga untuk tetap aktif. Makan sampai kenyang dan usahakan makanannya yang bernutrisi untuk menyehatkan tubuh dan menjaga mood. Ketika pekerjaan terlalu banyak, istirahatlah dan bermeditasi. Kesehatan kamu harus selalu menjadi prioritas.

3. Tetapkan Batasan Waktu Kerja

Terkadang sumber kelelahan yang sangat besar adalah bekerja terlalu keras. Jika kamu merasa diri kamu mulai mendekati tingkat stres ketinggian, pastikan untuk berhenti seketika. Kamu harus berusaha untuk mengurangi berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk bekerja atau mengurangi beban kerjamu. Pastikan kamu memiliki waktu untuk melakukan hal-hal lain seperti menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga atau bahkan melakukan hobi. Ini adalah hal-hal yang dapat sangat membantu mengurangi kelelahan kerja. 

Work fatigue belum tentu merupakan masalah yang sepenuhnya terkait dengan pekerjaan, kombinasi masalah pribadi dan profesional apapun dapat berkontribusi pada perkembangannya. Karena ada banyak hal yang dapat berkontribusi pada munculnya work fatigue, pastikan untuk mempertimbang kembali prioritas dalam hidummu yang mungkin menyebabkan ketidakpuasan. Menemukan akar masalah dapat membantumu menemukan solusi dengan lebih mudah. Meskipun demikian, kamu juga tidak boleh mengesampingkan kesehatan fisik, pastikan untuk mencari bantuan medis jika sudah terlalu lelah dan tidak membaik. Tetap sehat, Klobbers!

 

sumber

sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.