Blog post

Tips Mengatur Ruangan untuk Bekerja di Rumah Part 2

19/11/2022Rahmat S

Hi, Klobbers! Masih pada pembahasan yang sama pada artikel sebelumnya, yaitu tips mengatur ruangan untuk bekerja di rumah. Berikut beberapa tips lainnya untuk membantu kamu mengatur ruang kerjamu agak lebih produktif dalam bekerja. 

Atur Tingkat Pencahayaan yang Sesuai

Perlu kamu ketahui banyaknya sinar matahari dapat mengurangi ketegangan pada mata saat kamu bekerja, untuk usahakan pilihlah ruangan yang dapat dijangkau oleh sinar matahari. Namun jika ruangan yang kamu memiliki dijangkau oleh sinar matahari lebih sedikit, pastikan kamu  memiliki pencahayaan yang cukup untuk melihat dengan baik. Kamu bisa menambahkan opsi lampu yang berada tepat diatas kepala atau lampu meja untuk ruang kerjamu. Pencahayaan harus tepat di atas kepala atau di belakang komputer untuk mengurangi silau dan kondisi mata lelah saat bekerja sepanjang hari.

Gunakan Standing Desk

Sebagai rekomendasi untuk pilihan meja kerjamu, kamu dapat memilih meja yang dapat diatur untuk posisi duduk dan berdiri. Beralih antara posisi duduk dan berdiri dapat meningkatkan fokus dalam mengerjakan tugas. Pastikan kamu untuk selalu mengganti posisi, beralih dari posisi duduk  ke posisi berdiri  untuk mencegah ketegangan otot.

Atur Waktu untuk Membersihkan Ruang Kerjamu

kebisingan dapat menyebabkan gangguan, membuat kamu kehilangan fokus dalam bekerja. Dengan membersihkan ruang kerja Anda secara teratur, kamu dapat menjaga tingkat produktivitas tetap tinggi. Bersihkan meja kerjamu secara teratur setidaknya seminggu sekali untuk menghilangkan debu dan kotoran, termasuk komputer, mouse, dan keyboard Anda. Simpan perlengkapan kerjamu dalam wadah dan laci khusus. Tinjau semua dokumen kertas dan simpan dokumen yang tidak kamu  butuhkan dalam waktu dekat. Kamu juga dapat merapikan komputer dengan menyortir kotak masuk email dan membuat sistem file elektronik yang mudah dinavigasi.

Simpan Handphone dan perangkat pribadi lainnya

Kamu perlu untuk menentukan tempat penyimpanan khusus untuk handphone atau perangkat lainnya untuk mengurangi keinginan mengeceknya saat kamu sedang bekerja. Simpan di tempat yang jauh dari jangkauan ruang kerjamu sehingga kamu tidak tergoda untuk melihat setiap notifikasi yang masuk. Tanamkan didalam diri, bahwa kamu hanya boleh menggunakan handphone selama jam istirahat. Penting juga untuk tidak menggunakan komputer kerjamu untuk tujuan pribadi, yang dapat memperlambat pekerjaan. Rajinlah untuk membuka tab terkait pekerjaan di internet daripada melihat media sosial atau situs berita.

Tambahkan Tanaman

Menambahkan satu atau dua tanaman di ruang kerjamu, dapat membuat ruang kerjamu terlihat lebih cerah dan mendorong kamu untuk lebih produktif dan berenergi. Pilihlah tanaman yang hanya membutuhkan sedikit ruang dan perawatan minimal, seperti sukulen atau spider plant. Kamu dapat meletakkannya di tempat yang mendapat banyak cahaya matahari.

Sumber 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.