Blog post

Tips Mengatur Ruangan untuk Bekerja di Rumah Part 1

19/11/2022Rahmat S

Hi, Klobbers! Apakah saat ini kamu sedang menerapkan sistem work from home (WFH) atau bekerja dari rumah? namun kamu sering merasa kurang bersemangat karena desain ruangan yang itu-itu aja? Nah, artikel ini mencakup beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatur ruang kerjamu. Karena mengatur ruangan yang nyaman untuk kita bekerja merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan motivasi kerja untuk tetap produktif. 

Buatlah list barang yang kamu butuhkan

Langkah awal yang perlu kamu lakukan sebelum mengatur ruangan kerja di rumah adalah membuat list barang yang kamu butuhkan untuk bekerja dari rumah. Barang dan berbagai perlengkapan lain yang kamu butuhkan harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan kegiatan  yang ingin kamu lakukan. Contoh, jika kamu bekerja sebagai desain grafis, kamu memerlukan meja untuk komputer atau laptop dan Jika kamu seorang akuntan atau bekerja dibagian administrasi, kamu memerlukan lemari untuk penyimpanan dokumen. 

Perusahaan biasanya menyediakan beberapa barang untuk mendukung kondisi kerja yang efektif bagi karyawan seperti laptop. Tetapi kamu mungkin perlu membeli beberapa barang untuk mendukung produktivitas dan motivasimu dalam bekerja, untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja barang atau perlengkapan yang dapat disediakan oleh perusahaan tempat kamu bekerja. 

Tentukan Area Ruang Kerjamu

Setelah mencatat barang-barang apa saja yang kamu butuhkan untuk bekerja. Kamu perlu untuk menentukan area ruang kerjamu, utamakan area dengan kondisi yang kondusif dan tenang, terutama jika kamu memiliki teman sekamar, keluarga, atau hewan peliharaan. Area yang tenang mendukung kamu untuk dapat berkonsentrasi pada pekerjaan sepanjang hari. Sebagai pertimbangan, pilihlah ruangan dengan pintu untuk membatasi kebisingan yang datang dari ruangan lain.

Desain Ruang Kerja yang Sesuai Denganmu

Kamu dapat mengatur ruang kerjamu terlihat lebih nyaman dan estetik dengan menambahkan beberapa barang, seperti karya seni, tanaman, atau foto. Menambahkan elemen ini dapat membantu kamu merasa lebih nyaman saat bekerja. Pertimbangkan untuk memilih karya seni cerah yang dapat membuat kamu merasa bersemangat dan simpan perlengkapan kerjamu dalam wadah yang sesuai dengan gayamu. Jika kamu sering melakukan panggilan video call baik dengan sesama rekan kerja untuk rapat dan membahas hal lain atau dengan klien, kamu perlu memastikan ruang kerjamu terlihat profesional dan menarik.

Kelola Ruang Kerjamu

Memelihara ruang kerjamu secara konsisten adalah cara terbaik untuk mempertahankan produktivitasmu untuk bekerja. Pertimbangkan beralih ke opsi nirkabel seperti mouse dan keyboard nirkabel, agar ruang kerjamu terlihat lebih rapi. Jika pekerjaanmu berkaitan dengan dokumen yang banyak, pertimbangkan untuk menggunakan lemari agar dokumen tidak menumpuk di meja kerjamu. Gunakan kode warna untuk setiap dokumen agar menghemat waktumu untuk  mengidentifikasi dokumen yang kamu perlukan. 

Sumber  

Berikan Komentar

Your email address will not be published.