Blog post

Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Makanan Pedas

10/11/2022Dwi

Halo Klobbers!

Siapa nih Klobbers yang hobi mengonsumsi makanan pedas? Saat ini ada berbagai pilihan camilan hingga makanan pedas yang bisa kamu temui di mana saja. Jika kamu termasuk orang yang suka makanan pedas, mungkin kamu tidak asing dengan samyang, mie pedas, keripik pedas, dan lain sebagainya. Nah, sensasi pedas yang kita rasakan, sebenarnya berasal dari senyawa aktif yang bernama capsaicin. Senyawa aktif ini memberikan sensasi pedas dan panas yang bisa kita temukan dalam berbagai bahan makanan, seperti cabai, paprika, lada, dan lain-lain.

Bagi sebagian orang, sambal atau makanan pedas dapat menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, mulai dari menjadi makanan pendamping lauk hingga berbagai camilan favorit, makanan dengan tingkat kepedasan bervariasi merupakan hal yang cukup mudah kita temui. Akan tetapi, apakah Klobbers sudah mengetahui bahwa mengonsumsi makanan pedas ternyata memiliki manfaat dan juga risiko bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak informasi berikut ini!

Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas

Selain menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan, mengonsumsi makanan pedas ternyata juga memiliki beberapa manfaat lain. Beberapa di antaranya ialah:

1. Membantu mempercepat metabolisme

Dari berbagai studi yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa rempah-rempah tertentu, seperti jinten, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai dapat meningkatkan metabolisme dan menghambat nafsu makan. Selain itu, bisa juga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Oleh karena itu, makanan pedas disebut juga bisa membantu menjaga atau bahkan menurunkan berat badan kamu.

2. Membantu melawan sel kanker

Capsaicin dapat membantu memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat yang tumbuh pada tikus tanpa menyebabkan terlukanya sel-sel lain yang sehat.

3. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian menemukan bahwa capsaicin dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak dan membakar lebih banyak energi. Dengan memecah lemak yang terdapat dalam makanan, maka bisa mengurangi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2. Jika risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi menurun, maka kesehatan jantung bisa menjadi lebih terjaga.

4. Mendukung pertumbuhan bakteri baik

Jika kamu tidak tahan mengonsumsi makanan pedas, maka berbagai makanan pedas mungkin bukan pilihan yang tepat untuk kamu. Akan tetapi, studi menunjukkan bahwa capsaicin sebenarnya bagus untuk mikroba baik dalam usus kamu. Capsaicin dapat merangsang flora usus yang sehat dan memiliki efek positif pada saluran pencernaan.

Risiko Mengonsumsi Makanan Pedas

Berikut ini merupakan beberapa risiko yang dapat terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Gastritis akut

Gastritis disebabkan karena terjadinya peradangan pada mukosa lambung, yaitu selaput yang melapisi lambung. Jika terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, maka bisa menyebabkan permukaan lambung menjadi rapuh sehingga lebih mudah terluka dan memicu terjadinya gastritis akut. Beberapa gejalanya antara lain ialah mual, muntah, demam, dan diare.

2. Nyeri perut

Jika Klobbers memiliki penyakit maag, maka mengonsumsi makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas bisa membuat dinding lambung menjadi iritasi. Hal inilah yang nantinya memicu asam lambung naik dan perut kamu menjadi terasa nyeri.

3. Refluks asam

Bagi beberapa orang, makanan pedas dapat memicu refluks asam, yaitu kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Refluks asam bisa memicu gejala Gastroesophageal reflux disease (GERD) dan luka pada kerongkongan yang dapat mengganggu aktivitas kamu.

Nah Klobbers, itulah beberapa manfaat dan risiko mengonsumsi makanan pedas. Harap diingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Dalam kadar yang tepat, mengonsumsi makanan pedas bisa memberikan manfaat untuk kamu. Namun, jika terlalu banyak, maka akan berdampak negatif pada kesehatan kamu. Perhatikan juga kesanggupan tubuh kamu jika ingin mengonsumsi makanan pedas, ya. Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup dan berolahraga untuk menjaga kesehatan kamu. Stay safe and healthy, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.