Blog post

Yuk, Ketahui Cara Menjadi Seorang Digital Marketing

31/10/2022Rahmat S

Hi Klobbers

Apakah kamu tertarik menjadi seorang digital marketing? Tapi kamu masih bingung harus ngapain. Yuk intip beberapa cara yang perlu kamu lakukan dan persiapkan, dibawah ini!

Pertimbangkan untuk Memperoleh Gelar

Perusahaan memang tidak menuntut kandidat yang bekerja sebagai digital marketing untuk memiliki gelar. Namun, apabila kamu mendapatkan gelar di bidang terkait, dapat menjadi dasar dalam pengembangan skill yang kamu butuhkan di masa yang akan datang, sekaligus menjadi nilai tambahan dalam proses perekrutan. Gelar dalam  bidang pemasaran atau bidang serupa dapat membantu kamu mempelajari konsep, seperti SEO dan praktik periklanan media sosial, dan memperkuat keterampilan, seperti komunikasi dan manajemen waktu, untuk memastikan keberhasilanmu menjadi seorang digital marketing di masa depan.

Pahami Informasi dan Tren

Selanjutnya, kamu perlu untuk mempelajari informasi terkait industri tempat kamu ingin bekerja dan tren yang berlaku di pasar saat ini. Menerapkan pengetahuan yang kamu miliki dalam memahami informasi dan tren industri yang berlaku saat ini, dapat membantu kamu berkomunikasi secara efektif dengan profesional pemasaran dan rekruter selama sesi wawancara. Pertimbangkan juga untuk mempelajari sejarah industri tempat kamu ingin bekerja karena profesional pemasaran juga menggunakan tren dan kampanye historis sebagai referensi untuk tren dan kampanye baru.

Buat Portofolio

Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk membuat portofolio. Dalam portofolio yang kamu buat, kamu dapat memasukkan tugas magang, pekerjaan sampingan yang pernah kamu ikuti, dan berbagai jenis tugas lainnya, dan tentunya masih terkait dengan proses pemasaran. Hasil tugas dari pekerjaan sebelumnya dapat menjadi bukti bagi rekruter bahwa kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi digital marketing.

Belajar Pemrograman

Keterampilan coding dapat membantu kamu untuk memperluas prospek pekerjaanmu, karena digital marketing juga sering mendapat tugas untuk membuat situs web atau halaman media sosial untuk perusahaan. Selain itu, memahami cara memprogram juga dapat membantu kamu menjadi lebih mandiri dan mampu memantau dan monetisasi bisnismu sendiri.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Klobbers persiapkan dan lakukan untuk bekerja sebagai seorang digital marketing. 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.