Blog post

Tim Mouse atau Touchpad : Mana yang Lebih Efektif?

30/10/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Ketika bekerja, kebutuhan terkait peralatan laptop menjadi sangat penting. Apalagi ketika kita bekerja di luar rumah, seperti di cafe atau di kantor. Dengan adanya kebebasan, kita menjadi semakin fleksibel dalam bekerja dimana saja dan kapan saja. Namun, dengan adanya kebebasan, kita juga harus memperhatikan kebutuhan yang akan dibawa agar kegiatan bekerja kita menjadi produktif dan tidak membebani kita. Tanpa peralatan yang tepat, produktivitas kita akan terhambat. 

Salah satu peralatan yang sering kita bawa untuk melengkapi laptop adalah mousepad. Namun, banyak diantara kita yang masih bingung menentukan apakah harus memakai mouse atau cukup dengan touchpad saja. Sebelum mengetahui lebih lanjut, kita simak perbedaan dari kedua perangkat tersebut! 

Mouse merupakan perangkat untuk menggerakan pointer, namun perangkat ini terpisah dengan laptop. Penggunaannya tidak hanya bisa menggunakan jari saja, namun dengan satu genggaman tangan. Mouse memiliki banyak jenis dan pilihan. Pada umumnya mouse memiliki kabel, namun dengan berkembangnya teknologi, terdapat mouse dengan jenis wireless

Touchpad merupakan perangkat yang bisa menggerakan pointer lewat sentuhan. Touchpad terletak di bawah keyboard. Perangkat ini sudah terdapat atau bagian dari laptop, sehingga kita tidak perlu membawanya secara terpisah. Selain touchpad, terdapat trackpad. Penggunaannya sama dengan touchpad, yaitu dengan cara disentuh dan digerakkan menggunakan jari, namun trackpad dapat dipasang secara terpisah. 

Penggunaan Mouse vs Touchpad

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari goldtouch.com, bekerja dengan mouse, dapat meningkatkan produktivitas kerja dibandingkan menggunakan touchpad. Mengapa demikian? Ternyata mouse memiliki jangkauan yang lebih akurat dan tepat. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa dengan menggunakan mouse, pekerjaan juga lebih produktif dan efisien. Dengan menggunakan mouse, kegiatan “scrolling” juga terasa lebih mudah. 

Sementara touchpad memiliki keunggulan dikarenakan lebih praktis. Jika pekerjaan yang kamu lakukan tidak memerlukan pointer yang presisi, kamu dapat menggunakan touchpad. Ketika berada di coffee shop, touchpad juga sangat membantu pekerjaan kamu dan tidak akan memakan banyak tempat. 

Perawatan Mouse vs Touchpad

Jika kamu menggunakan mouse, kamu harus siap untuk membersihkan kotoran yang terdapat di mouse kamu ya Klobbers. Mouse lebih rentan memiliki banyak kotoran dan kuman, dikarenakan mudah untuk disentuh dan dipinjam oleh orang-orang sekitar kamu. Sehingga, kamu harus menyediakan waktu untuk membersihkannya. Mouse dapat dibersihkan dengan kain lembab atau minyak gosok, sementara pada bagian “buttons” kamu dapat membersihkannya dengan tusuk gigi. Pastikan juga kamu tidak memasukkan air ke dalam mouse kamu. 

Untuk touchpad, kamu cukup membersihkan dengan kain lembab dan juga jangan sampai memasukkan air ke dalam sela-sela touchpad kamu. Jika ingin terhindar dari kuman dan bakteri, kamu dapat membersihkannya dengan alkohol. 

– 

Setelah melihat perbedaan kedua perangkat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa keduanya memiliki keunggulan masing-masing tergantung penggunaan dan individual preference. Mouse dapat digunakan untuk kamu yang membutuhkan ketelitian dan detil dalam pekerjaan kita, namun jika kamu sering berpindah-pindah tempat, kamu dapat menggunakan touchpad agar lebih mudah dan praktis. 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.