Blog post

Inilah Pentingnya Acara Kantor Bagi Karyawan!

30/10/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Ketika kamu menjadi bagian dari suatu perusahaan, kamu pasti familiar dengan acara yang terdapat di kantor kamu. Acara yang diadakan bisa bermacam-macam, seperti acara anniversary, hari kasih sayang, halloween, dan sebagainya. Pada umumnya, kegiatan ini dilakukan rutin agar dapat meningkatkan kebersamaan antara para pekerja. Acara yang diadakan bersifat rutin dan biasanya diadakan oleh karyawan yang berada di kantor itu sendiri.

Namun, bagi sebagian orang, acara kantor dianggap kurang penting dan merasa tidak perlu diselenggarakan. Mereka menganggap bahwa acara kantor hanya membuang-buang anggaran dan juga membuat karyawan menjadi tidak fokus bekerja. Padahal, dengan membuat acara di kantor, kita mendapatkan banyak manfaat baik itu bagi diri kita dan juga bagi perusahaan itu sendiri. Yuk Klobbers, kita simak beberapa manfaat yang didapatkan, ketika kantor atau perusahaan kita memiliki acara rutin setiap tahunnya!

Budaya Perusahaan

Setiap kantor memiliki keunikannya tersendiri. Keunikan tersebut bisa disebutkan sebagai budaya kantor atau budaya perusahaan. Mengapa budaya perusahaan penting untuk diciptakan? Ternyata dengan adanya budaya, identitas perusahaan kamu akan lebih dikenal dan memberikan gambaran ketika kita harus melakukan bisnis dengan perusahaan lain. Budaya perusahaan yang baik akan membangun impresi yang baik juga bagi orang lain, dan hal ini akan menentukan bagaimana klien atau orang luar memandang perusahaan kita. 

Acara kantor merupakan wadah yang tepat untuk membangun budaya perusahaan yang baik. Jika perusahaan kamu sudah memiliki value secara tertulis, maka kamu dapat menyalurkan nilai-nilai perusahaan, melalui acara yang akan berlangsung. Kamu dapat menekankan bahwa perusahaan kamu memiliki nilai kebersamaan, kekompakan, dan kreativitas yang baik. Acara kantor yang terencana, tentunya juga membangun citra yang baik bagi karyawan baru. 

Validasi Karyawan

Acara kantor berguna untuk validasi karyawan. Validasi karyawan yang dimaksud adalah, perayaan atau penghargaan yang diberikan sebagai tanda terima kasih karena sudah menjadi bagian dari perusahaan dan bekerja. Ketika mengadakan acara kantor, kita dapat memberikan penghargaan atau rewards kepada karyawan yang bekerja keras atau sudah mencapai suatu target. Dengan adanya perayaan dan penghargaan, karyawan dapat merasa bahwa kinerja mereka berdampak baik bagi perusahan dan juga mereka merasa dihargai atas hasil jerih payahnya. 

Dengan mengadakan acara tersebut, kita juga beristirahat dan melakukan penyegaran, agar kita bisa lebih semangat dalam menjalani pekerjaan kita sehari-hari di minggu selanjutnya. Selain itu, kita juga pasti paham bahwa semua orang ingin dihargai dan acara menjadi sarana penting untuk menyalurkan keberhasilan karyawan dalam suatu perusahaan. 

Meningkatkan Kolaborasi dan Kreativitas

Karyawan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan karyawan baru atau dengan karyawan lain karena selama ini belum mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi. Kita dapat bertukar pikiran dan juga berbagi pengalaman selama di kantor dengan divisi yang berbeda dengan kita. Bertemu dengan divisi lain juga membuka kesempatan kita untuk berkolaborasi, hal ini penting untuk memicu kreativitas yang dapat berdampak untuk perusahaan. Bertukar pikiran dapat membawa ide-de baru dan menyegarkan pikiran kita. 

Mengurangi Stres

Acara memiliki peran penting agar karyawan dapat bersantai dan menikmati hiburan yang diberikan saat acara berlangsung. Dalam sehari-hari, rutinitas yang dijalani mungkin sudah membuat kita stres. Tenggat waktu, umpan balik, dan berbicara dengan klien akan menguras energi dan pikiran kita. Sehingga, kita harus beristirahat sejenak. Dengan adanya acara kantor, stres kita juga dapat berkurang – ketika stres berkurang, semangat kerja kita akan bangkit kembali dan juga kita lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaan. 

Nah, itulah Klobbers beberapa manfaat dari pentingnya mengadakan acara kantor. Rencana acara yang baik, dapat merepresentasikan budaya perusahaan. Artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan kamu yang belum mengadakan acara kantor. Good Luck, Klobbers!

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.