Blog post

Manfaat Mendengarkan Musik Sambil Bekerja

28/10/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers! 

Mendengarkan musik merupakan hobi yang banyak diminati orang-orang. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pada umumnya orang mendengarkan musik saat sendiri di rumah atau di perjalanan. Selain itu, musik juga dapat menemani kita ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berolahraga, membersihkan rumah, dan bahkan pada saat bekerja. 

Di artikel ini kita akan membahas bagaimana musik dapat memberikan manfaat bagi para pekerja. Kenapa hal ini penting? Bekerja merupakan kegiatan yang dilakukan hampir setiap harinya. Sehingga, tidak menutup kemungkinan, kita akan merasa jenuh dengan kegiatan tersebut. Jika kamu belum terbiasa untuk mendengarkan musik saat bekerja, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan!

Meningkatkan Produktivitas

Perusahaan seringkali mencari cara untuk meningkatkan produktivitas karyawannya. Biasanya dengan cara pelatihan atau dengan menambah karyawan. Namun, ada cara lain agar produktifitas kita meningkat dan dapat dilakukan setiap harinya – yaitu, dengan mendengarkan musik. Penelitian yang dilakukan oleh TotalJobs menyebutkan bahwa terdapat 79% karyawan meningkatkan produktivitasnya dengan mendengarkan musik. 

Menurut penelitian yang dikutip dalam bola.com, musik juga dapat meningkatkan produktivitas kerja kita secara tidak langsung melalui peningkatan mood.

Memperbaiki Konsentrasi

Ketika sedang bekerja di kantor, terkadang kita terpaksa berinteraksi dengan rekan kerja atau tidak sengaja mendengar percakapan orang lain. Dengan keadaan tersebut, tentunya kita menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi dan berpengaruh terhadap target pekerjaan harian kita. Nah pas banget nih Klobbers, musik dapat meningkatkan konsentrasi bekerja kita. Ketika kita ingin menghindari gangguan dari luar, kita cukup dengan membawa headphone atau earphone untuk membantu kita tidak mendengar suara dari luar. 

Meningkatkan Imajinasi

Salah satu manfaat musik dalam bekerja adalah meningkatkan imajinasi. Studi yang dikutip dari wearecloudworks.com menyebutkan musik merupakan sumber kreativitas. Musik terbukti meningkatkan kognisi, pembelajaran, dan memori – sehingga memiliki dampak pada kreativitas otak kita. 

Membantu Meningkatkan Motivasi

Mendengarkan musik pada saat bekerja dapat bisa menjadi cara yang efisien untuk menghadapi tantangan atau tugas yang rumit. Ketika mendengarkan musik favorit, kita akan merasa lebih baik dan dapat melakukan semuanya. Kualitas mood yang baik, dapat mendorong kita dalam bekerja dan membangun sikap yang lebih proaktif dan dinamis.

Meningkatkan Mood Bekerja

Kita pasti pernah merasa suntuk dalam bekerja atau mungkin mengalami hari yang buruk. Apalagi ketika di pagi hari, kita merasa ngantuk dan lelah ketika bersiap-siap ke kantor. Tahukah kamu bahwa di otak kita terdapat zat yang disebut dopamin. Dopamin dipercaya dapat memberikan kebahagiaan bagi kita dan salah satu cara tercepat meningkatkan dopamin dalam tubuh adalah dengan mendengarkan musik. Sehingga ketika kita mendengarkan musik, kita akan merasa lebih senang. 

– 

Mendengarkan musik tidak menambah kecerdasan seseorang, namun nada yang baik meningkatkan kinerja kita terutama pada tugas-tugas yang membutuhkan kognitif. Pada orang dewasa, mendengarkan musik yang ceria dapat meningkatan proses penerimaan informasi. Namun, apapun jenis musiknya, jika kamu memang menyukai musik tersebut, maka musik yang kamu dengarkan akan berdampak pada performa kerja kamu. 

Good Luck untuk mencoba, Klobbers!

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.