Blog post

Istilah-istilah di Kantor yang Kekinian! Part 2

28/10/2022Andhika Muhammad Rivai

Hi Klobbers, sebelum memasuki dunia kerja penting untuk melakukan berbagai persiapan. Salah satunya yang tidak kalah penting adalah untuk memahami istilah-istilah atau keyword yang sering digunakan oleh karyawan di tempat kerja.

Pekerja seringkali mempersingkat komunikasi agar maksud dan tujuan tersampaikan dengan jelas. Supaya kamu lebih siap berikut beberapa istilah yang sering digunakan di tempat kerja versi Klob.

TBD / TBC (To be Discussed / To be Confirmed)

Ketika suatu pembahasan belum menghasilkan kesimpulan atau masih menimbulkan pertanyaan, biasanya pekerja menggunakan istilah TBD yaitu to be discussed yang artinya akan dibahas lagi atau lebih lanjut.

Berbeda dengan TBD, istilah to be confirmed atau TBC digunakan ketika hasil pembahasan, ide, rencana atau suatu informasi masih perlu persetujuan dari pihak tertentu. Kedua istilah ini cukup luas penggunaanya.

Remote Working

Istilah remote working akhir-akhir ini mulai sering digunakan. Setelah mulai mereda nya pandemi Covid-19, budaya kerja di beberapa perusahan mengalami penyesuaian. Salah satunya, perusahaan tidak mengharuskan pekerjanya untuk bekerja di lokasi kantor.

Remote working adalah ketika pekerja bebas bekerja dimana saja, akan tetapi pekerja tersebut masih berkewajiban untuk memenuhi tugas dan kewajibannya sebagai pegawai.

Pekerjaan dengan sifat remote working semakin populer saat ini, karena pekerja seringkali memanfaatkan kesempatan ini untuk bekerja sembari liburan dan lain-lain.

Cut off

Cut off adalah istilah yang digunakan untuk memberikan informasi bahwa kamu sudah tidak bisa memasukan data-data untuk keperluan tertentu. Istilah cut off sering digunakan pada sistem penggajian atau sistem kehadiran.

Contohnya :

Cut off periode gaji bulan November adalah tanggal 25

Artinya kamu sudah tidak bisa memasukan data presensi ataupun penggajian setelah tanggal 25 di bulan November.

Onboarding

Buat kamu karyawan baru, kamu akan menghadapi yang namanya masa onboarding. Nah, onboarding ini adalah istilah yang digunakan Ketika seorang pekerja baru melalukan penyesuaian di tempat kerja barunya.

Biasanya masa onboarding berisikan pengenalan struktur perusahaan, peran-peran yang dimiliki oleh setiap orang di dalam perusahaan, visi dan misi perusahaan hingga ekspektasi serta pekerjaan yang akan dihadapi.

KPI (Key Performance Indicators)

KPI merupakan singkatan dari key performace indicator yaitu alat ukur yang umumnya digunakan perusahaan dalam menilai, memantau dan mengevaluasi kinerja para karyawannya.

Key performance indicators menilai seberapa baik kinerja karyawan ataupun departemen dalam mencapai goals perusahaan. Goals tersebut bisa secara finansial ataupun non-finansial.

Itu tadi beberapa istilah yang sering digunakan pekerja, ingin tahu lebih banyak? Baca juga disini.

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.