Blog post

Tips Meningkatkan Motivasi Dalam Bekerja

23/10/2022Rahmat S

Hi, Klobbers! 

Motivasi adalah salah satu aspek yang dibutuhkan dalam bekerja agar setiap individu dalam perusahaan dapat berkontribusi aktif. Namun, apakah Klobbers pernah merasa mengalami penurunan motivasi saat bekerja? Nah, berikut ini tips yang bisa Klobbers lakukan untuk meningkatkan motivasi kerja agar tetap bisa produktif dan aktif sebagai karyawan di tempat Klobbers bekerja.

Tetapkan Tujuan untuk Diri Sendiri

Kamu dapat mulai memotivasi diri sendiri, dengan  membuat daftar apa yang ingin kamu capai. Ini dapat membantu kamu mengembangkan keterampilan manajemen diri saat kamu bekerja, menuju pencapaian dan peluang yang berbeda, kemudian merasa tercapai setelah kamu mencapai dan menyelesaikannya. Kamu dapat melakukan ini dengan duduk dan membuat daftar berbagai tujuan yang ingin kamu capai. 

Nah, tujuan yang hendak kamu capai bisa berskala besar atau kecil. Jika itu adalah tujuan yang lebih besar, kamu dapat membaginya menjadi tugas yang lebih kecil untuk membuatnya tampak kurang menakutkan dan mudah dicapai. Beberapa tujuan yang kamu tetapkan bisa jadi menantang, sementara yang lain bisa lebih mudah dicapai. Dengan cara ini, mencapai tujuan yang lebih kecil dapat membantu membangun  motivasi kamu untuk mencapai tujuan yang lebih besar juga. Tahukah kamu? Keberhasilan satu tujuan seringkali dapat mendorong kita untuk meraih  pencapaian yang lebih.

Buat Rencana untuk Mencapai Setiap Tujuan

Setelah menetapkan tujuan, Klobbers bisa dapat mengembangkan rencana untuk menyelesaikan masing-masing prioritas tujuan tersebut. Kamu dapat melakukan ini dengan membuat jadwal atau daftar tugas untuk diri sendiri. Kamu juga dapat membeli kalender dan mulai memasukkan setiap tujuan yang ingin kamu capai ke dalam tanggal yang berbeda. Tahukah kamu? Menuliskan rencana untuk mencapai setiap tujuan dapat membuat kamu lebih mungkin untuk menyelesaikannya karena ini kamu belajar bertanggung jawab.

Jika setiap tujuan tidak tercapai sesuai rencana, terus dorong dirimu untuk menyelesaikan tujuan berikutnya. Tenang, kamu cukup memindahkan tujuan atau tugasmu agar diselesaikan pada hari yang berbeda.

Buat Sistem Penghargaan untuk Diri Anda Sendiri

Cara lain untuk meningkatkan motivasimu secara efektif adalah dengan memberi penghargaan dan mendorong dirimu untuk mencapai lebih banyak tujuan. Kamu dapat memotivasi diri sendiri untuk terus mencapai tujuan dengan memberikan self reward kepada dirimu. Jika kamu menghargai diri sendiri dengan cara-cara kecil seperti ini, dirimu akan termotivasi untuk terus menyelesaikan tujuan.

Tantang Diri Anda untuk Mempelajari Hal-Hal Baru

Waktu terus berjalan, perubahan demi perubahan akan kian terasa. Kamu perlu mengantisipasinya agar perubahan tersebut tidak membosankan. Tantanglah dirimu untuk melakukan sesuatu dengan mempelajari hal-hal baru di sekitar. Beberapa cara bisa kamu lakukan seperti membaca buku, update berita terkini, dan membaca artikel online. Hal tersebut dapat memperkuat atau meningkatkan kemahiranmu di bidang pekerjaan yang kamu jalani.

Kelilingi Diri Anda dengan Orang Lain yang Termotivasi

Terkadang motivasi timbul karena adanya stimulus dari lingkungan. Kamu bisa menjadi self-starter jika kamu melihatnya keberhasilan orang lain. Inilah sebabnya mengapa yang terbaik adalah menghabiskan waktu dengan orang-orang yang bermotivasi tinggi dan terus-menerus bekerja untuk mencapai tujuan baru. Sikap dan dorongan mereka dapat menular dan dapat membantu mendorong kamu untuk mencapai tujuanmu juga, Klobbers.

Tidak hanya orang lain yang dapat membantu memotivasi dirimu, tetapi kamu juga dapat melakukan hal yang sama untuk orang lain. Mungkin ada hari-hari di mana orang merasa kurang dorongan atau motivasi untuk menyelesaikan proyek di tempat kerja. Mereka mungkin membutuhkan dorongan dari rekan kerja atau supervisor untuk membantu mereka merasa termotivasi dalam menyelesaikan tugas apa pun.

Dorong Diri Anda untuk Berpikir Positif

Tips berikutnya yang tak kalah penting adalah membangun pikiran positif dan menjaga hal-hal yang dapat membuat motivasi menurun. Kesalahan dapat diperbaiki dan dapat membantumu belajar bagaimana meningkatkannya. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melihat berbagai peluang dengan sikap positif dan belajar dari kegagalan atau kesalahan yang ada. Jika seseorang mengkritik pekerjaanmu, anggap itu sebagai umpan balik yang akan membangun motivasimu. Klobbers, berpikir positif akan membantumu tetap termotivasi untuk meningkatkan kinerja dan memberikan hasil yang mengesankan.

Pertahankan Gaya Hidup Sehat

Tindakan adalah manifestasi dari pikiran. Motivasi muncul dalam otak. Ia akan bereaksi sebagai sebuah pemikiran. Arti kata lain, tak hanya berpikir positif, kamu juga perlu mempertahankan gaya hidup sehat agar otakmu mampu menerima stimulus dalam mencapai tujuan. Kamu bisa memulainya dengan rutin melakukan olahraga dua hingga tiga minggu sekali, makan makanan sehat, seperti buah dan sayur yang dapat mengaktifkan dopamin dalam otakmu. Selain itu, biasakanlah dirimu untuk tidur dan istirahat yang cukup selama delapan jam agar otakmu berfungsi dengan baik.

Berani Keluar dari Zona Nyaman

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan motivasi adalah dengan mendorong diri sendiri untuk mencapai tujuan dan peluang baru. Kamu bisa mengambil peran yang lebih besar daripada yang biasa kamu lakukan, seperti menangani proyek yang sangat menantang di tempat kerja atau mencoba mempelajari keterampilan baru untuk meningkatkan kinerja kerja Anda.

Dengan keluar dari zona nyaman  kamu dapat mencapai prestasi baru, lho. Tidak hanya itu, kamu juga mendapatkan pengalaman unik. Pengalaman ini yang akan membantumu belajar lebih banyak dan mencapai tujuan yang lebih tinggi yang mungkin terasa lebih bermanfaat pada akhirnya.

Sumber 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.