Blog post

Tips Membangun Tim Kerja yang Baik 

23/10/2022Rahmat S

Hi Klobbers! 

Memiliki tim kerja yang baik dapat menentukan kualitas karyawan, lho. Terutama dalam hal peningkatan produktivitas. Kerja sama yang baik tentunya akan membuat kita nyaman dalam melakukan pekerjaan. Hal ini karena didukung interaksi yang melibatkan komunikasi dua arah antarkaryawan. Kita akan melakukan koordinasi dengan rekan kerja untuk mencapai target yang ditetapkan di tempat kita bekerja. Koordinasi yang baik antara satu sama lain terlihat dalam bentuk kerjasama tim yang efektif dan efisien. Nah, berikut ini adalah tips bagi Klobbers yang ingin membangun kerja sama tim yang baik.

Memilih Rekan Kerja yang Sesuai 

Mempekerjakan kandidat yang tepat adalah titik awal dalam membangun sebuah tim. Kamu perlu untuk meninjau dan memperbaiki proses seleksi, untuk memastikan bahwa kandidat yang kamu pekerjakan cocok dengan budaya kerja dan memiliki keterampilan dan sikap yang tepat untuk membantu kamu dan tim dalam mencapai tujuan.  Kamu bisa bekerja sama dengan tim rekruter internal atau konsultan perekrutan seperti Klob untuk membantu proses seleksi dan pelatihan karyawan baru.

Kamu juga bisa melibatkan tim kamu dalam proses seleksi, untuk membantu proses integrasi dan keterlibatan di kedua sisi. Contoh, pada proses wawancara ke-2 kamu dapat melibatkan tim untuk membantu memutuskan apakah kandidat akan cocok dalam tim, menjawab pertanyaan kandidat tentang rutinitas kerja, dan itu akan menjadi peluang besar bagi kandidat untuk bertemu dengan beberapa orang yang akan bekerja dengannya.

Menetapkan Tujuan dengan Pencapaian yang Terukur 

Setelah anggota tim yang sesuai berkumpul dalam satu tim, kamu perlu untuk mendefinisikan kesuksesan dalam tugas yang akan dikerjakan bersama. Setelah kamu mengetahui apa tujuan yang ingin dicapai, kamu akan menjadi jauh lebih baik untuk memimpin dan mengembangkan tim menuju tujuan tersebut. Memahami apa yang ingin kamu dan tim capai di tingkat organisasi akan membentuk prioritas dan pendekatan yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut. 

Kamu perlu untuk mengkomunikasikan tujuan yang ingin dicapai dalam tim dengan jelas dan memastikan semua orang memahami peran masing-masing dalam bekerja menuju tujuan tersebut. Pastikan bahwa tujuan tim selaras dengan tujuan keseluruhan perusahaan. Penting juga untuk menetapkan tujuan yang realistis dan terukur. Tetapkan pencapaian dan tenggat waktu untuk membuat semua orang tetap pada jalurnya. Kamu perlu motivasi untuk mendorong kemajuan dan merayakan pencapaian tim serta kesuksesan individu bersama-sama.

Rule 

Tetapkan aturan dasar, dapat berupa arahan sederhana atau pedoman yang lebih umum yang memungkinkan tim untuk berkolaborasi secara efektif. Hal ini mencakup petunjuk dan perilaku yang diharapkan, seperti mendengarkan dan menghormati sudut pandang rekan kerja, tepat waktu, dan berpegang teguh pada tenggat waktu. Dorong semua orang dalam tim untuk berkomitmen pada aturan ini, untuk mengembangkan kepercayaan dan kerja sama.

Budaya Kerja yang Positif 

Budaya kerja yang positif dapat meningkatkan keterlibatan dan produktivitas di tempat kerja, karena karyawan merasa menjadi bagian dari gambaran yang lebih besar dan memahami bagaimana mereka sebagai individu berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Rencanakan aktivitas tim yang mencerminkan budaya kerja dan didasarkan pada nilai dan perilaku inti perusahaan. Dari acara sosial informal hingga aktivitas membangun tim yang lebih terstruktur, penting untuk menemukan cara yang menyenangkan dan kreatif untuk mempererat hubungan setiap anggota tim. Cobalah untuk merencanakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam pekerjaan, mulai dari minum kopi hingga makan siang bersama. Ada banyak cara untuk memastikan semua orang terlibat dan memungkinkan tim kamu lebih mengenal satu sama lain.

Komunikasi yang Efektif 

Bagian penting dari kepemimpinan yang efektif adalah memiliki komunikasi yang konstruktif dan jujur ​​dengan anggota tim. Membangun jalur komunikasi dalam tim dari waktu ke waktu menciptakan transparansi dan mendorong karyawan untuk berbagi pendapat, pengalaman, dan ide mereka. Ini dapat meningkatkan moral, memperkuat kerja tim, dan meningkatkan produktivitas. Cara yang baik untuk mendobrak hambatan dalam komunikasi adalah dengan membangun umpan balik kinerja yang konsisten. Ciptakan peluang untuk umpan balik dua arah yang dapat menghasilkan perbaikan baik secara individu maupun organisasi. Ini membantu memastikan semua orang merasa dihargai dan memberi kamu kesempatan untuk mengenali individu dan tim secara keseluruhan atas upaya dan pencapaian mereka.

Rayakan Kesuksesan dan Hadapi Kegagalan Bersama

Merayakan kesuksesan bersama membuat seluruh tim merasa dihargai. Ini mengembangkan kepercayaan satu sama lain dan memotivasi mereka untuk terus bekerja secara efektif sebagai sebuah tim. Saat mengalami kemunduran dan kegagalan, kerjakan solusi bersama. Hindari menyalahkan anggota tim secara individu dan fokuslah untuk menemukan solusi terbaik sebagai sebuah tim. Mendiskusikan ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik dan berbagi tanggung jawab atas kegagalan akan memperkuat ikatan tim serta menyoroti area untuk perbaikan.

Sumber  

Sumber 

Sumber

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.