Blog post

Ketahui Manfaat Menangis Bagi Tubuh Kamu

23/10/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Menangis merupakan respon alami manusia yang sering dianggap sebagai hal negatif. Ketika menangis, kita seringkali diminta untuk berhenti dan menahan emosi kita. Padahal dengan menangis, terdapat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mengapa manusia bisa menangis?

Manusia memproduksi tiga bentuk air mata:

  • Basal: saluran air mata akan mengeluarkan air mata basal yang merupakan cairan antibakteri. Cairan tersebut dapat membantu mata tetap lembab, terutama saat kondisi mata berkedip.
  • Reflex: air mata yang keluar secara reflex dapat dikarenakan angin, asap rokok, atau bawang. Tiga hal tersebut memicu keluarnya air mata guna untuk melindungi mata dari iritasi.
  • Emosi: air mata yang keluar karena emosi ternyata mengandung hormon stres yang tinggi dibandingkan air mata yang keluar karena basal dan reflex. 

Pada umumnya, kita akan mengaitkan kegiatan menangis dengan air mata yang terbentuk karena emosi. Berikut beberapa manfaat yang dihasilkan jika kamu menangis:

Efek Menenangkan

Penelitian yang dilakukan dalam Medical News Today, menyebutkan bahwa dengan menangis, diri kita akan terasa lebih tenang dikarenakan ketika menangis, kegiatan tersebut mengaktifkan PNS atau Parasympathetic Nervous System. PNS dipercaya dapat membantu kita lebih nyaman dan rileks. Ketika menangis, kita juga dapat lebih tenang dan meningkatkan regulasi emosi. 

Mendapat Dukungan dari Orang Lain

Menangis merupakan perilaku attachment, yang artinya ketika kita menangis, kita mendapatkan dukungan dari lingkungan sosial. Sehingga, dengan menangis, kita juga menjadi lebih tenang dikarenakan support yang diberikan oleh orang sekitar.

Mengurangi Rasa Sakit

Penelitian dalam Medical News Today menjelaskan, bahwa selain menenangkan diri, menangis dapat melepaskan oksitosin dan endorfin. Senyawa kimia tersebut dapat membuat kita merasa lebih baik dan meringankan rasa sakit fisik serta emosional.

Meningkatkan Mood

Menangis dapat membantu meningkatkan semangat kita dan membuat kita lebih baik. Senyawa kimia seperti oksitosin dan endorfin ternyata juga berguna untuk meningkatkan mood kita. 

Ketika menangis, kita akan menghirup udara dengan cepat. Udara yang dihirup juga lebih dingin, sehingga membantu mengatur dan menurunkan suhu otak kita. Otak yang dingin, memiliki efek yang lebih menenangkan, dibandingkan otak yang hangat. Hal itulah yang membuat kita seringkali merasa lebih baik sehabis menangis. 

Mengembalikan Keseimbangan Emosional

Menangis juga tidak selalu dianggap sedang bersedih. Terkadang ketika kita senang, takut, dan stres, kita juga menangis. Penelitian yang dilakukan oleh Yale University menjelaskan bahwa menangis dapat membantu memulihkan keseimbangan emosional. Sehingga, dengan menangis, tubuh kita akan menyembuhkan diri kita dari emosi yang begitu kuat. 

Itulah manfaat yang kamu dapatkan ketika menangis. Sehingga, jangan malu untuk menangis ya Klobbers. Namun, jika kamu merasa menangis secara berlebihan, kamu bisa bicarakan hal tersebut dengan orang yang profesional seperti dokter atau psikolog. Ketika menangis dapat mengganggu aktivitas keseharian kamu, bisa saja hal tersebut menjadi tanda-tanda dari depresi. Meskipun begitu, menangis merupakan hal yang wajar dan cara yang sehat untuk mengungkapkan emosi kamu!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.