Blog post

Tetap Produktif selama Musim Hujan? Ini Tipsnya!

10/10/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Anisa Suci Lestari
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Musim hujan telah datang. Hal ternyaman yang bisa dilakukan adalah berbaring ditempat tidur, menikmati teh atau kopi panas sambil menonton tayangan favorit. Saat hujan kita selalu merasa mengantuk, lelah dan merasa lapar. Musim hujan juga berpengaruh pada kegiatan sehari – hari, bagi yang bekerja di kantor akan kewalahan saat pergi bekerja dan bagi yang bekerja dirumah pun akan terdistraksi dengan hangat dan nyamannya tempat tidur.

Kurangnya sinar matahari berarti sedikit serotonin yang diproduksi dan menyebabkan penurunan suasana hati dalam bentuk kurangnya motivasi. Hal itu juga secara alami memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi lebih banyak melatonin yang mengatur siklus tidur. Itulah sebabnya kita merasa mengantuk atau lesu meskipun cukup tidur sebelumnya. Untuk kamu yang bekerja dari rumah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif:

Minum Segelas Air Putih

Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh menjadi segar dan mendukung untuk produktif. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas perhari membuat tubuh terhidrasi dengan baik sehingga kita dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi.

Membuat to do list

Membuat target apa yang akan kita lakukan memang menjadi cara efektif untuk tetap produktif. Kamu bisa juga menargetkan estimasi waktu pada setiap pekerjaan sehingga kamu akan lebih disiplin. To do list bisa diawali dengan hal yang mudah seperti minum air putih, cuci muka, olahraga, mandi, sarapan, dan pekerjaan yang akan kamu selesaikan pada hari ini. Jangan lupa beri tanda jika kamu telah melakukan salah satu list tersebut dengan simbol ceklis. Hal ini juga bisa melatih soft skill yaitu time management.

Exercise

Saat musim hujan, tubuh merasa lesu dan malas untuk bergerak. Kamu akan menunda dan membuang waktu dengan percuma seperti membuka media sosial tanpa henti. Dengan itu, kamu harus melawan rasa malas tersebut dengan melakukan olahraga. Jika kamu ingin mengatur fokus pada kekuatan, kelenturan dan pernafasan lakukan Yoga atau Pilates, jika kamu ingin latihan dengan intensitas tinggi lakukan KickBoxing, atau HIIT Cardio. Sekarang banyak kreator di YouTube yang membuat video workout dirumah yang bisa kamu ikuti dengan mudah seperti channel Yulia Baltschun, Jennifer Bachdim, Emi Wong, MadFit dan lainnya.

Self-care

Peduli akan diri sendiri sangat mempengaruhi mental dan kesiapan kita dalam bekerja. Setelah melakukan exercise lakukan mindfulness atau meditasi untuk menenangkan diri. Kemudian kamu bisa melanjutkan untuk mandi menggunakan air dingin yang bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan produktivitas. Jangan lupa untuk menggunakan skin care agar tubuh mu tetap ternutrisi. Saat sarapan, pilih makanan yang nyaman untuk perut kamu dan pastikan porsi yang cukup agar kamu tidak merasa mengantuk setelah makan.

Lakukan Pekerjaan Inti

Atur fokus untuk menyelesaikan pekerjaan inti seperti menulis artikel untuk Blog by Klob, mencari pekerjaan, update CV, ikut webinar atau lainnya. Kamu harus menargetkan progres pada setiap pekerjaan. Meskipun progresnya tidak terlalu jauh, setidaknya kamu berproses untuk mencapainya. Hindari untuk membuka media sosial tapi kamu bisa mendengarkan musik yang membuat kamu nyaman untuk bekerja. Nikmati segelas teh panas atau kopi panas untuk menghangatkan dirimu dan tetap fokus bekerja.

Setiap orang tentu akan memiliki respon yang berbeda, ada yang sulit untuk produktif saat musim hujan, ada juga yang bisa produktif. Bagi sebagian orang, musim hujan menjadi waktu terbaik untuk produktif. Sebuah studi yang dilakukan peneliti di Harvard Business School juga menjelaskan bahwa saat hujan, para pekerja menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih singkat daripada hari-hari ketika langit biru. Hal ini dikarenakan cuaca yang cerah cenderung mengalihkan perhatian pekerja untuk melamun diluar. Namun, ketika musim hujan suasana menjadi lebih damai, hanya rintikan air hujan yang membuat kita fokus dengan apa yang ingin kita kerjakan.

 

Sumber:

8 Reasons Why Rainy Days Are Actually the Best

Inilah Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Why do rainy days make us feel sleepy?

Berikan Komentar

Your email address will not be published.