Blog post

Tips Meningkatkan Mood Dalam Bekerja

09/10/2022Rahmat S

HI Klobbers!   

Rutinitas kerja terkadang membuat kondisi mood kita sering cepat berubah, seperti mudah bosan. Nah, hal ini dapat mengganggu produktivitas kita, lho. Selain itu, mood juga dapat berpengaruh terhadap kinerjamu. Namun, Klobbers tak perlu khawatir dengan perubahan perasaan yang terjadi, karena hal tersebut dapat dihindari. Yuk intip 6 tips berikut untuk meningkatkan mood-mu dalam bekerja.

1. Atur Kehidupan Kerjamu

Jika dihari kerja kamu sering merasa stres dan kewalahan, inilah saatnya untuk menenangkan diri dengan menjadi lebih teratur. Pertama, pastikan kamu tiba beberapa menit lebih awal untuk bekerja, hal ini memungkinkan kamu memiliki waktu untuk bersiap diri. Kedua, atur ruangan yang kamu gunakan untuk bekerja, kamu dapat melakukannya dengan membersihkan area kerja, membeli alat tulis yang bagus, memasang foto acara bahagia, kalender lucu, atau meletakkan tanaman yang bagus untuk meja kerja kamu. Terakhir, buatlah daftar semua yang perlu kamu lakukan hari itu dalam urutan prioritas. Jika memungkinkan buatmu,  cobalah untuk mengerjakan hal-hal yang lebih sulit terlebih dahulu untuk membantu menghilangkan beban pikiranmu.

2. Gunakan pakaian dan Aksesoris yang Menarik

Jika kantormu atau tempat kamu bekerja memberikan kebebasan untuk berpakaian sesuai keinginan dan tetap sopan, cobalah memilih pakaian atau aksesori yang meningkatkan mood kamu. Kamu bisa memilih perhiasan yang mengingatkan kamu akan kenangan khusus atau tas warna-warni yang membuat harimu berwarna. Pakaian dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu, sehingga kamu merasa lebih bahagia dan produktif saat bekerja.

3. Tambahkan Beberapa Variasi Untuk Hari Kerjamu

Mengikuti rutinitas yang sama hari demi hari dapat dengan cepat menyebabkan kebosanan dan ketidakpuasan, jadi cobalah membuat setiap hari sedikit berbeda. Cobalah melakukan tugas rutin dalam urutan yang berbeda, berbicara dengan seseorang yang baru atau mengambil rute yang berbeda untuk bekerja, atau bahkan mungkin menggunakan moda transportasi yang berbeda, seperti bersepeda. Jika kamu benar-benar tidak dapat mengubah rutinitas di hari kerja, cobalah mengatur sesuatu yang menyenangkan dan berbeda untuk dilakukan pada istirahat makan siang. Kamu juga dapat mengatur kegiatan yang dapat kamu lakukan setelah hari kerja, seperti makan malam bersama teman-teman, berbelanja, jalan-jalan, melakukan olahraga dll. Memiliki sesuatu yang dinanti-nantikan di penghujung hari membuat harimu lebih semangat loh!

4. Camilan

Kamu dapat membawa beberapa camilan sehat untuk bekerja agar tetap semangat dan meningkatkan mood kamu. Nutrisi tertentu dalam makanan dapat mempengaruhi perasaan kita, jadi cobalah menyimpan makanan pemicu kebahagiaan yang terkenal seperti kenari (asam lemak Omega-3), pisang (triptofan yang memproduksi serotonin dan magnesium yang dapat menenangkan) dan gandum utuh (vitamin B yang meningkatkan suasana hati).

5. Jadilah Positif Dan Ramah Terhadap Teman Kerja 

Terlepas dari bagaimana perasaan kamu, cobalah untuk menerapkan sikap positif dan ramah ketika berbicara dengan rekan kerja, bahkan apabila mereka yang membuat kamu kesal!. Usahakan untuk menyelesaikan konflik apa pun, hindari gosip kantor dan perlakukan semua orang sebagaimana kamu ingin diperlakukan, dan kamu mungkin akan mendapatkan balasan yang sama. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tersenyum dapat membuat kamu merasa lebih bahagia, jadi cobalah untuk tersenyuman agar suasana hati kamu menjadi lebih baik.

6. Hargai Fakta Bahwa Kamu Memiliki Pekerjaan

Jika kamu merasa bahwa pekerjaanmu saat ini bukan pekerjaan yang sesuai untuk kamu, cobalah untuk tetap berpikir positif dan melakukan yang terbaik yang dapat kamu lakukan. Cobalah untuk mengidentifikasi beberapa hal positif dari melakukan pekerjaan saat ini, seperti fakta bahwa pekerjaan sekarang memberikan kamu pengalaman baru, posisi saat ini membuat kamu lebih dekat dengan pekerjaan impianmu, kamu dapat membantu orang lain dalam beberapa cara, atau memberi kamu kesempatan untuk membangun keterampilan tertentu. Jika kamu berpikir positif maka suasana hatimu secara alami akan membaik.

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.