Blog post

Meningkatkan Produktivitas dengan Work From Cafe

09/10/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan kita sehari-hari. Dimulai dari kebersihan, sampai terdapat istilah Work From Home (WFH), Work From Office (WFO), Work From Cafe (WFC), atau Work From Anywhere (WFA). Istilah-istilah tersebut muncul dikarenakan, selama pandemi berlangsung, banyak perusahaan yang menerapkan sistem WFH agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas. Masing-masing individu diharap isolasi mandiri, sehingga tidak perlu bekerja dari kantor. Setelah pandemi mereda, masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem hybrid, sehingga karyawan tidak perlu wajib mengunjungi kantor setiap hari. Nah, dikarenakan hal ini, pada saat WFH, kita juga seringkali merasa suntuk, bosan, dan ingin keluar dari rumah. Klobbers pasti juga merasa bosan kan jika bekerja di rumah terus? Maka dari itu, muncul istilah WFA atau WFC. 

Mengapa memilih WFC? 

Bekerja di rumah memang merupakan hal yang menyenangkan, kita tidak perlu bersiap-siap, berdandan rapi, bahkan bisa langsung bekerja tanpa harus mandi. Namun, seiring berjalannya waktu, pasti kita merasa bosan dengan keadaan tersebut. Sehingga, banyak dari kita memilih untuk bekerja di tempat lain dan salah satu tempat yang nyaman untuk bekerja yang sering kita jumpai adalah cafe. Berikut merupakan beberapa manfaat bekerja di cafe yang dapat menjadi inspirasi kamu!

Lingkungan Baru Menambah Kreativitas

Walaupun kamu memiliki kantor yang luar biasa, terkadang ada saatnya kamu mencari suasana baru. Dengan bekerja di kantor secara rutin, hal tersebut menghasilkan rutinitas atau kebiasaan, dan untuk menjadi lebih kreatif, terkadang kita harus keluar dari rutinitas sehari-hari. Sehingga, dengan mengganti lingkungan kerja kamu, kamu dapat memperluas kreativitas mu. Luangkan satu hari bekerja di cafe dan hal tersebut akan memberi stimulus terhadap ide-ide baru yang mungkin menghambat selama ini. 

Gangguan yang Sedikit

Meskipun kita berada di luar ruangan dan dikelilingi beberapa orang, namun ternyata bekerja dari cafe ternyata menambah produktivitas loh Klobbers! Ketika kita berada di kantor, terkadang seringkali kita terganggu oleh teman di kantor. Mengobrol, bercerita dan bercanda dengan teman kantor membuat hari kita terasa lebih cepat, namun kita jadi tidak begitu produktif. Sama halnya dengan berada di rumah. Meskipun rumah merupakan tempat nyaman kita, tetapi justru terlalu nyaman menyebabkan kita jadi menunda-nunda pekerjaan. Alhasil, muncullah sikap procrastination. Dengan bekerja di cafe, kamu dapat merasakan suasana ramai, namun tidak terganggu, karena kamu tidak mengenali orang-orang di cafe tersebut. Cafe juga memiliki suasana lingkungan yang menyenangkan, sehingga kamu tetap merasa terjaga dan aktif ketika bekerja. 

Membantu Kita Tetap Intens

Selaras dengan manfaat-manfaat di atas. Bekerja di cafe atau coffee shop, dapat menambah motivasi kerja kamu. Jika kamu memiliki goals yang spesifik dan to do list yang cukup banyak, cobalah untuk membuat target dan pergi ke cafe terdekat. WFC membantu kita untuk intens, fokus, dan menambah produktivitas. Kebanyakan orang juga memilih tempat tersebut sebagai sarana mereka bekerja. Sehingga, dengan melihat banyaknya orang yang bekerja, hal tersebut memotivasi kamu untuk fokus pada laptop atau tab kamu, dan pekerjaan akan selesai. 

Serius dan Santai

Bekerja di cafe berarti kamu juga dapat memberi reward pada diri kamu sendiri. Contohnya, dengan memesan makanan dan minuman. Lalu apa untungnya dari hal tersebut? Klobbers tidak perlu menunggu jam makan siang untuk makan, dan bisa memberi reward kepada diri sendiri secara langsung. Jika kamu lelah bekerja, kamu dapat memberikan sedikit distraksi dengan memesan roti, lalu kamu dapat beristirahat selama 15 menit, dan kemudian melanjutkan pekerjaan. 

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.