Blog post

Ingin Pergi Camping? Yuk Simak Tips Berikut Ini!

05/10/2022Dwi

Hi Klobbers!

Salah satu cara untuk beristirahat dari rasa lelah dan jenuhnya aktivitas ialah dengan bepergian. Ada yang memilih pergi ke luar kota, luar negeri, atau pergi ke alam terbuka, seperti berwisata ke hutan, pegunungan, sungai, dan lain sebagainya. Berwisata ke alam terbuka bisa membantu kamu untuk beristirahat dari riuhnya perkotaan serta menyegarkan kembali tubuh dan pikiran sehingga bisa semangat untuk kembali beraktivitas lagi. Selain berwisata, kegiatan lain yang dapat dilakukan saat pergi ke alam terbuka yaitu berkemah atau camping.

Camping bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, baik dilakukan sendiri, bersama teman, atau keluarga. Akan tetapi, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dan siapkan agar kegiatan camping dapat berjalan dengan aman, lancar, dan menyenangkan. Nah, bagi kamu yang ingin pergi camping, yuk simak tipsnya!

Memilih Lokasi Camping

Pemilihan lokasi camping menjadi hal yang sangat penting. Jika ini akan menjadi pengalaman camping pertama kamu, pilihlah lokasi yang dapat terjangkau dan aksesnya mudah dilewati berbagai kendaraan. Sebaiknya, lakukan camping di perkemahan lokal yang berada di kota atau sekitar kota kamu. Ini menjadi salah satu pilihan terbaik karena area tersebut sudah didesain untuk aktivitas berkemah serta biasanya ada petugas yang berjaga di sana. Selain itu, periksalah terlebih dahulu mengenai fasilitas yang ada di sana, dari mulai kamar mandi hingga fasilitas lain yang tersedia. Memeriksa fasilitas yang ada di tempat perkemahan akan membantu kamu untuk mengetahui berbagai keperluan yang perlu disiapkan.

Jika kamu ingin camping di alam terbuka seperti hutan, gunung, dan pantai sebenarnya bisa saja. Namun, jika kamu belum pernah memiliki pengalaman camping sebelumnya, sebaiknya jangan dulu ya, Klobbers. Cobalah untuk merasakan dan menikmati pengalaman camping pertama kamu di tempat yang lebih aman.

Mengecek Ramalan Cuaca

Akhir-akhir ini cuaca sering tidak terduga. Kadang bisa sangat panas atau tiba-tiba hujan lebat. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengecek ramalan cuaca terlebih dahulu sebelum pergi camping. Meskipun tidak selalu akurat, namun hal ini bisa membantu kamu dalam merencanakan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan serta mempersiapkan diri untuk menghadapi kondisi jika cuacanya kurang baik.

Merencanakan Aktivitas Selama Camping

Kamu bisa memikirkan berbagai rencana yang dapat dilakukan agar bisa menghabiskan waktu dengan menyenangkan dan lebih bermakna selama camping. Jika kamu bersama dengan teman atau keluarga, beberapa aktivitas yang dapat dilakukan contohnya seperti bermain berbagai games yang peralatannya mudah dibawa atau dilakukan di tempat camping, memasak bersama, hingga membuat api unggun sambil menikmati keindahan langit malam. Akan tetapi, meskipun kamu pergi sendiri, kamu juga tetap bisa membuat rencana untuk memanfaatkan me-time  kamu dengan sebaik mungkin, Klobbers. Intinya, coba rencanakan terlebih dahulu berbagai aktivitas yang ingin kamu lakukan selama camping, baik kamu lakukan sendiri atau bersama dengan teman maupun keluarga.

Menyiapkan Berbagai Peralatan yang Dibutuhkan

Ini menjadi salah satu hal penting yang harus kamu siapkan dengan baik. Memutuskan untuk camping tentunya juga disertai dengan serangkaian peralatan yang tidak boleh lupa dibawa. Beberapa peralatan utama yang dibutuhkan antara lain seperti tenda, alat penerangan (senter, lampu portable), bahan makanan dan snack, persediaan air minum yang banyak, obat, pakaian, selimut, sandal dan sepatu, baju yang tahan air, jaket/baju hangat, selimut, hingga peralatan pribadi.

Sesuaikan barang bawaan kamu dengan durasi camping serta kondisi di lokasi tujuan kamu, ya. Pikirkan baik-baik apa saja yang perlu kamu bawa dan buatlah dalam bullet list untuk memudahkan kamu mengeceknya. Tidak apa jika kamu menyiapkan segala sesuatunya dengan mendetail, karena kamu tidak tahu kondisi seperti apa yang akan dihadapi selama camping. Selain itu, kamu juga bisa melakukan research untuk mengetahui lebih detail peralatan apa saja yang perlu disiapkan atau bertanya kepada orang terdekat kamu yang sudah lebih berpengalaman dalam aktivitas camping.

Mengecek Peralatan Camping

Saat packing peralatan, hal penting yang harus kamu lakukan ialah memastikan bahwa berbagai peralatan tersebut dapat berfungsi dengan baik. Misalnya, tenda yang kamu bawa dalam kondisi baik serta ukurannya cukup nyaman sesuai dengan jumlah orang yang akan menempatinya. Kemudian, kompor yang kamu bawa bisa berfungsi dengan baik, dan begitu juga dengan peralatan lainnya. Jika ada gadget yang ingin kamu bawa atau mungkin peralatan lain yang perlu di-charge, maka kamu bisa terlebih dahulu mengisi daya berbagai peralatan tersebut sebelum pergi.

Cari Tahu Peraturan yang Berlaku di Lokasi Camping

Biasanya, setiap tempat camping memiliki peraturan yang perlu kamu ketahui dan taati. Tujuannya ialah agar orang-orang bisa menikmati pengalaman camping dengan aman dan nyaman di sana. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari tahu peraturan yang berlaku di tempat camping tujuan kamu ya, Klobbers. Kamu juga bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet mengenai lokasi camping tersebut. Atau, bisa juga dengan bertanya kepada kenalan kamu yang sudah pernah camping di sana. Harap diingat bahwa memahami situasi, kondisi, dan menaati peraturan di lokasi camping juga menjadi hal yang penting, Klobbers.

Tetap Waspada dan Jagalah Kebersihan

Bepergian ke manapun, apalagi ke tempat baru, tentunya kita harus selalu aware terhadap kondisi sekitar dan berhati-hati, Klobbers. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan. Jika di lokasi camping tidak ada tempat pembuangan sampah, maka kamu bisa mengumpulkan sampah tersebut dalam satu wadah sehingga nantinya bisa dibuang setelah selesai camping.

Nah, itulah beberapa tips untuk Klobbers yang ingin camping. Persiapkan dengan baik berbagai peralatan yang kamu perlukan serta cari informasi sebanyak-banyaknya ya, agar kegiatan camping kamu bisa berjalan dengan aman, lancar, dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan juga, Klobbers. Stay safe and healthy!

Referensi:

Sumber

Sumber

 

 

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.