Blog post

Bagaimana Cara Menerapkan Mindful Eating?

04/10/2022Dwi

Halo Klobbers!

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang mindful eating dan apa saja manfaatnya. Menerapkan mindful eating secara teratur dapat memberikan manfaat untuk kesehatan serta well-being individu. Nah, apakah ada Klobbers yang tertarik untuk menerapkannya, namun bingung bagaimana caranya? Yuk, simak informasi berikut ini!

Menyusun Menu Makanan Harian

Menyusun rencana atau menu makanan harian yang meliputi makanan sehat maupun makanan yang mungkin tidak terlalu bergizi akan membantu kamu lebih aware terhadap makanan yang dikonsumsi. Jika kamu ingin memulainya secara bertahap, kamu bisa mengombinasikan makanan sehat dalam porsi yang lebih besar dan makanan yang berkalori tinggi atau kurang sehat dalam porsi yang lebih kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa lebih mengurangi porsi atau mengganti makanan yang kurang sehat dengan makanan maupun snack yang lebih sehat .

Memperhatikan Daftar Belanja

Berbelanja kebutuhan, baik harian, mingguan, atau bulanan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh hampir semua orang. Biasanya, jika tidak dilakukan secara terencana bisa membuat kamu cenderung sembarangan mengambil berbagai barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, termasuk berbagai macam jenis makanan, minuman, maupun snack yang kurang sehat atau bergizi. Padahal, menerapkan mindful eating berarti kamu juga memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, lho. Oleh karena itu, salah satu hal yang bisa dilakukan ialah dengan membuat daftar belanja.

Coba pertimbangkan nilai kesehatan dari setiap produk yang dimasukkan dalam daftar belanja kamu. Sebaiknya kamu menghindari makanan olahan atau berbagai snack yang mengandung tinggi garam dan gula. Kemudian, belanjalah sesuai dengan daftar yang telah dibuat. Dengan demikian, selain kamu lebih selektif terhadap makanan dan minuman yang akan dikonsumsi, cara ini juga bisa membantu kamu untuk menghindari impulsive buying, Klobbers.

Memahami Rasa Lapar yang Dirasakan

Apakah kamu pernah merasa lapar dan ingin makan sesuatu, padahal baru saja makan dalam porsi yang besar? Jika iya, coba cari tahu apa sebenarnya intensi kamu untuk makan. Tanyakan diri kamu, apakah kamu benar-benar merasa lapar atau mungkin sedang merasa bosan? Kemudian, pernahkah kamu merasa ingin makan yang banyak karena sangat lapar setelah melewatkan waktu makan? Jika pernah, hal seperti ini sebaiknya dihindari, Klobbers. Dalam kondisi seperti itu, kamu cenderung akan memiliki keinginan untuk makan dalam jumlah yang besar agar dapat mengatasi rasa lapar yang dirasakan, alih-alih menikmati pengalaman mengonsumsi makanan.

Menjadwalkan Makan dalam Porsi yang Lebih Kecil

Jika kamu memiliki kebiasaan melewatkan sarapan atau hanya makan berat dengan frekuensi sekali hingga dua kali dalam sehari, bisa saja menyebabkan perut kamu kembung atau mungkin kamu malah makan dalam jumlah yang sangat banyak agar bisa merasa kenyang. Untuk mengubah kebiasaan ini, cara yang bisa kamu coba ialah dengan menjadwalkan makan dalam porsi yang lebih kecil dalam jeda waktu setiap sekitar tiga jam. Tidak harus makan berat, kamu bisa makan snack seperti sepotong buah dan yoghurt. Tujuannya yaitu agar perut kamu tidak kosong dalam waktu yang terlalu lama sehingga tidak membuat kamu makan dalam porsi yang terlalu banyak dalam satu waktu.

Apresiasi Makanan Kamu

Luangkan waktu sebentar sebelum kamu mulai makan. Berikan perhatian penuh terhadap makanan tersebut serta semua orang yang terlibat dalam proses pembuatannya hingga bisa sampai di hadapan kamu. Kamu bisa mengucapkan rasa syukur dan terima kasih dalam hati karena telah mendapat kesempatan untuk bisa menikmati makanan tersebut.

Menggunakan Semua Indra dan Makan Secara Perlahan

Dari proses memasak hingga mengonsumsi makanan, kamu bisa melibatkan semua indra yang dimiliki, meliputi indra penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, dan perasa. Berikan perhatian terhadap warna, tekstur, aroma, hingga suara yang dihasilkan saat kamu mengunyah makanan. Kamu bisa makan dalam gigitan kecil agar lebih mudah untuk mencicipi makanan secara utuh. Kemudian, makanlah secara perlahan dan cermati baik-baik bagaimana rasa makanan tersebut.

Fokuslah pada pengalaman yang dirasakan selama menikmati makanan. Apakah kamu merasa bahagia atau puas dengan makanan tersebut? Ataukah kamu mulai merasa kenyang? Tidak perlu terburu-buru, nikmati momen yang ada dan berikan perhatian penuh pada kondisi saat itu. Jangan lupa, dengarkan juga isyarat dari tubuh kamu. Berhentilah makan saat kamu merasa kenyang, Klobbers.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menerapkan mindful eating dalam kehidupan sehari-hari. Membangun kebiasaan mindful eating untuk hidup yang lebih sehat memang tidak mudah. Namun, harap diingat bahwa asupan makanan menjadi hal yang bisa memengaruhi kesehatan dan well-being kita, Klobbers. 

Dengan menerapkan mindful eating dan lebih peka terhadap sinyal yang diberikan tubuh, coba rasakan bagaimana setiap makanan yang kamu konsumsi memengaruhi diri kamu, baik secara fisik maupun emosional. Dengan demikian, kamu bisa menyadari bagaimana kondisi serta perasaan kamu setelah mengonsumsi sesuatu. Apabila kamu merasakan manfaat dari menerapkan mindful eating secara teratur, maka lama-kelamaan hal ini bisa menjadi kebiasaan baik yang dapat dilakukan secara otomatis. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Klobbers. Good luck!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.