Blog post

Yuk Simak Tanda Kecemasan dalam Bekerja!

02/10/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Apakah ada di antara kamu yang sedang mengalami stres? Mungkin stres dengan kegiatan sehari-hari, atau dengan pekerjaan? Nah jika kamu merasa stres, jangan dibiarkan ya. Kita akan membantu kamu untuk meningkatkan self awareness dan memperbaiki kesehatan mental kamu. Kenapa sih stres harus diperhatikan? Menurut survei yang dilakukan oleh Anxiety Disorder Association of America, terdapat 9% individu terdiagnosa memiliki anxiety disorder, dan 40% mengalami stres atau kecemasan pada daily lives mereka. 

Kecemasan umum atau kecemasan dalam bekerja, disebabkan oleh stres bekerja – sehingga penting bagi kita untuk menyembuhkan rasa stres kita dalam bekerja.

Ketika kita sudah mengalami kecemasan bekerja atau yang disebut sebagai work anxiety, maka kegiatan kita juga akan terganggu. Secara spesifik, work anxiety dapat memberikan dampak negatif bagi keseharian kita dan juga pada organisasi di tempat kita bekerja, karena outcome yang dihasilkan kurang maksimal.

Penyebab dari Kecemasan dalam Bekerja

Kecemasan dalam bekerja dapat disebabkan oleh beberapa hal di lingkungan kerja. Hal ini tidak asing lagi, karena kejadian sekecil apapun bisa berpeluang menyebabkan kecemasan dalam bekerja. Misalnya, ketika kita sebagai fresh graduate, atau berpindah tempat kerja. Kita pasti bertanya-tanya mengenai lingkungan baru yang akan kita tempati dan hal tersebut membuat kita cemas. 

Tidak tertutup pada pengalaman pertama bekerja, ketika sedang berada di lingkungan kerja, tentunya segala sesuatu dapat terjadi. Hal yang tidak kita duga, seringkali menyebabkan kegelisahan yang berlanjut. Berikut beberapa contoh pengalaman di lingkungan kerja yang dapat memicu kecemasan kamu:

    1. Berhadapan dengan bully atau konflik
    2. Deadlines
    3. Maintain hubungan dengan rekan kerja
    4. Bekerja lebih lama daripada biasanya
    5. Memiliki atasan yang demanding
    6. Workload yang berlebihan
    7. Tidak tahu arahan dalam bekerja
    8. Low reward (gaji, benefit, dan lainnya)

Efek yang Ditimbulkan dari Kecemasan Bekerja

Seperti apa yang sudah dijelaskan di atas, kamu harus meningkatkan awareness kamu terhadap kesehatan mental kamu ya, Klobbers! Ketika kamu mengalami stres bahkan sampai cemas dalam bekerja, berikut beberapa efek negatif yang kamu dapatkan:

  1. Mengurangi performa dan kualitas bekerja
  2. Mempengaruhi hubungan dengan rekan kerja dan atasan
  3. Memberikan efek kepada kehidupan personal
  4. Berdampak pada hubungan dengan pasangan
  5. Pengurangan konsentrasi
  6. Menghambat kesempatan seperti: public speaking, berpendapat saat meetings, dan bertemu dengan orang baru.
  7. Ketidakjelasan dalam goal dan achievement
  8. Tidak berani mengambil resiko 
  9. Merasa terisolasi
  10. Mengurangi rasa kepuasan dalam bekerja

Coping dengan Rasa Cemas Kamu!

Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membantu kamu dalam mengatasi kecemasan bekerja-mu. Cobalah untuk menghindari orang-orang yang membuat kamu merasa cemas terlebih dahulu. Setelah beristirahat dari orang-orang tersebut, kamu bisa coba membuka diri untuk berbicara dengan orang lain, ketika kamu mulai merasa cemas. Klobbers juga dapat mencari professional help jika rasa cemas tersebut berdampak pada keseharian mu. Beberapa strategi lain diantaranya adalah:

  1. Menyisihkan waktu untuk sendiri 
  2. Carilah kegiatan yang membuat kamu senang
  3. Berjalan di luar untuk menghirup udara segar dan beristirahat sejenak
  4. Fokus pada kehidupan di luar pekerjaan, seperti teman dan hobi
  5. Lihat kembali apa yang kamu takuti, dan tanyalah kepada diri sendiri apakah ketakutan tersebut bersifat wajar.

Jika kamu merasa memiliki kesamaan dengan apa yang sudah dibicarakan di atas, Klobbers tidak perlu khawatir dan mulailah untuk membuka diri kepada orang terdekat. Selamat mencoba!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.