Blog post

Tips Meningkatkan Self-Regulation Dalam Bekerja

02/10/2022Rahmat S

Hi Klobbers!

Kalau kemarin kita sudah bahas tentang pentingnya self-regulation dalam bekerja, kali ini kita akan bahas hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan self regulation-mu. Tahukah kamu? self-regulation yang baik dapat memengaruhi caramu berkomunikasi. Kamu akan terbiasa untuk berpikir sebelum bertindak. Selain itu, kamu mampu menyelesaikan konflik dengan baik, memiliki perspektif luas, dan manajemen waktu, serta manajemen stres. Hal ini terjadi karena kamu mempertimbangkan banyak pilihan logis dan beradaptasi dengan situasi yang baru. Jika pengaturan dirimu berjalan baik, kamu akan menjadi individu yang bertanggung jawab dan disiplin. Kamu akan fokus pada tujuan yang ingin kamu capai.

Nah, yuk intip tips-tips berikut yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan self-regulation-mu!

Melatih  Kesadaran Diri

Salah satu langkah terpenting dalam pengaturan diri yang harus Klobbers tahu adalah mengenal diri sendiri. Kesadaran diri adalah kemampuan untuk melihat diri sendiri dengan jelas, memahami bagaimana orang lain melihat kamu, dan memahami bagaimana kamu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarmu.

Cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk melatih kesadaran diri, yaitu mulai dengan mengobservasi diri kamu sendiri untuk melihat tindakan atau pun perasaan yang kamu alami dalam situasi tertentu. Latihan ini membantu kamu untuk lebih memahami diri sendiri dan emosi yang kamu miliki. 

Meditasi

Kegiatan meditasi memungkinkan kamu untuk dapat mengendalikan pikiranmu dengan lebih tenang. Hal ini akan berdampak positif  pada kemampuan pengaturan dirimu. Kamu dapat melakukan aktivitas meditasi dimana pun dan kapan pun seperti pagi hari sebelum kamu memulai aktivitas, jam makan siang, atau sebelum kamu beristirahat. Yuk sisihkan waktumu setiap hari untuk duduk di tempat yang tenang, menjernihkan pikiran dan mengatur nafas. Latihan ini dapat membantu kamu mengembangkan sikap tenang ketika berada dalam situasi sulit dan membantu kamu mengatur emosi serta tindakan yang harus kamu lakukan.

Yuk Mulai Berolahraga 

Kegiatan olahraga dapat meningkatkan endorfin yang mempengaruhi mood kamu serta membantu mengurangi stres yang kamu alami. Olahraga teratur membantu kamu untuk tetap fokus dalam menetapkan tujuan, dan membuat kesehatanmu menjadi lebih baik secara keseluruhan. Selama bekerja pertimbangkan untuk beristirahat secara teratur dan melakukan aktivitas fisik. Sebagai contoh, kamu dapat meluangkan waktu beberapa saat untuk menjauh dari pekerjaan, sekadar meregangkan tubuh, berjalan-jalan atau mengatur ulang pikiranmu sehingga suasana hatimu menjadi lebih baik dan kamu terlihat lebih segar ketika kembali bekerja.

Sesuaikan  Tujuan dengan Nilai yang Kamu Miliki

Kamu dapat lebih termotivasi dan berkomitmen untuk mengatur emosi dan tindakan ketika kamu fokus pada apa yang menjadi prioritasmu. Misalnya, jika kamu menghargai hubungan dengan individu lain, berusahalah untuk memperkuat hubungan kamu dengan rekan kerja dengan mengenal mereka pada tingkat yang lebih pribadi dan berpartisipasi dalam acara tim. 

Self-love

Tidak ada yang lebih bahagia ketika kamu mampu memberikan cinta kasih kepada diri sendiri. Hal ini akan membuatmu terlatih untuk menghargai setiap perjuangan yang kamu lewati. Kamu juga dapat menerapkan hal positif dengan merayakan kemenanganmu sebagai rasa berterima kasih kepada dirimu sendiri. Memberikan hadiah kepada dirimu sendiri merupakan strategi membangun citra diri yang lebih positif dari waktu ke waktu, lho. 

Menulis

Tahukah kamu? Kegiatan menulis dapat membantumu menenangkan diri setelah kamu melewati hari-harimu. Ini akan menjadi hal yang menyenangkan karena kamu dapat mendokumentasikan kemajuanmu selama proses pengaturan diri yang kamu lakukan setiap hari, baik negatif atau positif. Hal ini dilakukan agar kamu dapat melihat kilas balik yang telah kamu lewati.

Bangun Self-talk yang positif 

Ketika kamu sedang mengalami situasi yang tidak menyenangkan di kantor, kamu dapat meregulasikan dirimu dengan membangun self-talk yang positif. Hal ini karena pikiran menghasilkan perasaan. Jadi, penting sekali untuk kamu fokus pada hal-hal positif yang kamu inginkan. Pelatihan self-talk dapat kamu lakukan secara lantang atau internal (berbicara di dalam hati).

Mintalah Orang Lain Mengevaluasi Dirimu

Tidak ada individu yang sempurna. Di dalam lingkungan sosial, terkadang kamu memerlukan orang lain dalam mengelola pengaturan dirimu. Hal ini dilakukan agar kamu mampu melihat sisi dirimu secara objektif. Mintalah rekanmu mengevaluasi dirimu secara objektif. Latihan ini juga dapat menginspirasi orang lain untuk melatih keterampilan mengatur diri mereka sendiri juga. 

Jadilah Individu yang Bertanggung Jawab

Menjadi pribadi yang bertanggung jawab dapat kamu mulai dengan mengontrol dirimu, dengan memisahkan kepentingan pribadimu dan tugas utamamu. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat skala prioritas dalam melakukan berbagai aktivitas.  Kamu juga dapat meminta rekanmu untuk menjadi mitra akuntabilitas yang akan memeriksa kemajuanmu setiap hari. Ini akan membuat kamu terlatih untuk bertanggung jawab atas tugas yang diamanahkan kepadamu. 

Perbanyak Literasi

Membaca buku dan jurnal pendidikan, mendengarkan podcast, atau mengikuti kursus online adalah kegiatan yang dapat menambah wawasanmu. Ini akan menjadi aktivitas yang bagus unutk meningkatkan kecerdasan emosionalmu. Kamu akan terbiasa teliti, tidak hanya pada diri sendiri, tetapi juga kepada orang-orang di sekitarmu. Strategi lain yang dapa kamu lakukan adalah dengan mengenali tren, kebiasaan, dan pemicu untuk mencegah dirimu bereaksi negatif terhadap situasi sulit.

Nah, itulah tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan self-regulation-mu. Selamat mencoba, Klobbers! 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.