Blog post

Pentingnya Self-Regulation Dalam Bekerja

25/09/2022Rahmat S

Hi Klobbers!

Tahukah kamu pengaturan diri yang baik mempengaruhi cara kamu berpikir, merasa, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari? Pengaturan diri yang baik juga dapat mengurangi tingkat burnout yang kamu alami dan tentunya meningkatkan produktivitasmu dalam bekerja. Selain itu pengaturan diri yang baik juga mempengaruhi berbagai aspek lainnya loh! Yuk Klobbers cari tahu lebih lengkap tentang pentingnya pengaturan diri yang baik, di sini!

1. Komunikasi

Pengaturan diri yang baik di tempat kerja, dapat meningkatkan kemampuanmu untuk secara aktif mendengarkan dan memahami apa yang terjadi di sekitarmu. Selain itu kamu juga menjadi lebih tenang untuk berpikir sebelum berbicara atau bertindak.

2. Resolusi Konflik

Kamu dapat menangani konflik dengan baik karena kamu dapat mempertimbangkan perbedaan pendapat dan lebih berempati dengan rekan kerja atau pun orang lain yang berinteraksi denganmu di tempat kerja. Sebagai orang yang mengatur diri sendiri, kamu menjadi cenderung langsung mengatasi penyebab konflik dan menghindari membiarkan emosi mengendalikan responmu terhadap situasi.

3. Perspektif

Pengaturan diri memungkinkan kamu untuk tetap tenang dalam situasi yang menantang dan merespons dengan lebih efektif. Selain itu kamu menjadi lebih fokus pada tujuan akhir dan fakta bahwa menyelesaikan konflik dapat menghasilkan tempat kerja yang lebih baik.

4. Penyelesaian Masalah

Kamu cenderung menjadi pemecah masalah yang baik karena kamu dapat mempertimbangkan banyak pilihan logis dan dapat beradaptasi ketika ada solusi baru yang muncul untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Manajemen Waktu

Ketika kamu mempraktikkan pengaturan diri, kamu dapat meningkatkan manajemen waktumu di tempat kerja dengan membuat diri kamu bertanggung jawab atas tenggat waktu. Selain itu kamu juga menjadi lebih dapat diandalkan karena kamu dapat mempertimbangkan tindakan yang harus kamu lakukan sesuai dengan waktu yang ada, sehingga kamu memiliki persiapan yang baik untuk tetap produktif.

6. Manajemen Stres

Ketika pekerjaanmu menumpuk dan menyebabkan stres yang dapat membuat tindakan yang kurang tepat ataupun badmood. Latihan pengaturan diri secara teratur dapat membantu kamu untuk menenangkan diri dan tampil percaya diri dalam menyelesaikan tugasmu serta mengelola stres yang muncul.

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.