Blog post

Pengaruh Workplace Friendship dengan Mood Bekerja

25/09/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Bangun di pagi hari dan harus pergi ke kantor tentunya melelahkan. Apalagi kegiatan ke kantor dilakukan secara berulang, dan banyak dari kita yang menghabiskan waktu di mobil. Sesampainya di kantor, kita langsung berhadapan dengan berbagai macam pekerjaan. To do list yang menumpuk, ditambah revisi yang tidak ada habisnya, membuat kita jenuh dalam bekerja. 

Pekerjaan yang membuat jenuh akan terobati dengan lingkungan kerja yang sehat. Salah satu contoh dari lingkungan kerja yang sehat adalah berelasi baik dengan teman kerja.

Dikutip dari betterup.com, terdapat 43% karyawan tidak memiliki sense of connection dengan karyawan lainnya. Beberapa pekerja, cenderung tidak memikirkan sosialisasi dalam lingkungan kerja, dan merasa tidak terganggu jika tidak memiliki teman kerja. Mereka juga tidak menaruh effort untuk menciptakan teman kerja yang akrab. 

Melihat dari data di atas, kita berpikir bahwa orang mengabaikan untuk memiliki teman kerja yang akrab. Padahal, dengan memiliki teman kerja, hal ini dapat membantu kita untuk lebih baik dalam performa, perasaan dan perkembangan kita dalam bekerja. 

Manfaat lainnya: 

  1. Meningkatkan pencapaian tujuan dalam bekerja,
  2. memperbaiki well being atau kesejahteraan,
  3. meningkatkan hubungan yang positif,
  4. dan meningkatkan pertumbuhan yang profesional dalam bekerja.

Penelitian dalam Steelcase.com juga mengatakan, bersosialisasi dengan teman kerja, dapat meningkatkan 7 kali lipat job satisfaction dan mengurangi hormon stres dalam tubuh. Melalui pernyataan tersebut, yuk kita intip lebih dalam bagaimana strategi awal untuk menciptakan koneksi baik dalam lingkungan kerja:

Membuat Koneksi

Kegiatan Work From Home (WFH) mendapatkan banyak keuntungan, meskipun juga terkadang menempatkan kita pada situasi yang tidak menguntungkan. Meeting online membuat segalanya lebih mudah, namun kegiatan yang dilakukan online, membuat kita lebih sulit untuk bersosialisasi. Beberapa perusahaan, menyediakan kegiatan online untuk membantu karyawannya memiliki koneksi yang baik. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah: movie nights, dan program untuk meningkatkan koneksi dalam pertemuan virtual.

Personal and Professional

Meningkatkan koneksi bisa dilakukan dengan cara membagikan apa yang kamu rasakan. “How do you feel?” merupakan pertanyaan yang dapat diucapkan sembari meng-update kerjaan kamu. Jawaban yang diberikan tidak perlu bersifat personal, kamu bisa share apa yang ingin kamu ungkapkan pada hal-hal yang simpel. Contoh: “weekend ini aku akan pergi menonton bioskop bersama teman, jadi minggu ini terasa sangat menyenangkan.” Ungkapan yang simpel tersebut, dapat mempengaruhi mood dalam bekerja, dan memicu adanya interaksi antara satu karyawan dengan yang lainnya.

Membagikan Kegelisahan

Koneksi yang baik, tidak hanya datang dari ucapan yang positif saja. Jika kamu sebagai pemimpin memiliki kegelisahan, kamu dapat membagikan kegelisahan tersebut dengan tim kerja kamu. Dengan membagikan kegelisahan tersebut, kita akan meningkatkan brainstorming dan empati – yang mengarah pada peningkatan sosialisasi di tempat kerja. 

Untuk Klobbers yang baru memasuki dunia kerja, hal ini wajib dicoba ya! Kalau kalian sudah memiliki teman di tempat kerja, pastinya tidak akan menyesal karena tentunya menghasilkan benefit tersendiri. 

Good Luck!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.