Blog post

Tips untuk Mengatasi Rasa Jenuh dalam Bekerja

19/09/2022Dwi

Hi Klobbers!

Rasa bosan merupakan perasaan yang wajar muncul saat sedang bekerja, terlebih lagi jika pekerjaan yang kita lakukan bersifat repetitif. Melakukan rutinitas tugas yang berulang-ulang nampaknya tidak memberikan tantangan baru dan memicu timbulnya perasaan jenuh, yang pada akhirnya bisa saja mengganggu produktivitas individu. Selain itu, apa lagi sih sebenarnya dampak dari rasa bosan yang dialami saat bekerja?

Melansir dari Harvard Business Review, dampaknya ternyata cukup beragam, Klobbers. Beberapa dampak melakukan pekerjaan yang monoton antara lain ialah bisa memengaruhi kesehatan mental, seperti munculnya stres yang dapat mengarah pada terjadinya burnout. Selain itu, saat kita merasa bosan, ternyata memengaruhi kemampuan kita dalam melakukan penilaian, perencanaan, fokus, hingga kontrol emosi diri. Bahkan, rasa bosan juga menjadi salah satu alasan utama individu untuk mencari pekerjaan baru. Wah, ternyata dampaknya cukup beragam dan tidak bisa menjadi hal yang disepelekan begitu saja. Kemudian, bagaimana jika rasa bosan muncul saat bekerja? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

Memaknai Kembali Pekerjaan yang Dilakukan

Terkadang, karena terlalu sering melakukan rutinitas pekerjaan yang monoton, rasa bosan pun muncul hingga bisa membuat kita merasa kehilangan semangat dalam bekerja. Padahal, mungkin saja pekerjaan yang dijalani merupakan pekerjaan yang kita sukai atau inginkan sejak dahulu. Jika demikian, ada baiknya untuk mengingat kembali apa makna atau nilai dari pekerjaan yang dilakukan. Misalnya, mengingat apa saja manfaat yang kita berikan kepada orang lain sebagai hasil dari pekerjaan tersebut. Dengan demikian, motivasi atau semangat untuk bekerja bisa naik dan membuat kita dapat lebih menikmati pekerjaan yang dijalani.

Mendengarkan Musik

Salah satu cara sederhana untuk membantu mengatasi rasa bosan yang muncul saat bekerja ialah dengan mendengarkan musik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada menunjukkan hasil bahwa bekerja sambil mendengarkan musik ternyata mampu meningkatkan kinerja individu. Hal ini dikarenakan musik dapat membantu mengurangi rasa bosan yang muncul karena seseorang melakukan pekerjaan yang bersifat repetitif.

Menata Ruang Kerja

Apakah kamu pernah mencoba untuk menata ulang ruang kerja? Meskipun terdengar sederhana, namun hal ini bisa membantu kamu untuk membuat tempat kerja menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk mendorong peningkatan produktivitas. Melakukan penataan dapat menjadi salah satu cara bagi kamu untuk melakukan self-care di tempat kerja, tempat dimana kamu banyak menghabiskan waktu di sana. Kamu juga bisa menempatkan berbagai gambar atau tulisan yang membuat kamu merasa lebih termotivasi atau meningkatkan semangat. Jangan lupa, pastikan juga bahwa kamu mendapatkan space kerja yang cukup dan nyaman, serta semua peralatan penting yang kamu butuhkan ada di tempat yang mudah dijangkau.

Menjaga Work-Life Balance

Salah satu pilihan yang dapat kamu ambil ialah bekerja dengan sebaik-baiknya dan pulang tepat waktu. Setelah itu, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya yang menyenangkan untuk melepas penat dan mencapai work-life balance. Dengan demikian, kamu dapat menjadikan hal tersebut sebagai cara untuk mengatasi rasa bosan yang terjadi selama di tempat kerja.

Mencari Role Baru dalam Organisasi

Jika memungkinkan, kamu bisa mengajak atasan kamu untuk berdiskusi. Sampaikan kondisi yang kamu alami, apa dampaknya terhadap produktivitas, serta bagaimana harapan kamu dalam bekerja. Apabila ada posisi yang kamu inginkan tersedia di organisasi, kamu bisa menjelaskan mengapa ingin mengambil peran atau role tersebut, serta hal apa yang mendukung kamu untuk mendapatkan role baru dalam organisasi. Harap diingat bahwa hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kebosanan dalam kerja, namun tidak menjamin bahwa kamu akan lebih merasa puas atau tertantang dalam menjalani role baru yang diinginkan.

Switch Career

Jika kamu sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi rasa bosan dalam bekerja namun tidak juga berhasil, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk pindah jalur karier atau switch career. Dalam dunia kerja, hal ini memang biasa terjadi. Mungkin saja kamu menemukan minat atau potensi lain yang kamu nilai layak untuk lebih dikembangkan. Akan tetapi, harap diingat juga bahwa untuk berpindah jalur karier memerlukan persiapan. Cobalah untuk mencari informasi lebih dalam mengenai karier yang menjadi tujuan kamu serta persiapkan diri untuk switch career.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi rasa bosan saat bekerja. Meskipun rasa bosan menjadi hal yang wajar terjadi dalam bekerja, namun jika dibiarkan begitu saja dalam waktu lama, bisa berdampak buruk terhadap produktivitas hingga kesehatan mental kamu. Oleh karena itu, perlu untuk mengenali kondisi saat kamu merasa jenuh dalam bekerja dan mencari tahu apa penyebabnya. Bisa saja kamu merasa bosan, namun ternyata hal yang kamu rasakan disebabkan oleh hal lain, seperti kurang tidur atau mungkin hal lainnya.

Setiap orang bisa saja memiliki preferensi yang berbeda, termasuk cara untuk mengatasi rasa bosan dalam bekerja. Selain cara-cara di atas, mungkin saja ada cara lain yang lebih kamu sukai. Oleh karena itu, kamu bisa mengatur strategi apa yang kira-kira paling sesuai untuk kamu dan menerapkannya sebagai solusi terbaik untuk mengatasi kejenuhan yang terjadi. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.