Blog post

Tips Berpakaian agar Membangun Performa Kerja

18/09/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Pernah mendengar kalimat “what you wear says about you” ? Apa yang kamu pakai, dapat menggambarkan tentang diri kamu. Kalimat tersebut memiliki makna penting jika dikaitkan dengan dunia kerja. Bekerja juga berarti banyak bertemu, berelasi, dan menjalin kerja sama dengan orang baru, sehingga dengan berpakaian yang menarik – orang lain akan memberikan first impression yang baik tentang diri kamu!

Pakaian yang kamu pakai, gak hanya berdampak bagi orang lain, tetapi juga bisa meningkatkan performa kerja kamu loh. Dengan menentukan outfit yang akan kamu pakai sehari-hari, hal tersebut bisa membantu kamu lebih percaya diri dalam bekerja. 

Berikut terdapat beberapa inspirasi outfit untuk dress-up ke kantor beserta manfaatnya!

Professional Dress-Up

Set pakaian ini cenderung konservatif dan tradisional. Biasanya, jenis pakaian ini dapat digunakan untuk acara penting, meeting, bertemu dengan klien besar, atau pakaian sehari-hari di kantor. Beberapa pekerjaan yang biasanya menggunakan tipe set pakaian ini adalah orang-orang di pemerintahan, banking, dan hukum. 

Tapi tenang aja, walaupun lagi gak ada acara penting, kalian tetap bisa menggunakan set pakaian ini. Berpenampilan secara profesional, dapat membantu menciptakan kesan pertama yang baik dan meningkatkan aura yang positif. Kamu dianggap menghargai pekerjaan dengan sungguh-sungguh, menjadi representasi yang baik bagi perusahaan kamu, dan meningkatkan kredibilitas diri kamu. 

Contoh pakaian yang bisa kamu pakai agar terlihat profesional adalah: kemeja dengan dasi, pantsuit, high heels atau flat shoes, dan blazer. 

Formal Dress-Up

Versi lain untuk berpenampilan profesional adalah dengan cara formal dress up! 

Jika kamu tidak ingin terlihat terlalu kaku dan terlalu konservatif, kamu bisa mencoba tipe ini ya, Klobbers. Dengan berpenampilan menggunakan jeans dengan blazer, setelan yang bernuansa gelap atau berwarna, dress-shirt, ikat pinggang dan ditambah sedikit perhiasan – kamu bisa memberikan kesan yang baik terhadap klien kamu. Alternatif lain, kamu bisa menggunakan rompi dan kemeja dan celana bahan.

Pakaian dengan setelan formal dapat digunakan pada saat bekerja di perusahaan, start-up, dan di suatu agensi – yang biasanya mengharuskan bertemu dengan banyak orang di setiap kesempatan. 

Bisnis Kasual Dress-Up

Alternatif lain jika kamu bekerja disuatu agensi atau start-up, adalah dengan berpenampilan bisnis kasual. Tidak melulu memakai blazer, kamu dapat memakai kaos berkerah, dengan perpaduan celana bahan, sehingga kamu terlihat lebih santai namun tetap profesional. Selain memakai pakaian berkerah, kamu juga bisa memakai sweater dengan chinos atau celana pensil. 

Berpenampilan secara bisnis kasual, dapat membantu kamu ketika bingung terhadap gaya lingkungan kerja kamu. Sehingga, untuk berjaga-jaga, kamu dapat berdandan dengan tipe ini! Tipe kasual bisnis juga dapat kamu gunakan setelah jam pulang kantor, dan tidak terlihat terlalu serius ketika ingin refreshing atau berjalan-jalan di mall – namun tetap terkesan rapih.

Ketiga gaya tersebut tentunya dapat membangun kepercayaan diri dan performa kerja kamu. Dengan berpenampilan rapi, kamu juga akan merasa lebih positif dan fresh dalam menjalani keseharian kamu. Ketika kamu percaya diri dengan apa yang sedang kamu kerjakan, maka rekan kerja dan juga klien kamu akan puas dengan hasil kerja kerasmu. Good Luck untuk mencobanya!

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.