Blog post

Bermain Game Wordle Seru dan Bermanfaat

18/09/2022Sandy Patricia

Bermain game seringkali dilihat menjadi salah satu kegiatan yang negatif. Bukan hanya untuk bersenang-senang saja, ternyata bermain game memiliki manfaat yang baik bagi kita. Secara umum, kegiatan tersebut dapat membantu kita menambah relasi, meningkatkan fokus, memperbaiki kinerja otak, dan juga dapat menghasilkan sejumlah uang. 

Image Source : Tech Radar

Salah satu game yang yang dapat meningkatkan kinerja otak kita adalah Wordle. Apa sih Wordle itu? Wordle adalah salah satu game online yang membuat pemainnya menebak huruf di dalam kotak sebanyak 6 kali, hingga menjadi suatu kata. Setiap menebak kata dalam satu kesempatan, pemain mendapatkan huruf yang berwarna hijau, kuning, atau abu-abu. Hijau berarti huruf yang ditebak benar dan penempatannya pun benar, kuning berarti huruf yang ditebak benar, namun penempatannya salah, dan abu-abu berarti huruf yang ditebak tidak benar. 

Permainan kata sederhana ini juga sempat menarik perhatian para pengguna media sosial. Jika Klobbers senang bermain Twitter, Wordle sempat menjadi trending topics dan banyak dimainkan oleh pengguna Twitter. Kok bisa ya? Coba yuk kita lihat jawaban dari Josh Wardle – sebagai “the creator” dari game Wardle. 

Mengapa Sangat Popular? 

Wordle memiliki tampilan dan permainan yang sederhana, namun tergolong challenging. Menurut wawancara yang dilakukan oleh New York Times, Josh wardle mengatakan permainan tersebut merupakan permainan yang dapat mendorong kita untuk menghabiskan waktu sekitar 3 menit setiap harinya, namun tidak mengganggu aktivitas lainnya. Game Wordle membuat kita menyisihkan 3 menit untuk melatih otak kita agar lebih baik, namun tidak membuat kita kecanduan dan melupakan kegiatan yang lain. 

Wordle diciptakan tanpa iklan, tanpa aplikasi, dan berada pada situs web. Wordle juga membatasi kita untuk dapat menebak satu kata per hari saja. Permainan tersebut membuat kita semakin penasaran, dan kita jadi menunggu-nunggu untuk dapat bermain di keesokan harinya. 

Keuntungan Bermain Wordle

Menurut Dr. Jessica Caldwell dalam clickondetroit.com, bermain Wordle bukan hanya menunggu permainannya bergerak sendiri. Sebagai pemain, kita harus memikirkan jawabannya secara manual, dan hal ini bermanfaat dalam hal mendukung kesehatan otak kita. 

Wordle juga dapat membantu mengasah problem-solving kita. Sama halnya dengan puzzle, permainan yang mengharuskan kita berpikir, dapat merangsang bagian otak penting kita, seperti: penalaran, bahasa, logika, persepsi visual, dan pemecahan masalah.

Keuntungan Bermain Wordle dengan Isu Kognitif

Tidak hanya untuk membantu mengasah otak secara umum, namun game Wordle juga dapat membantu memberikan manfaat bagi orang yang memiliki isu kognitif. Isu kognitif yang dimaksud seperti pada mereka yang mengalami trauma kepala, stroke, sleep apnea, dan attention deficit

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan otak kita, beberapa orang memilih bermain game sebagai alternatif untuk menghilangkan stres. Kalau kamu menyukai word games kayak Wordle, kamu bisa loh boost keuntungan yang diberikan oleh game tersebut. Ketika kamu gak tahu arti kata dari challenge yang diberikan oleh Wordle, kamu bisa menambahkan kata tersebut menjadi kosakata baru dan menggunakan kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga bisa loh mempelajari kata tersebut dengan bahasa lain.

Dengan begitu, kamu menciptakan jalur saraf baru di otak, dan dapat mengkoneksikan dengan apa yang telah kamu pelajari sebelumnya. 

Good Luck, Klobbers! 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.