Blog post

Memahami Pentingnya Apresiasi di Tempat Kerja

17/09/2022Dwi

Hi Klobbers!

Mengucapkan “terima kasih” setelah ada orang lain yang melakukan sesuatu untuk membantu kita merupakan hal mendasar yang dilakukan oleh individu sebagai bagian dari tata krama. Meskipun terdengar sederhana, namun ucapan ini menjadi salah satu cara bagi kita untuk menunjukkan penghargaan atau apresiasi terhadap orang lain. Bukan hanya penting diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, namun hal ini juga menjadi penting diterapkan dalam dunia kerja.

Apa itu Apresiasi?

Menurut KBBI, apresiasi diartikan sebagai penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu. Menurut Corporate Communication Experts, secara umum, apresiasi diartikan sebagai pengakuan kualitas baik seseorang atau sesuatu. Dalam dunia kerja, salah satu contoh sederhana dari apresiasi ialah  mengucapkan “terima kasih”, “good job”, “excellent”, dan lain sebagainya setelah seseorang berhasil menyelesaikan suatu tugas atau project dengan baik atau memberikan ide berharga yang bisa digunakan sebagai inovasi untuk meningkatkan produktivitas dalam  bekerja.

Mengapa Penting Menunjukkan Apresiasi di Tempat Kerja?

Meningkatkan Motivasi dan Engagement

Dari sebuah survei yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA) terhadap 1.714 orang dewasa pada tahun 2012, didapatkan hasil bahwa 93% pegawai yang merasa dihargai merasa termotivasi untuk memberikan performa terbaik di tempat kerjanya. Kemudian, 88% melaporkan bahwa mereka merasa lebih engage dengan tempat kerjanya. Diantara para responden yang melaporkan bahwa mereka merasa dihargai, hanya sekitar 21% yang memiliki rencana untuk mencari pekerjaan baru di tahun depannya.

Dari hasil survei tersebut, dapat dilihat bahwa menunjukkan apresiasi terhadap para pegawai berperan penting untuk mempertahankan atau meningkatkan engagement mereka dengan tempat kerja atau organisasi. Memberikan apresiasi ketika seorang karyawan berhasil melaksanakan tanggung jawabnya dalam organisasi, menjadi penegasan dari pemberi kerja bahwa pegawai tersebut telah bekerja dengan baik untuk mendukung kesuksesan organisasi. Hal ini akan membuat pegawai merasa bangga dan memotivasi mereka untuk lebih berkontribusi terhadap organisasi. Saat pegawai merasa termotivasi untuk memberikan kontribusi atau performa terbaik di tempat kerja, maka akan mendorong peningkatan produktivitas.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan saat ada pelepasan pegawai dan turnover cukup besar. Oleh karena itu, dengan mempertahankan engagement para pegawai terhadap organisasi, bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat cost yang perlu dikeluarkan.

Dengan demikian, jika suatu organisasi dapat menunjukkan penghargaan dengan menyampaikan rasa terima kasih yang tulus terhadap kontribusi yang diberikan oleh pegawai mereka, maka hal ini bisa menjadi salah satu cara yang paling sederhana dan berdampak untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas, serta mempertahankan keberadaan pegawai.

Meningkatkan Moral di Tempat Kerja

Salah satu bentuk apresiasi yang paling sederhana ialah dengan mengucapkan kata-kata seperti “terima kasih”, “good job”, dan lain-lain yang membutuhkan sedikit sekali waktu dan juga usaha. Seorang pemimpin atau leader dapat menciptakan lingkungan kerja dimana pemberian apresiasi menjadi salah satu budaya kerja. Dimulai dari dirinya sendiri, para leader dapat menjadi contoh bahwa memberikan apresiasi dengan tulus terhadap semua pencapaian (baik pencapaian besar atau kecil) anggota timnya merupakan hal yang penting. Seorang pegawai yang merasa bahwa dirinya dihargai, kemungkinan besar juga akan menunjukkan penghargaan kepada sesama rekan kerja maupun anggota tim lainnya. Dengan demikian, hal ini akan meningkatkan moral di tempat kerja serta mendorong terciptanya suasana kerja yang lebih nyaman bagi para pegawai.

Meningkatkan Kebahagiaan

Pada dasarnya, setiap orang memerlukan koneksi interpersonal dan validasi yang bermakna. Nah, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut ialah dengan menerapkan budaya syukur (gratitude) dan apresiasi. Oleh karena itu, ketika seorang individu yang cenderung menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja, memberikan dan menerima apresiasi di tempat kerja menjadi hal yang penting. Menerapkan hal tersebut di tempat kerja juga mendorong peningkatan kebahagiaan, tingkat kepuasan yang lebih baik dalam hidup, dan tingkat resiliensi stres yang lebih baik.

Nah Klobbers, itulah beberapa alasan mengapa apresiasi menjadi hal yang penting untuk diterapkan di tempat kerja. Selain mengucapkan terima kasih, bentuk apresiasi lainnya yang bisa digunakan antara lain dengan memilih pegawai terbaik setiap bulannya, memberikan hadiah yang dipilih secara personal (misal: hadiah yang sesuai dengan minat dari pegawai), mengadakan acara makan bersama untuk tim atau departemen yang berprestasi, dan lain sebagainya. Selain memberikan apresiasi, hal penting yang harus diingat dalam proses pelaksanaannya ialah bahwa apresiasi yang diberikan kepada pegawai harus diberikan secara tulus dan setiap pegawai perlu diberikan apresiasi secara merata atas setiap pencapaiannya.

Referensi:

Sumber

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.