Blog post

Yuk! Kenali Area Karier Jurnalistik dan Penyiaran

14/09/2022Nadine K

Jurnalistik dan Penyiaran

Jurnalistik dan PenyiaranJurnalistik dan Penyiaran

Hi Klobbers!

Apakah kamu sangat berbakat dalam komunikasi? Ingin cerita, pandang sudut, dan opinimu didengar oleh banyak orang? Sangat gemar menulis atau public speaking? Jika kamu menjawab ya untuk salah satu pertanyaan sebelumnya, mungkin kamu bisa pertimbangkan berkarier di media jurnalistik atau penyiaran.

Area karier ini berkaitan dengan jurnalistik dan penyiaran yang membutuhkan orang dengan pemikiran kritis, aktif dalam pembelajaran, memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan pemantauan monitoring, serta dapat melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Orang yang sesuai dengan area karier ini adalah orang yang memiliki minat pada pekerjaan kreatif, kompetitif, dan bersifat praktis.

Keterampilan yang Diperlukan

Bekerja di area karier ini memerlukan kemampuan teknis, analitis, dan juga kreatif. Keterampilan yang perlu kamu miliki, diantaranya:

  • Kemampuan Bahasa
  • Menulis
  • Berpikir Kritis
  • Komunikasi Lisan dan Tulisan
  • Komputer dan Elektronik
  • Pelayanan Pelanggan
  • Manajemen Waktu
  • Aktif Belajar (Continuous Learning)
  • Dan banyak lainnya.

Contoh Pekerjaan/Profesi

Mungkin yang dibayangkan oleh orang-orang pada umum saat memikirkan area karier ini adalah bekerja di sebuah stasiun TV atau di berita. Namun, sebenarnya ada banyak sekali pekerjaan dan profesi yang bisa kamu terjuni di media selain menjadi pembawa berita. Berikut adalah beragam profesi yang termasuk dalam area karier jurnalistik dan penyiaran:

Teknisi Perlengkapan Audio dan Video, Analis Penyiaran Berita, Teknisi Penyiaran, Operator Kamera, Televisi, Video, dan Gambar, Penulis Teks (Copywriter), Editor, Editor Film dan Video, Fotografer, Penulis Puisi, Bait, dan Karya Sastra Lainnya, Penyiar Radio dan Televisi, Operator Radio, Reporter/Koresponden/Jurnalis, Teknisi Suara (Sound Engineer), Penulis Teknis, Pencipta Konten (Content Creator)

Jika kamu tertarik bekerja di bidang kerja jurnalistik dan penyiaran, pastikan kamu sudah memperkuat keterampilanmu dan melengkapi semua kualifikasi. Penting juga, bagi para kalian yang tertarik menjadi penulis atau editor, untuk menyiapkan sebuah portfolio yang berisi semua contoh karyamu. Peluang untuk kerjaan impianmu pasti akan datang selama kamu berusaha untuk menyiapkan diri dan mencarinya. Good luck, Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.